Dampak Negatif Merokok Bagi Kesehatan Tubuh Yang Ditimbulkan
Wednesday , July 26 2017
Home / Kesehatan / Dampak Negatif Merokok Bagi Kesehatan Tubuh Yang Ditimbulkan

Dampak Negatif Merokok Bagi Kesehatan Tubuh Yang Ditimbulkan

Seringkali kita menjumpai kalimat pusaka yaitu “Dilarang Merokok” di banyak tempat. Mulai dari di sarana transportasi hingga restoran-restoran ternama. Tulisan tersebut bersifat larangan yang artinya di tempat tersebut tidak diperbolehkan merokok.

Larangan merokok sebenarnya bukan hanya isapan jempol yang bisa dianggap remeh. Sebab pada hakekatnya produsen rokok pun telah melarangnya sendiri dengan cara menyebutkan akibat merokok pada bungkus-bungkus rokok. Misalnya, “Merokok Membunuhmu” atau “Merokok dapat mengakibatkan impotensi”, dan berbagai jenis peringatan lainnya. Ini artinya ada sesuatu yang membahayakan di dalam rokok.

Secara garis besar konsekuensi yang akan didapatkan oleh para perokok aktif adalah dapat mengakibatkan datangnya penyakit jantung. Menurut data kesehatan selama ini kurang lebih 20% kematian terjadi diakibatkan oleh penyakit jantung. Dan penyakit jantung tersebut lebih sering ditimbulkan oleh kebiasaan merokok. Pertanyaannya, kenapa rokok menjadi begitu berbahaya bagi kesehatan tubuh?

Paling tidak ada kurang lebih 4000 bahan kimia yang terdapat di dalam rokok. Ada ratusan bahkan lebih di antaranya terbuat dari zat beracun serta kurang lebih 70 zat yang ada di dalamnya adalah zat kanker. Dan berikut ini adalah beberapa zat yang berbahaya bagi kesehatan tubuh yang terdapat di dalam sebatang rokok:

  • Zat karbon monoksida

Bahan karbon monoksida ini merupakan zat yang seringkali didapatkan pada asap knalpot mobil. Tubuh yang menghisap banyak zat karbon monoksida akan berakibat pada kesehatan tubuh. Sebab karbon monoksida dapat mengikat diri pada darah (hemoglobin) secara permanen. Sehingga pada akhirnya akan menghalangi kesediaan oksigen ke dalam tubuh. Maka sangat wajar apabila perokok seringkali merasa cepat lelah karena kekurangan oksigen dalam darah.

  • Zat Tar

Di dalam rokok juga terdapat zat yang disebut dengan Tar. Ketika seseorang menghisap rokok maka zat ini pun akan ikut terhisap ke dalam tubuh. Tar yang masuk ke dalam tubuh akan mengendap di dalam paru-paru dan dapat berakibat negatif pada lapisan paru-paru. Di dalam paru-paru terdapat rambut-rambut halus yang berfungsi untuk membersihkan kuman. Dan rambut ini tidak akan dapat bekerja maksimal apabila ada Tar yang masuk ke dalam paru-paru. Artinya paru-paru akan menjadi kotor.

merokok

  • Gas Oksidan

Gas oksidan dapat bereaksi dengan adanya oksigen. Dan apabila gas oksidan ini bercampur di dalam tubuh manusia maka akan dapat meningkatkan risiko stroke serta juga serangan jantung. Akibatnya akan terjadi penggumpalan darah yang dapat mengakibatkan kematian secara mendadak.

  • Benzene

Zat benzene merupakan zat yang biasanya ditambahkan untuk pelumas bahan bakar minyak. Dan apabila zat ini masuk ke dalam tubuh manusia maka akan dapat merusak sel genetik. Akibat yang ditimbulkan adalah dapat menghidupkan berbagai jenis kanker seperti kanker ginjal serta penyakit leukimia dan penyakit lainnya.

Semua bahan di atas adalah bagian kecil dari bahan berbahaya yang terkandung dalam sebatang rokok. Selain bahan di atas tentu masih banyak lagi bahan berbahaya yang tercampur di dalamnya. Di antara bahan berbahaya lainnya adalah:

  • Arsenic ; bahan ini banyak digunakan pada obat pestisida
  • Toluene ; bahan ini biasa digunakan sebagai pengencer cat
  • Formaldehyde ; bahan ini biasa digunakan sebagai pengawet mayat
  • Hydrogen cyanide ; bahan ini seringkali digunakan untuk membuat senjata kimia
  • Cadmium ; bahan ini seringkali digunakan untuk membuat baterai
  • Dsb

Semua bahan yang terkandung pada rokok tidak ada yang menyehatkan tubuh. Artinya, orang yang menghisap rokok sebenarnya ia telah merusak dirinya sendiri. Mungkin para perokok akan mengatakan bahwa dengan merokok mereka dapat merasakan ketenangan dan rileks. Namun sebenarnya ketenangan yang dirasakan itu bukanlah ketenangan yang baik. Singkat kata, rokok akan berdampak pada buruknya kesehatan tubuh seperti jantung, otak, paru-paru, lambung, tenggorokan, dan lain sebagainya.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *