Faktor Penyebab, Gejala dan Pencegahan Penyakit Asma
Wednesday , July 26 2017
Home / Kesehatan / Faktor Penyebab, Gejala dan Pencegahan Penyakit Asma

Faktor Penyebab, Gejala dan Pencegahan Penyakit Asma

Kebanyakan dari anda tentu mengenal penyakit bernama asma, asma sendiri merupakan jenis penyakit yang cukup sering ditemukan di Indonesia. Berdasarkan data yang diambil dari Departemen Kesehatan( Depkes), banyaknya penderita asma di Indonesia berada pada angka persentase 5,87 %.

Untuk data berskala global yang diambil yang diambil dari WHO pada tahun 2011 silam, jumlah penderita asma di dunia mencapai 300 juta orang dan diperkirakan akan terus meningkat ke angka 400 juta pada tahun 2025 mendatang. Penyakit asma pada dasarnya dapat didefinisikan sebagai ganguan pernapasan kronis  yang disebabkan oleh peradangan pada saluran pernapasan yang menyebabkan penyempitan saluran pernapasan, sehingga menimbulkan rasa sesak.

Penyakit yang bernama Yunani” ἅσθμα, ásthma” ini dapat muncul disebabkan banyak faktor, adapun beberapa faktor tersebut adalah:

Faktor turunan/ genetika

Faktor yang satu ini dapat dikatakan sebagai salah satu faktor utama pemicu asma. Seseorang yang menderita asma biasanya memiliki keluarga yang juga memiliki riwayat sama dengan penyakit ini. Dengan kata lain, penyakit asma ini dapat diwariskan dari gen.

Faktor lingkungan

Asma adalah jenis penyakit saluran pernapasan, hal ini berarti bahwa faktor lingkungan mengambil peran penting dalam kemunculan penyakit ini. Asma dapat saja muncul diakibatkan oleh alergen(penyebab alergi), suatu senyawa kimia, perubahan suhu ataupun polusi udara.

Faktor lain

Selain kedua faktor yang disebutkan sebelumnya, kemungkinan asma juga dapat muncul diakibatkan oleh stres, ganguan emosi, infeksi tertentu pada saluran pernapasan dan kelelahan akibat olahraga atau aktifitas fisik yang berlebihan.

  • Seseorang yang mengalami masaah dengan penyakit asma biasanya akan menunjukkan gejala-gejala tertentu pada beberapa kondisi( kondisi berdebu, kotor dan lain-lain), adapun gejala yang ditunjukkan berupa:
  • Mengalami sesak napas, hal ini dikarenakan terjadinya penyempitan saluran pernapasan(bronchiale).
  • Terjadi bunyi wheezing/bengek pada saat melakukan pernapasan, terkhususnya pada saat exhalation atau pengeluaran napas.
  • Sesak atau sakit pada daerah sekitar dada
  • Kesulitan berbicara pada saat mengaturan pernapasan.
  • Batuk dalam waktu lama.

Jika anda bertanya tentang cara mengobati asma, mungkin anda akan sedikit kecewa dengan jawaban ini. Sampai saat ini pengobatan untuk asma secara total( sembuh total) masih belum ditemukan. Namun meskipun belum ditemukan obat yang dapat mengatasi penyakit saluran pernapasan yang menjadi didaulat sebagai penyakit pembunuh nomor 5 di dunia ini, anda dapat melakukan pencegahan untuk menghindarkan anda dari gejala-gejala asma yang dipaparkan sebelumnya. Adapun beberapa tindakan tersebut adalah:

Merubah life style/ gaya hidup

Dikarenakan sangat berhubungan dengan kondisi linkungan, anda yang punya masalah dengan penyakit yang satu ini sangat disarankan untuk merubah gaya hidup anda menjadi lebih sehat dan bersih. Seperti yang diungkan sebelumnya, gejala asma dapat saja muncul akibat alergen, polusi atau asap rokok, sehingga sebaiknya anda selalu menjaga kebersihan lingkungan anda. Selain itu, anda juga harus menghindari rokok dan tempat yang dipenuhi oleh perokok.

Selalu membawa atau menyiapkan obatan asma

Hal ini adalah suatu yang mutlak dan tidak boleh anda lupakan, mengingat bahwa asma dapat menyerang secara tiba-tiba. Obatan asma sendiri dibagi atas 2 kelas umum, yaitu obat pelega napas cepat( biasa digunakan untuk penderita asma akut) dan obat pengendali jangka panjang( pencegahan). Biasanya para penderita asma banyak memilih jenis obat reaksi cepat sebagai pilihan saat berpergian, obat reaksi cepat ini banyak dikenal dengan nama inhealer atau Salbutamon/ albuterol USAN.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *