Gadget – Emoji Passcode Pengganti PIN Pada Internet Banking

Posted on

Sering kita jumpai passcode dalam bentuk pin, kata-kata, satu kalimat atau bahkan yang paling unik adalah pattern, namun Perusahaan teknologi asal Inggris, baru saja luncurkan gadget yang menggunakan passcode pertama dunia yang hanya terdiri dari emoji. Emoji Passcode diklaim lebih mudah diingat secara visual dan secara matematis lebih aman daripada passcode numerik. Emoji Passcode sudah terintegrasi dengan aplikasi Android internet banking Intelligent Environments.

Emoji Passcode

Pada gadget ini, Emoji Passcode membuat kamu merasakan pengalaman unik dengan   memungkinkan konsumen  internet banking untuk mengakses akun internet banking mereka dengan empat karakter emoji. Jika passcode numerik hanya izinkan penggunaan angka dari 0-9, dengan Emoji Passcode konsumen dapat memilih dari 44 karakter emoji.

Ini sungguh menarik karena karakter emoji yang berbeda-beda juga dapat meningkatkan hal keamanan dalam transaksi internet banking. Ide berawal dari kekhawatiran terkait passcode numeric yang rentan akan pembajakan dan dinilai konsumen cenderung menggunakan informasi yang mudah mereka ingat sebagai passcode mereka, seperti tanggal lahir atau ulang tahun pernikahan.

Tentunya ini dapat diketahui pula oleh pihak lain dan mengurangi tingkat keamanan dalam transaksi internet banking. Selain itu hal ini tentunya berbahaya karena informasi tersebut sudah lebih mudah ditemukan diberbagai jejaring sosial. Terlebih lagi kebanyakan orang tidak sadar dan lebih memilih untuk kombinasi numeric yang mainstream bahkan disama ratakan untuk segala akun.

Hal ini didasari keyakinan bahwa Jika konsumen gunakan passcode numerik secara acak, mereka alami kesulitan mengingatnya. dan akan membuat mereka sendiri kesulitan untuk akses akun padahal internet banking sangat sering digunakan untuk transaksi.

Terbukti, dalam survey yang dilakukan oleh Opinion Matters dengan lebih dari 1,300 responden di Inggris, hampir sepertiganya pernah melupakan PIN mereka. Seperempat bahkan mengakui bahwa mereka gunakan PIN yang sama untuk semua keamanan perbankan mereka.

Berawal dari perkembangan tingkat sekuritas ini, kehadiran passcode dalam bentuk pattern pun masih dapat mengurangi tingkat sekuritas dikarenakan dapat lebih mudah dihafalkan atau disalahgunakan oleh orang lain, karena pattern dapat dilihat dari jarak yang jauh.

Oleh karena itu, Emoji Passcode mengambil kesempatan di sini. Sebuah penelitian ungkapkan bahwa manusia lebih mudah mengingat gambar daripada kata-kata. Sehingga, penggunaan emoji sebagai passcode konsumen menjawab permasalahan kesulitan mengingat namun tetap terjamin keamanannya. Keunikan emoji passcode ini mendapatkan respon positif dari berbagai kalangan, Gadget yang dilengkapi oleh  hadirnya Emoji Passcode dari Intelligent Environments juga memperoleh tanggapan positif dari masyarakat Inggris. Menurut BBC, emoji menjadi bahasa yang paling cepat perkembangannya di Inggris. Mungkin karena itulah masyarakat lebih mudah menerima hadirnya Emoji Passcode.

Hal yang menarik adalah pihak pengembang hingga saat ini belum melakukan paten terhadap idenya untuk mengembangkan passcode melalui emoji hal ini dapat digunakan sebagai ancaman maupun keuntungan pula, setelah ini akan banyak perusahaan yang akan mengklaim gadget yang dapat menggunakan passcode dengan emoji.

Belum jelas alasan mengenai mengapa pengembang belum mematenkan idenya ini. Hal ini dapat digunakan sebagai kesempatan untuk kita membuat metode yang sama untuk aplikasi yang berbeda. Sehingga perkembangan gadget yang memiliki aplikasi ini tidak berhenti sampai disini. Apakah kehadiran numerik sudah diragukan lagi dalam pengembangan fasilitas gadget tercanggih? Belum ada studi terkait hingga saat ini, namun pencetusan gadget dengan passcode emoji ini mulai digandrungi karena keunikannya.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.