Faktor Penyebab Terjadinya Penyakit Diabetes

0
55

Artikel KesehatanPenyakit diabetes dapat menyerang kesehatan manusia kapan saja dan disebabkan banyak sekali faktor. Faktor yang paling seringkali menjadi akibat seseorang terserang penyakit diabetes adalah faktor keturunan atau faktor genetik. Di samping itu faktor lingkungan hingga pola hidup yang tidak sehat pun menjadi faktor utama penyebab terjadinya penyakit diabetes.

Seseorang dapat terserang penyakit diabetes dikarenakan terjadinya kelainan dalam proses kerja hormon insulin. Gangguan yang menyerang hormon insulin tersebut mampu mempengaruhi proses metabolisme yang terjadi dalam tubuh.

Dan berikut ini adalah penjelasan dari faktor penyebab terjadinya penyakit diabetes yang menyerang kesehatan tubuh manusia.

Faktor keturunan

Faktor penyebab terjadinya penyakit diabetes yang pertama yaitu faktor keturunan atau genetik. Faktor ini merupakan penyebab yang sulit dihindarkan karena sifat dari diabetes tersebut menurun dari pengidap sebelumnya dan bukan ditularkan sebagaimana penyakit pada umumnya. Orang tua yang memiliki riwayat pernah mengalami penyakit diabetes maka kemungkinan besar keturunan atau anaknya pun akan terserang penyakit diabetes juga.

Bahkan para ahli medis sependapat bahwa orang tua (bapak dan ibu) yang menderita diabetes maka kemungkinan besar anaknya terserang penyakit diabetes adalah 83 persen. Namun apabila yang pernah menderita diabetes adalah salah satu orang tua saja maka kemungkinan anaknya terkena diabetes adalah 52 persen. Dan jika orang tua tidak memiliki riwayat diabetes sama sekali maka kemungkinan seseorang terkena diabetes hanyalah 15 persen.

Faktor terserang bakteri

Faktor yang menyebabkan seseorang terserang penyakit diabetes selanjutnya adalah akibat bakteri atau virus. Virus dan bakteri merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit diabetes. Contohnya yaitu virus mumps, virus rubela, dan human coxsackievirus B4. Virus tersebut mampu menyerang melalui reaksi auto-imunitas sehingga akan menghilangkan auto-imun dalam sel beta.

Faktor terlalu banyak konsumsi gula

Saat ini begitu banyak jenis makanan yang mengandung gula. Misalnya kue, makanan ringan, es krim, permen, jajanan, minuman, dan lain sebagainya. Tanpa sadar makanan yang banyak mengandung gula seringkali menjadi makanan favorit sehari-hari dan tidak disadari bahwa makanan tersebut dapat berakibat buruk bagi kesehatan tubuh. Terutama apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Untuk menjaga kesehatan tubuh agar tidak terserang penyakit diabetes maka sebaiknya mengurangi asupan gula yang berlebihan. Sebisa mungking menghindari mengonsumsi kue manis, makanan ringan, soft drink, permen yang mengandung gula tinggi, dan lain sebagainya.

Faktor kekurangan tidur

Penyakit diabetes juga dapat menyerang tubuh yang kekurangan waktu istirahat. Kualitas istirahat yang buruk mengakibatkan metabolisme tubuh serta sistem kekebalan tubuh akan terganggu sehingga mudah terserang penyakit. Pakar kesehatan berpendapat bahwa kekurangan tidur selama tiga hari berturut-turut mampu menurunkan kemampuan tubuh dalam memproses glukosa dalam tubuh.

Kekurangan tidur juga akan merangsang sejenis hormon dalam darah yang akan memicu nafsu makan. Sehingga penderita gangguan tidur tersebut akan mengonsumsi banyak makanan yang mengandung kalori tinggi sehingga mengakibatkan kadar gula yang semakin meningkat.

Faktor malas beraktivitas fisik

Gaya hidup sehat merupakan kunci dari kesehatan. Pola makan yang teratur, pola istirahat yang cukup, aktivitas sehari-hari yang sehat akan mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Orang yang jarang beraktivitas fisik atau jarang melakukan gerak akan menghambat sistem sekresi tubuh. Sehingga akan terjadi penumpukan lemak dalam tubuh dan dalam waktu yang lama akan mengakibatkan berat badan semakin bertambah. Orang yang memiliki berat badan berlebihan lebih rentan terkena penyakit diabetes dibandingkan dengan orang yang memiliki bobot tubuh normal.

Selain faktor di atas tentu masih banyak lagi faktor yang menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit diabetes. Untuk itu selalu menjaga pola hidup sehat adalah kunci yang utama agar kesehatan tubuh selalu terjaga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here