Cara Setting Email di Smartphone Anda - Articles.id - Direktori Artikel Indonesia
Thursday , July 20 2017
Home / Teknologi / Cara Setting Email di Smartphone Anda

Cara Setting Email di Smartphone Anda

Email merupakan alat komunikasi yang dapat mempermudah penggunanya dalam mengirim dan menerima pesan. Fungsi tersebut ternyata telah disikapi oleh pencipta smartphone. Untuk memiliki akun dalam suatu aplikasi di smartphone anda pun diwajibkan untuk memiliki email. Sebab, dengan email inilah anda akan menerika segala notifikasi atau pemberitahuan seputar aplikasi yang ada di smartphone. Jadi, email sudah merupakan kebutuhan primer bagi pengguna smartphone.

Untuk mempermudah komunikasi menggunakan smartphone tersebut maka pencipta smartphone bekerjasama dengan pencipta layanan email untuk membuat suatu aplikasi email. Aplikasi email yang terdapat dalam smartphone dapat membantu anda dalam mengetahui informasi terbaru dari jejaring sosial ataupun berita yang anda inginkan. Dengan adanya email dalam smartphone ini tentu anda sangat memudahkan anda dalam bekejra.

Salah satu keuntungan lainnya memiliki email pada smartphone ialah anda tidak perlu lagi log in menggunakan browser internet. Cukup dengan menginstall aplikasi email (baik dari Gmail atau Ymail) maka anda pun sudah terhubung dengan otomatis. Uniknya lagi, anda tidak perlu log out (keluar) ketika selesai menggunakan email. Sebab, aplikasi di smartphone memerlukan koneksi tersebut online terus menerus. Hal ini tentu mampu menghemat waktu dan paket internet anda.

Pada beberapa smartphone, bahkan hampir pada semua smartphone, aplikasi email ini tidak perlu diinstal lagi. Sebab provider email sudah bekerjasama sehingga aplikasi tersebut sudah built in dalam sistem operasi android apapun.

Untuk melakukan log in ke akun email anda diwajibkan membuat akun emailnya terlebih dahulu. Jika anda belum memiliki akun maka anda bisa membuatnya terlebih dahulu. Silahkan lihat artikel sebelumnya tentang cara membuat akun email.

Dan jika anda sudah memiliki akun email maka langkah selanjutnya ialah melakukan setting email dengan menggunakan alamat email yang telah anda buat sebelumnya. Dan berikut ini adalah langkah demi langkah cara setting email di smartphone.

  • Klik Aplikasi (Apps)

Pada menu utama di homescreen pada semua smartphone terdapat berbagai pilihan aplikasi. Silahkan cari aplikasi yang bernama (Apps) –jika menggunakan bahasa Inggris – atau (Aplikasi) – jika menggunakan bahasa Indonesia.

  • Cari Icon yang bernama (Email)

Langkah selanjutnya ialah mencari ikon email. Jika anda belum mendapatinya pada menu aplikasi maka anda bisa mencarinya dengan cara mengetikkan kata “email” pada kolom “search/pencarian”. Kemudian klik “Install”.

  • Buka aplikasi email tersebut

Setelah ikon email terinstal dengan baik, selanjutnya adalah membuka email tersebut dengan cara mengklik pada aplikasi tersebut. Jika sudah terbuka  maka selanjutnya ialah mensetting alamat email.

  • Masukkan alamat email

Untuk melakukan setting anda diwajibkan mengisi kolom email dengan menggunakan alamat email anda. Contohnya : emailsaya@gmail.com. Dan juga password yang telah anda buat pada email sebelumnya.

  • Klik menu (Next)

Klik menu “next” untuk masuk ke tahap selanjutnya.

  • Melakukan sinkronisasi

Setelah melakukan klik pada menu “next”, langkah selanjutnya ialah sinkronisasi akun email dengan smartphone yang anda miliki. Caranya silahkan klik menu “account options”. Di menu ini anda dapat menentukan jangka waktu sinkronisasi email pada smartphone anda.

  • Pastikan akun sudah benar

Jika sudah sampai pada langkah ini maka anda harus memastikan bahwa akun anda tersebut sudah benar. Mulai dari nama, alamat email, dan lain sebagainya. dan jika sudah benar maka selanjutnya adalah melakukan klik pada menu “Done” sebagai tanda bahwa anda telah selesai melakukan setting email.

Jika email anda sudah terhubung dengan email yang sebenarnya maka anda akan mendapati tampilan halaman utama sebagaimana yang anda bisa lihat pada tampilan email via browser di internet. Di sini anda bisa melihat semua menu email. Mulai dari inbox, sent, draft, spam, dan lain sebagainya.

Untuk mengetahui bahwa ada email yang baru masuk pun cukup sederhana. Anda akan mendapatkan notifikasi dengan bunyi tertentu sebagai tanda bahwa ada email masuk. Anda pun bisa langsung membuka dan membalasnya. Cukup sederhana bukan.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

Beginilah Keunggulan MIUI (Home Interface Android Sensasi IOS)

Jagat teknologi kini tengah heboh dengan kehadiran MIUI yang digadang-gadang akan menjadi pesaing berat Apple …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *