Cata Mengobati Sakit Tenggorokan dan Batuk Secara Alami
Wednesday , July 26 2017
Home / Kesehatan / Cata Mengobati Sakit Tenggorokan dan Batuk Secara Alami

Cata Mengobati Sakit Tenggorokan dan Batuk Secara Alami

Sakit tenggorokan seringkali dialami oleh mereka yang sedang mengalami panas dalam. Kondisi ini menunjukkan keadaan tubuh yang sedang tidak sehat. Sakit pada tenggorokan yang seringkali mengakibatkan batuk pada umumnya dikarenakan adanya bakteri yang terdapat pada makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Namun bakteri penyebab sakit tenggorokan juga bisa jadi tersebar melalui udara. Oleh sebab itu penyakit batuk seringkali menular dikarenakan virus tersebut tersebar melalui udara. Agar sakit tenggorokan atau batuk ini tidak menyebar dengan bebas maka biasanya dokter menganjurkan bagi yang batuk agar menggunakan masker agar tidak menular.

Dampak dari penyakit tenggorokan atau batuk ini memang tidak begitu berbahaya. Hanya saja ketika kita mengalami sakit tenggorokan maka kita akan sulit untuk makan, berbicara atau hanya sekedar mengeluarkan suara. Untuk itu, ketika sakit tenggorokan mulai menyerang maka sebaiknya anda segera mencari obatnya. Untuk mengobatinya pun bisa dilakukan dengan cara yang sangat sederhana. Misalnya, menggunakan garam, jahe, sari lemon, dan lain-lain sebagai minuman rutin di saat sakit tenggorokan. Dan berikut ini adalah beberapa obat sakit tenggorokan atau batuk dengan menggunakan bahan herbal yang bisa dilakukan dengan mudah.

  • Menggunakan air garam untuk berkumur

Air garam terbukti sangat efektif untuk membunuh bakteri yang mengakibatkan sakit tenggorokan. Di samping itu minuman garam juga mampu melegakan sakit batuk dengan sangat cepat. Dengan meminum air garam maka bukan hanya tenggorokan yang akan terobati. Sakit panas dalam yang menjadi penyebab terjadinya sakit tenggorokan pun dapat disembuhkan dengan meminum air garam tersebut.

Air garam mengandung zat antiseptik yang mampu membersihkan lendir pada tenggorokan serta dapat meredakan rasa sakit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya anda merebus air yang dicampur dengan garam. Anda bisa langsung meminum ramuan tersebut ketika sudah mulai hangat. Sebaiknya anda mengonsumsi larutan garam tersebut kurang lebih 3 kali dalam sehari. Anda bisa meminum air garam tersebut atau hanya membuatnya untuk berkumur saja.

  • Konsumsi lemon dan madu

Lemon dan madu merupakan ramuan yang sangat terbukti manjur dapat menghilangkan bakteri penyebab sakit tenggorokan. Madu merupakan bahan alami yang terbukti mengandung berbagai khasiat penting  bagi kesehatan tubuh. Selain itu madu juga dapat diperoleh dengan sangat mudah sehingga hal ini memudahkan anda mengonsumsinya setiap hari. Madu memiliki kandungan anti bakteri yang dapat menyembuhkan segala penyakit sedangkan perasan air jeruk lemon mampu menjadi obat ketika sakit tenggorokan. Nah, kombinasi antara keduanya akan dapat mengobati sakit tenggorokan dengan sangat cepat. Untuk itu sebaiknya anda mengonsumsinya secara rutin.

  • Meminum the dicampur jahe

Minuman lainnya yang dapat menjadi obat sakit tenggorokan ialah the yang dicampur dengan jahe. Jahe sudah dikenal sejak zaman dahulu sangat ampuh dalam mengobati sakit tenggorokan. Sebab pada jahe terkandung zat zingiberin yang dapat menghilangkan racun pada tubuh. Di samping itu jahe juga mampu meningkatkan peredaran darah dalam tubuh. Selain itu jahe juga mampu membunuh bakteri jahat sehingga segala penyakit dapat diobati dengan sangat cepat.

  • Bawang putih

Bahan dapur yang satu ini juga dapat dikonsumsi untuk menyembuhkan sakit tenggorokan. Sebab bawang putih juga mengandung zat yang disebut allicin. Zat ini mampu membunuh bakteri yang ada di dalam tubuh. Anda bisa mengunyahnya secara langsung dan membiarkannya di dalam mulut untuk beberapa waktu agar zatnya bereaksi secara maksimal.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *