Cara Sehat Menjaga Tubuh dari Penyakit Gagal Ginjal Kronis

Posted on

Penyakit gagal ginjal kronis atau biasa disebut dengan chronic kidney disease/CKD merupakan keadaan ginjal yang mengalami penurunan fungsi secara bertahap. Kondisi ginjal yang menurun seperti ini akan bersifat secara permanen. Ginjal disebut gagal ginjal pada saat ginjal tidak lagi berfungsi dengan baik hingga stadiup akhir atau tahap akhir. Kondisi seperti ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia.

Penyakit gagal ginjal secara umum dapat dideteksi dengan cara melakukan tes urin dan darah. Orang yang mengidap penyakit gagal ginjal seringkali tidak sadar bahwa ia sedang sakit ginjal. Pasalnya semua gejala yang dialami memang terlihat sangat umum terjadi sehingga penyakit ginjal ini baru nantinya akan disadari ketika sudah memasuki stadium lanjut.

Secara umum gejala yang dirasakan oleh orang yang mengidap penyakit gagal ginjal adalah mual, cepat lelah, sesak nafas, kaki dan tangan bengkak, dan juga mengalami keluarnya darah melalui urin. Apabila anda merasakan gejala tersebut maka sebaiknya segera berkomunikasi dengan dokter terdekat agar stadium tidak meningkat.

Agar anda terhindar penyakit gagal ginjal maka ada baiknya apabila anda memeriksakan diri secara rutin urin serta darah anda. Paling tidak setiap tahun sekali anda harus mengetahui kondisi tubuh anda saat itu. Pada umumnya, penyakit gagal ginjal ini menyerang orang yang memiliki riwayat diabetes, memiliki penyakit tekanan darah tinggi serta berasal dari keluarga pengidap penyakit ginjal kronis juga.

Akan tetapi anda tidak perlu hawatir apabila anda tetap menjaga pola hidup sehat dan rutin melakukan hal-hal yang dapat menyehatkan tubuh seperti berikut ini:

  • Berolahraga secara teratur

Olahraga merupakan kebutuhan tubuh yang mendasar. Sebab dengan berolahraga maka tubuh anda akan mampu mengeluarkan racun yang mengendap dalam tubuh. Selain itu olahraga juga bermanfaat untuk membersihkan paru-paru dari udara kotor. Terlebih apabila tempat olahraga pun mendukung dan banyak udara bersihnya.

  • Mengurangi berat badan

Obesitas merupakan awal dari segala penyakit kronis. Badan yang kegemukan akan sulit menjaga kebersihan darah karena kalah dengan lemak yang mengendap dalam tubuh. Untuk itu sebaiknya anda menjaga tubuh yang ideal agar risiko gagal ginjal semakin menjauh.

  • Berhentilah merokok dan minuman keras

Merokok adalah menghisap racun yang dapat membahayakan organ tubuh. Racun yang terkandung dalam rokok seperti nikotin dapat mengganggu kerja jantung dan ginjal. Akibatnya risiko gagal ginjal pun akan semakin besar. Rokok juga dapat meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung. Selain rokok, minuman keras juga dapat memperbesar kemungkinan penyakit gagal ginjal. Minuman keras juga mampu meningkatkan tekanan darah dalam tubuh anda.

  • Biasakan pola makan yang sehat

Kolesterol adalah sumber penyakit yang menghambar lancarnya peredaran dalam darah. Tubuh manusia membutuhkan tekanan darah yang normal. Sehingga ketika dalam tubuh banyak kolesterol maka yang dihasilkan penyumbatan darah. Untuk itu kontrol selalu kadar kolesterol anda. Jaga pola makan yang sehat seperti memperbanyak sayuran dan buah-buahan yang bagus. Hindari juga makanan seperti biskuit, kue, keju, santan, mentega, dan juga goreng-gorengan. Sebab makanan tersebut banyak mengandung lemak jenuh penyebab tertumpuknya kolesterol.

  • Gunakan obat secara bijak

Apabila anda sudah terlanjur mengalami risiko gagal ginjal dan anda sedang mengonsumsi obat-obatan maka sebaiknya gunakanlah obat-obatan secara bijak. Minumlah obat-obatan yang anti inflamasi non steroid. Misalnya ibuprofen dan aspirin. Namun jangan meminumnya secara berlebihan karena akan fatal akibatnya bagi ginjal. Dan jangan lupa selalu baca petunjuk penggunaan obat sebelum mengonsumsinya.

Gravatar Image

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.