Gangguan-Gangguan pada Ginjal yang Patut Anda Waspadai
Tuesday , July 25 2017
Home / Kesehatan / Gangguan-Gangguan pada Ginjal yang Patut Anda Waspadai

Gangguan-Gangguan pada Ginjal yang Patut Anda Waspadai

Tubuh manusia tersusun dari berbagai macam organ yang mampu bersinergi hingga anda dapat hidup dengan kondisi yang prima dan sehat. Agar kelangsungan hidup anda berkualitas, maka setiap organ harus berada pada kondisi normal dan terhindar dari berbagai gangguan. Namun, terkadang ada gangguan pada salah satu organ yang tak disadari dan kemudian harus segera dilakukan penanganan agar tidak berlalu dan menjadi fatal. Salah satu organ yang harus anda jaga kondisinya adalah ginjal. Peran ginjal sangat penting pada sistem ekskresi tubuh untuk memastikan cairan hasil sisa pencernaan yang tak berguna akan terbuang dari tubuh.

Ginjal di dalam tubuh manusia terdapat 2 ginjal dan keduanya harus anda jaga kesehatannya. Karena berjumlah dua, maka ketika salah satu terjadi gangguan akan bisa diatasi dengan melakukan pencangkokan. Meski ada jalan untuk sembuh ketika ginjal mengalami gangguan, tentu akan lebih baik apabila ginjal anda berada pada kondisi sehat secara sempurna bukan? Maka penting untuk selalu menjaga kondisi ginjal agar terhindar dari berbagai penyakit ginjal seperti berikut ini:

  1. Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal ini memiliki jumlah kasus yang cukup tinggi di Indonesia. Pada ginjal akan terdapat bongkahan batu yang terbentuk karena adanya endapan garam kalsium yang sering dikatakan sebagai akibat dari seringnya menahan kencing. Endapan batu di dalam ginjal akan menyebabkan terhambatnya proses buang air kecil dan menimbulkan rasa nyeri. Pengobatan penyakit batu ginjal diatasi dengan pembedahan dan penggunaan sinar laser. Kedua langkah ini dilakukan untuk menghancurkan endapan garam kalsium di dalam ginjal. Untuk mencegah penyakit batu ginjal, perbanyak konsumsi air putih dan jangan membiasakan menahan buang air kecil.

  1. Gagal Ginjal

Gagal ginjal terjadi ketika ginjal telah kehilangan fungsinya untuk membentuk urine. Kegagalan terjadi pada proses penyaringan sehingga tidak akan tersaring zat-zat yang tidak berguna dari tubuh. Apabila kondisi ini terus berlanjut, maka akan menyebabkan tercampurnya urea selaku kotoran tubuh dengan darah. Padahal seharusnya zat urea ini terbuang keluar dan apabila tak segera dilakukan penanganan bisa menimbulkan kematian. Cangkok ginjal bisa menjadi solusi untuk mengatasi hal ini. Selain itu bisa pula dilakukan upaya cuci darah untuk membersihkan darah dari kotoran yang tak mampu disaring oleh ginjal.

  1. Diabetes Melitus

Diabetes melitus adalah salah satu gangguan pada ginjal yang sering terjadi. Diabetes melitus terjadi karena adanya kegagalan fungsi dari pankreas untuk menghasilkan insulin yang berperan untuk mencerna glukosa. Akibat dari keterbatasan insulin, kemudian glukosa akan dikeluarkan bersama dengan air kencing sehingga urine akan mengandung banyak glukosa. Itulah mengapa penyakit ini disebut sebagai penyakit kencing manis. Untuk mengatasi penyakit ini, perlu adanya suntik insulin untuk memperbaiki kondisi di dalam tubuh.

  1. Diabetes Insipidus

Diabetes insipidus terjadi ketika tubuh kekurangan hormon antidiuretik (ADH) sehingga urine akan keluar dengan jumlah yang berlebih. Untuk mengatasi hal ini, perlu dilakukan penambahan hormon ADH dengan suntikan, hirupan, atau dalam bentuk tablet.

  1. Hematuria

Kelainan ginjal ini terjadi ketika pada urine terdapat kandungan sel darah merah. Hal ini bisa terjadi karena terjadi peradangan pada organ urinaria dan bisa pula terjadi akibat iritasi oleh gesekan batu ginjal.

Beberapa poin diatas hanya sebagian kecil dari penyakit yang berpotensi menyerang ginjal. Maka tetap jaga kondisi ginjal dengan tetap menerapkan pola hidup sehat.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *