Gejala Hepatitis B dan Pencegahannya - Articles.id - Direktori Artikel Indonesia
Friday , July 28 2017
Home / Kesehatan / Gejala Hepatitis B dan Pencegahannya

Gejala Hepatitis B dan Pencegahannya

Jika bicara mengenai penyakit yang menyerang organ vital”hati”, nama penyakit yang mungkin cukup banyak dikenal adalah Hepatitis B. Jika didefinisikan berdasarkan ilmu atau bidang kesehatan, Hepatitis B dapat dijelaskan sebagai penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus Hepatitis B yang juga dikenal dengan singkatan VHB. Virus VHB atau Hepatitis B ini merupakan virus yang masuk dalam famili Hepadnavirus yang dapat menyebabkan peradangan hati. Bicara mengenai prevelensi kemunculan pada sejumlah kasus , penyakit ini paling sering ditemukan pada usia lebih dari 50 tahun dengan persentase 30 hingga 50 %.  Sedangkan persentase prevelensi penyakit  yang dapat menyebab sirosis hati ini pada usia dibawah 50 tahun adalah berkisar 10 %.

Penyakit hati ini memiliki sifat cathcing/ menular melalui media darah atupun cairan tubuh, adapun beberapa faktor yang sering menjadi penyebab utama penularan penyakit ini adalah:

  • Hubungan seksual/ sexual intercourse yang tidak aman
  • Terjadi kontak antara darah/ transfusi darah
  • Penggunaan perangkat bedah atau jarum suntik yang tidak steril
  • Penularan pada saat kehamilan, ibu yang memiliki riwayat penyakit hepatitis akan menularkan penyakit ini pada bayinya selama proses kehamilan.

Sebagian besar dari penderita Hepatitis B terlambat menyadari bahwa mereka telah terinfeksi salah satu penyakit hati kronis ini. Hal ini disebabkan karena gejala yang ditunjukkan oleh Hepatitis B cenderung kurang begitu mencolok. Untuk itulah, pemahaman tentang symptoms atau gejala penyakit Hepatitis ini adalah hal yang sangat penting untuk diketahui. Penderita penyakit Hepatitis B ini biasanya menunjukkan beberapa gejala umum seperti:

Jaundice

Jaundice adalah suatu kondisi yang terjadi mata atau kulit, dimana mata dan kulit akan nampak berwarna agak kekuningan. Gejala ini dapat dikatakan sebagai gejala yang paling sering dijadikan indikator dalam pendiagnosaan penyakit Hepatitis B. Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa mata kuning adalah indikator utama adanya masalah pada hati.

Penurunan atau menghilangnya nafsu makan

Tubuh yang tengah bermasalah tentunya mengindikasikan bahwa tubuh sedang mengalami masalah.

Warna urin cenderung gelap

Warna urin yang gelap adalah indikator lain yang dapat digunakan untuk diagnosa penyakit Hepatitis B. Hal tersebut mengindikasikab bahwa liver/ hati tengah dalam masalah kesehatan serius yang menggangu proses sekresi zat dalam tubuh.

Demam

Dikarenakan penyakit Hepatitis B disebabkan oleh infeksi serius dari bakteri VHB, sudah barang tentu tubuh akan meresponnya dengan membentuk imunitas. Hal inilah yang menyebabkan suhu tubuh menjadi meningkat.

Perut  yang buncit atau berat badan yang berlebih

Bukan merupakan rahasia lagi, bahwa obesitas atau kegemukan adalah sumber segala macam penyakit, termasuk penyakit hati” Hepatitis B”.

Pembengkakan pada area kaki

Kelelahan yang berlebih

Hal tersebut dikarenakan hati yang tidak bekerja secara maksimal, sehingga organ tubuh lain pun dipaksa bekerja lebih keras.

Terjadi muntah darah

Untuk menghindarkan diri dari penyakit Hepatitis B, tentunya pemberian vaksin adalah cara yang paling disarankan kepada orang yang berpeluan tinggi/ berisiko terjangkit penyakit ini. Pada bayi atau anak-anak, biasanya pemberian vaksin dilakukan pada umur 2, 4 atau 6 bulan. Namun penerapan pola hidup sehat adalah hal lain yang juga cukup penting untuk dilakukan. Anda dapat memulainya dengan menerapkan beberapa pola hidup sehat seperti:

  • Tidak mengonsumsi alkohol
  • Tidak merokok
  • Medical check up secara teratur guna mengetahui keadaan tubuh dan kesehatan organ
  • Menjaga berat badan tubuh agar tetap ideal
  • Olahraga yang teratur dan istirahat teratur

 

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *