Inilah Faktor-Faktor Penyebab Penyakit LIver Menyerang Tubuh Anda

Posted on

Penyakit liver adalah penyakit hati yang terjadi karena adanya perlemakan atau timbunan lemak pada hati, tumor kanker hati, hepatitis dan juga sironis. Liver atau biasa di sebut hati adalah bagian dari organ tubuh yang sangatlah penting bagi manusia, itu di karenakan hati bekerja untuk membantu organ tubuh lain dalam hal mencerna makanan serta hati juga menghasilkan enzim yang berasal dari pecahan uraian makanan yang di konsumsi manusia setiap hari.

Faktor – faktor yang menyebabkan penyakit  Liver

Penyakit hati atau penyakit liver dapat di akibatkan oleh berbagai faktor, salah satu nya adalah faktor keturunan serta ada juga factor laian antara lain virus yang masuk dan merusak hati, penggunaan alkohol berlebih, dan juga bisa dari obesitas. Ini adalah beberapa kategori yang bisa menyebabkan terserang   penyakit liver

Penyakit Liver Karena Virus

Virus merupakan mikroorganisme sangat kecil yang bisa menyerang dan menginfeksi hati,  Hal ini bisa mengakibatkan peradangan pada bagian hati yang mengakibatkan fungsi dari hati seperti membersihkan racun serta membantu dalam mengolah makanan tidak akan berfungsi secara maksimal. Virus pada hati bisa di kategorikan menjadi beberapa tipe, seperti hepatitis A, B serta C. penyakit hati ini di akibatkan karena adanya virus hepatitis A biasanya akan menimbulkan penyakit hepatitis akut, yang sukar dan  tidak mudah  di kenali hinggga 2-6 minggu, ini yang mengakibatkan virus hepatitis A lebih berbahaya di bandingkan dengan virus hepatitis B atau C yang biasanya terjadi pada pengidap hepatitis kronis. Virus hepatitis bisa menyebar melalui beberapa media seperti darah, kontaminasi makanan dan juga air mani. Selain  itu penularan virus juga bisa melalui kontak langsung dengan pengidap hepatitis.

Kelainan Sistem Kekebalan Tubuh

Selain dari virus penyakit liver bisa juga datang dari adanya kelainan di sistem kekebalan tubuh anda. Penyakit yang sudah menyerang sistem tubuh  di bagian tertentu atau autoimun bisa mengakibatkan terjadinya penyakit liver seperti :

  • Hepatitis autoimun.
  • Primary biliary cirrhosis.
  • Primary sclerosing cholangitis.

Faktor Keturunan

Diliahat dari sifat penyakit liver yang bisa menyebar dari peredaran darah, penyakit ini bisa terjadi akibat adanya orang tua yang sudah mengidap penyakit liver atau dengan kata lain faktor keturunan. Sel atau gen yang abnormal yang didapatkan dari orang tua yang memiliki garis keturunan pengidap penyakit liver akan memiliki resiko lebih tinggi untuk menularkannya dan bisa mengakibatkan rusak nya hati. Jenis jenis penyakit liver yang di akibatkan adanya faktor keturunan antaralain

  • Hemochromatosis.
  • Hyperoxaluria dan oxalosis.
  • Penyakit Wilson.

Penyakit Liver Akibat Kanker

Penyakit kanker juga bisa memicu kerusakan liver atau hati, Hal ini di akibatkan karena ganasnya penyakit kanker yang menyerang akan mengakibatkan fungsi dari hatipun akan berkurang dan hati tidak bisa melakukan tugas nya dengan baik. Ini adalah beberapa contoh penyakit liver yang di akibatkan karena penyakit kanker :

  • Kanker hati.
  • Kanker saluran empedu.
  • Hati adenoma.

Fakor lain ( pola hidup kurang baik )

Selain dari faktor – faktor di atas ada juga faktor lain yang bisa mengakibatkan terjadinya penyakit hati atau liver, yaitu pola hidup yang kurang baik seperti: Penggunaan alkohol berlebih serta gumpalan lemak yang menumpuk di hati akibat obesitas juga bisa mengakibatkan terserang penyakit hati atau liver.

Gravatar Image

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.