Cara Tepat Mengatur Strategi Investasi Properti

0
42

Dalam bisnis properti, anda bisa menjalankannya mulai dari bentuk yang paling sederhana, yakni dengan berinvestasi pada bisnis properti. Investasi adalah salah satu alternatif untuk mengamankan nilai uang kita dari laju inflasi. Bahkan banyak orang yang mendapatkan keuntungan lebih setelah berinvestasi terutama pada produk bisnis properti. Sebab mereka tak hanya mendapatkan imbal hasil guna mengimbangi laju inflasi, namun juga keuntungan lebih yang nilainya cukup fantastis. Dalam kurun waktu belasan tahun saja, nilai properti bisa tumbuh hingga berkali – kali lipat. Nilai yang cukup menggiurkan bukan?

Namun memang tak semua aset properti memiliki tingkat pertumbuhan nilai yang berbeda – beda. Nah, bagi anda yang mampu memprediksikan pertumbuhan nilai properti yang memberikan imbal hasil tinggi, maka anda pun akan lebih mudah untuk menentukan harus berinvestasi pada properti jenis apa dan dimana.

Untuk mempu memprediksi apakah pilihan investasi pada bisnis properti yang tepat, maka beberapa tips berupa pertanyaan yang harus anda jawab berikut ini dapat anda terapkan :

  1. Apakah lokasi properti tersebut dekat dengan pusat keramaian?

Properti yang dekat dengan pusat keramaian cenderung lebih cepat mengalami kenaikan harga dibandingkan yang berlokasi di wilayah pinggiran kota. Sebab pusat keramaian akan menjadi magnet bagi banyak orang, yang tentunya membuat properti anda banyak diminati. Semakin banyak peminat dan permintaan akan properti, maka akan semakin tinggi pula peluang kenaikan harganya.

BACA JUGA: Tips Agar Bisnis Properti Selalu Memberi Penghasilan Tetap

Seperti halnya rumus dalam ekonomi, semakin tinggi permintaan, semakin tinggi pula harganya. Nah, anda perlu mencari tahu, apakah properti yang anda inginkan berada di lokasi yang dekat dengan pusat keramaian seperti pasar, pusat perkantoran, pabrik, sekolah kampus, dan lain sebagainya. Jika jawabannya ya, maka besar kemungkinan pilihan strategi investasi bisnis properti anda sangat tepat!

  1. Apakah properti dalam kondisi baik?

Properti yang saat ini berkondisi baik dan terus dirawat dengan baik pula, maka akan memberikan peluang kenaikan harga ketika anda menggunakannya sebagai aset investasi jangka panjang. Pertanyaan ini terutama penting bagi anda yang ingin berinvestasi pada bisnis properti dalam bentuk bangunan seperti rumah, ruko, ruka, condotel, ataupun apartment.

  1. Seberapa padat kondisi lingkunga tempat properti itu berada?

Kepadatan jumlah penduduk di suatu wilayah menandakan bahwa wilayah tersebut banyak “disukai” oleh masyarakatnya untuk tinggal. Biasanya di kota – kota besar seperti jakarta, surabaya, dan lain sebagainya merupakan wilayah dengan tingkat kepadatan masyarakat yang tinggi. Jika properti yang anda inginkan untuk berinvestasu adalah lokasi seperti di atas, maka pertumbuhan nilai investasi anda dapat dipastikan akan meningkat pesat. Karena di tempat dengan kepadatan penduduk tinggi sebanding pula dengan tingginya kebutuhan akan properti terutama rumah. Anda pun akan sangat tepat jika berinvestasi dengan membeli properti di sana.

  1. Apakah properti dilengkapi dengan fasilitas – fasilitas umum yang memadai?

Membeli rumah tak hanya membeli bangunannya, oleh karena itu, semakin lengkap fasilitas umum yang dimiliki dan ada di sekitar suatu properti, maka akan semakin tinggi pula pertumbuhannya. Untuk itu, akan sangat tepat jika anda menentukan strategi investasi dengan membeli properti di wilayah dengan fasilitas yang memadai seperti pusat perbelanjaan, rumah sakit, sekolah, dan lain sebagainya.

  1. Apakah properti tersebut mudah diakses?

Kemudahan akses adalah salah satu yang membuat properti banyak diburu. Yang artinya, properti dengan akses yang mudah akan lebih cepat pertumbuhan nilainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here