Thursday , June 22 2017
Home / Gaya Hidup / Cara Unik Menata Halaman Rumah Yang Sempit

Cara Unik Menata Halaman Rumah Yang Sempit

Rumah yang indah adalah rumah yang dilengkapi dengan taman. Itulah gambaran rumah yang ideal bagi mayoritas masyarakat. Untuk memiliki taman tentunya rumah anda harus memiliki lahan yang cukup luas. Akan tetapi banyak yang sekali masyarakat yang mengidam-idamkan memiliki taman di halaman rumahnya akan tetapi area halaman tidak cukup luas untuk dibuat taman.

Bagi anda yang memiliki rumah dengan halaman sempit sebenarnya tidak perlu hawatir. Sebab dengan halaman yang sempit tersebut anda masih bisa berekspresi dengan leluasa. Bahkan jika anda memiliki kreatifitas sedikit saja anda akan bisa menyulap halaman yang sempit tersebut menjadi hal yang fantastis.

Untuk merubah halaman rumah yang sempit sebenarnya anda hanya perlu membubuhkan sedikit sentuhan. Dan berikut ini adalah beberapa cara yang unik untuk merias halaman rumah anda yang sempit.

  • Ratakan Halaman Rumah

Halaman yang enak dan nyaman dipandang ialah halaman yang penuh dengan rumput dan tumbuhan. Dan untuk menanam rumput atau tumbuhan anda membutuhkan bidang tanah yang rata. Untuk itu langkah utama yang bisa anda lakukan untuk menghias halaman rumah adalah meratakan halaman rumah. Terlebih lagi jika anda ingin memiliki rumput yang memiliki bentuk-bentuk unik. Tentu hal itu membutuhkan area yang rata agar mudah dibentuk.

Setelah itu anda bisa menambahkan lapisan setapak dari bata atau sejenis batu loncatan agar taman tidak terlihat monoton dengan rumput. Karena halaman anda sempit maka usahakan ukuran batu loncatan tidak terlalu besar. Anda bisa membuatnya dari beton atau batu bata yang sudah anda poles agar warnanya sesuai dengan warna eksterior rumah.

  • Menambahkan Hiasan

Karena prinsipnya adalah halaman yang sempit maka anda bisa menambahkan dengan hiasan di sekeliling halaman. Anda bisa menambahkan furnitur yang minimalis tapi membawa kesan elegan. Tidak perlu mahal yang terpenting adalah enak dipandang dan tentunya bisa digunakan. Namun yang terpenting anda bisa menyesuaikan furnitur seperti kursi, dll dengan desain warna teras. Dan usahakan untuk tidak memasangnya secara permanen agar nanti bisa dipindah jika sewaktu-waktu anda sudah bosan dengan posisinya. Karena halaman yang sempit maka usahakan semua susunan hiasan tidak bersifat permanen agar anda tidak cepat bosan.

  • Tambahkan pencahayaan

Agar halaman rumah anda tampak indah dan enak dipandang saat malam hari sebaiknya anda menambahkan pencahayaan. Penambahan lampu pada halaman akan memberikan kesan yang sangat mewah dan memberikan nuansa teras rumah yang cantik meskipun kecil. Dengan menambahkan lampu maka anda bisa menikmati lingkungan rumah di malam hari.

Namun, yang perlu diperhatikan juga adalah keselamatan dan lahan yang sempit. Untuk menyikapi hal itu sebaiknya anda mendesain pencahayaan dengan cara menggantung agar tidak terlalu memakan tempat. Atau anda juga bisa memasang lampu surya pada rumput-rumput yang ada di halaman. Agar tampak lebih cantik pilihlah lampu jenis CFL dan lampu LED. Kedua jenis lampu tersebut adalah lampu yang ramah lingkungan dan hemat listrik. Meskipun harganya relatif lebih mahal tapi lampu ini mengonsumsi daya lebih sedikit dibandingkan dengan lampu biasa.

  • Manfaatkan dinding rumah

Apabila anda sudah memanfaatkan halaman secara maksimal untuk meletakkan pot bunga akan lebih indah lagi. Terlebih lagi jika anda menambahkan pot bunga di dinding-dinding rumah. Misalnya, pot bunga yang berisi tanaman yang merambat dengan daun yang lebar. Prinsipnya adalah agar terlihat lebih hijau. Dan yang terpenting tidak mudah kotor agar tanamannya tidak merusak suasana rumah.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

Tips Sederhana Menjalani Cara Hidup Sehat

Gaya hidup sehat sebaiknya mulai dilaksanakan semanjak dini. Hal ini perlu karena terbukti banyak kalangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *