Inilah Faktor Yang Membuat Harga Properti Melambung Tinggi
Wednesday , July 26 2017
Home / Bisnis / Inilah Faktor Yang Membuat Harga Properti Melambung Tinggi

Inilah Faktor Yang Membuat Harga Properti Melambung Tinggi

Sepanjang sejarah bisnis properti, hampir tidak pernah ditemui kejadian dimana harga jual kembali suatu properti justru menurun dari harga pembeliannya sebelumnya. Sebab harga jual properti memang senantiasa meningkat dari tahun ke tahun. Adapun jumlah properti yang ada saat ini tak terlalu banyak mampu memenuhi kebutuhan dan permintaan properti dari masyarakat indonesia yang semakin membeludak jumlahnya dari tahun ke tahun. Ini merupakan salah satu faktor yang membuat bisnis properti memiliki prospek yang tinggi.

Berikut ini terdapat ulasan faktor – faktor yang membuat harga properti di pasaran bisa melambung tinggi. Diantaranya yaitu:

  1. Jumlah penduduk yang semakin bertambah banyak

Jumlah penduduk indonesia memang dikenal yang terbanyak ke – 4 di dunia yag hingga kini pun laju pertumbuhannya juga terus menerus meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini menyebabkan jumlah penduduk yang membutuhkan rumah tinggal pun juga semakin banyak. Apalagi mereka yang sudah masuk ke usia berkeluarga. Sehingga tak ayal jumlah properti yang dibutuhkan juga semakin meningkat saja dari tahun ke tahun. Karena jumlah properti yang tak sesuai dengan jumlah permintaan inilah yang menyebabkan harga jual properti juga semakin meningkat dan melambung tinggi. Sebagaimana prinsip pemasaran dimana ada kelangkaan barang, di situ akan terjadi kenaikan harga.

  1. Urbanisasi atau perpindahan penduduk dari desa ke kota

Tingginya laju urbanisasi dari desa ke kota yang saat ini marak terjadi juga menjadi pendorong melambungnya harga properti terutama di kota – kota besar. Sebab di kota – kota yang menjadi tujuan urbanisasi tersebut akan semakin padat jumlah penduduknya. Dimana kebutuhan rumah juga menjadi salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Sebab rumah memang masuk dalam kriteria kebutuhan pokok Sandang, Pangan, Papan. Alhasil, harga rumah dan tanah serta bisnis properti di kota – kota besar pun ikut melambung tinggi pula.

  1. Sedikitnya kemampuan developer untuk menyediakan rumah sesuai jumlah kebutuhan di masyarakat

Jumlah developer atau penyedia properti di indonesia tak sebanding untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan properti yang ada. Oleh karenanya, hal ini semakin membuat harga properti melambung tinggi dan bahkan diperebutkan oleh pangsa pasar indonesia.

  1. Mulai tumbuhnya kesadaran masyarakat terhadap investasi dalam bisnis properti

Dewasa ini, kesadaran masyarakat terhadap pentingnya berinvestasi pada bisnis properti. Ya, masyarakat saat ini banyak menyimpan uangnya dengan dirupakan dalam bentuk properti mulai dari tanah, rumah, ruko dan lain sebagainya. Hal ini pulalah yang semakin menunjang peningkatan kebutuhan masyarakat terhadap aset – aset properti di tanah air. Alhasil harga – harga properti tersebut pun melambung dari tahun ke tahun. Namun justru hal itulah yang menyebabkan investasi dalam bisnis properti menjadi ramai. Sehingga kedua hl tersebut saling menjadi sebab – akibat satu sama lain.

  1. Tingginya jumlah permintaan berbagai jenis properti

Kebutuhan di masyarakat terhadap beragam aset properti membuat permintaan juga semakin meningkat. Hal inilah yang juga menjadi faktor melambungnya harga properti di indonesia. Bahkan tak hanya properti di kota besar saja yang kini harganya melambung tinggi, di wilayah pedesaan pun saat ini juga menawarkan harga tinggi untuk properti terutama berupa lahan atau tanah baik yang diperuntukkan untuk sawah dan ladang maupun untuk dibangun perumahan – perumahan baru. Memang berinvestasi pada bisnis properti selalu menguntungkan dan memberikan peluang besar bahkan hampir tanpa resiko.

 

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

Smartphone untuk bisnis online

Inilah Manfaat Mobile Marketing Untuk Meraih Sukses dalam Berbisnis

Dunia marketing menurut semakin hari semakin memberikan tantangan yang harus disikapi dengan bekal pengetahuan yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *