Gaya Hidup Sehat Orang Jepang Yang Bisa Kita Tiru

0
47

Jepang memiliki gaya hidup sehat dibandingkan dengan negara lain. Orang Jepang terkenal memiliki gaya hidup sehat dan tertib. Berdasarkan penelitian, negara matahari terbit tersebut dikatakan sebagai negara dengan tingkat obesitas dan penyakit mematikan yang rendah. Selain itu, penduduk Jepang juga memiliki angka harapan yang tinggi dibanding negara lainnya. Beberapa negara saat ini banyak yang meniru pola hidup orang Jepang yang sehat dan disiplin. Berikut gaya hidup sehat orang Jepang yang bisa ditiru.

  1. Orang Jepang suka mengonsumsi ikan

Orang Jepang sangat menyukai ikan. Biasanya mereka makan ikan sebanyak 100 gram dalam sehari. Ikan memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi, sehingga bisa mengurangi berbagai risiko penyakit mematikan seperti jantung dan kanker. Lemak omega 3 merupakan lemak sehat yang baik untuk kesehatan jantung dan otak. Jenis-jenis ikan yang mereka sukai seperti tuna, salmon, dan mackerel. Tak hanya itu saja, banyak mengonsumsi ikan juga bisa membuat kulit semakin bersinar. Pantas saja orang Jepang memiliki kulit yang bersinar, ya.

  1. Teh hijau menjadi minuman pokok

Minum teh memang memiliki banyak khasiat yang baik untuk tubuh. Menurut penelitian, minum teh sebanyak enam cangkir dalam sehari dapat membuat risiko terkena penyakit jantung 36 persen lebih rendah. Orang Jepang menjadikan teh hijau sebagai minuman pokok mereka. Teh hijau dapat dijadikan sebagai antioksidan yang dipercaya bisa mencegah berbagai penyakit seperti osteoporosis dan kanker tulang.

  1. Lebih menyukai jalan kaki

Orang Jepang banyak yang lebih memilih berjalan kaki dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, baik itu pergi ke sekolah, kantor, atau berbelanja. Namun sayangnya, orang Indonesia belum membiasakan hal ini. Padahal kebiasaan berjalan kaki memiliki banyak manfaat. Selain mengurangi kemacetan dan polusi udara, kebiasaan jalan kaki juga membuat tubuh menjadi lebih sehat. Orang yang aktif berjalan kaki memiliki kekuatan fisik yang lebih sehat dibandingkan dengan orang yang berjalan kaki. Risiko terserang berbagi penyakit juga biasanya lebih kecil.

  1. Mengonsumsi Rumput Laut

Rumput laut merupakan makanan yang memiliki banyak kandungan gizi seperti kalium, magnesium, kalsium, yodium, zat besi, multivitamin, vitamin C, beta karoten, dan serat. Orang Jepang menyukai makanan berserat ini karena memiliki zat antioksidan yang tinggi. Sehingga bisa menghambat penyerapan lemak yang ada di dalam tubuh. Tak hanya itu saja, rumput laut juga bisa mengolah lemak dalam tubuh sampai empat kali lipat.

  1. Makan secara perlahan dan tidak menunggu kenyang

Orang Jepang terbiasa makan secara perlahan. Mereka biasa menikmati makanan dalam setiap gigitan supaya gizinya bisa terserap dengan sempurna. Hal ini juga yang membuat orang Jepang makan menggunakan sumpit agar bisa membantu meperlambat kecepatan saat makan. Selain itu, hal ini bisa menghindari kebiasaan makan secara berlebih. Otak akan memberi respon kenyang yang lebih cepat saat makan secara lambat. Kemudian, orang Jepang juga memiliki prinsip “makan sampai perutmu penuh 8/10 bagian”. Sehingga tubuh akan tetap sehat dan langsing.

  1. Mengolah Bahan Makanan dengan Waktu yang Sebentar

Orang Jepang mengolah bahan makanan mereka dalam waktu yang sebentar agar kualitas bahan makanan tetap terjaga dengan baik. Zat gizi yang ada di dalam bahan makanan tersebut tidak akan hilang. Selain itu, radikal bebas di dalam tubuh juga menjadi minimal.

Itulah beberapa gaya hidup sehat yang dilakukan oleh orang Jepang setiap harinya. Anda bisa menerapkan hal-hal tersebut agar lebih sehat, kuat, awet muda, dan panjang umur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here