Gejala Penyakit Gagal Jantung dan Pencegahannya
Tuesday , July 25 2017
Home / Kesehatan / Gejala Penyakit Gagal Jantung dan Pencegahannya

Gejala Penyakit Gagal Jantung dan Pencegahannya

Gagal jantung merupakan suatu kondisi dimana otot jantung mengalami pelemahan secara drastis sehingga jantung tidak mampu memompa darah yang cukup ke seluruh bagian tubuh dengan tekanan yang seharusnya. Penyakit gagal jantung seringkali terjadi dikarenakan problem kesehatan. Misalnya terjadinya gangguan ritme jantung, penyakit jantung koroner, gangguan otot jantung, katup jantung yang rusak, terjadinya tekanan darah tinggi, kekurangan sel darah merah, otot jantung yang meradang, dan berbagai jenis penyakit lainnya.

Dari berbagai penyebab timbulnya penyakit gagal jantung tersebut dunia medis membagi penyakit gagal jantung ke dalam tiga tipe. Pertama: gagal jantung yang dialami seseorang dikarenakan katup jantung yang mulai rusak. Kedua: melemahnya ruang jantung sehingga mengakibatkan gagal jantung. Dan ketiga: gagal jantung yang diakibatkan kakunya ventrikel kiri yang menyebabkan jantung kesulitan untuk mengisi darah.

gagal-jantung

Ketahui gejala gagal jantung sejak dini

Agar anda tidak terserang penyakit gagal jantung alangkah baiknya jika anda mulai mempelajari dan mengenali gejala apa saja yang berakibat pada terjadinya gagal jantung. Secara umum penyakit gagal jantung terbagi menjadi dua fase yaitu kronis dan akut. Gagal jantung dikatakan kronis ketika gejala-gejala yang dialami seseorang berkembang dalam waktu yang lama dan bertahap. Adapun pada penyakit gagal jantung akut gejala gagal jantung terjadi dengan begitu cepat sehingga ketika seseorang terserang gejala gagal jantung akut harus segera dilarikan ke rumah sakit dengan cepat.

Adapun gejala gagal jantung secara umum di antaranya adalah mengalami sesak nafas, tubuh merasa cepat lelah, serta terjadinya pembengkakan pada pergelangan kaki. Jika anda mengalami atau mengetahui seseorang  yang mengalami gejala tersebut maka sebaiknya segera dikonsultasikan ke dokter terdekat.

Cara mengobati gagal jantung

Orang yang menderita gagal jantung masih memiliki kemungkinan besar untuk diselamatkan. Sebab meskipun namanya adalah gagal jantung bukan berarti organ jantung seseorang tersebut tidak berfungsi lagi. Akan tetapi gagal jantung merupakan istilah melemahnya jantung dalam memompa darah ke tubuh.  Karena jantung mulai melemah maka sudah seharusnya segera dilarikan ke dokter ahli.

Pasien yang menderita gagal jantung sangat sulit disembuhkan dalam waktu yang singkat. Butuh penanganan khusus dan waktu yang lumayan lama untuk menyembuhkan orang yang mengalami gagal jantung. Di antara pengobatan yang biasa dilakukan adalah melibatkan peralatan pemompa jantung, kombinasi obat-obatan, serta terapi gaya hidup sehat dengan menjaga pola makan secara benar.

Penderita penyakit gagal ginjal harus dirawat dengan serius dalam pengawasan medis. Di samping itu agar gagal jantung bisa teratasi maka butuh kerjasama antara pasien dan dokter. Sebab hal itu bertujuan untuk meredakan gejala gagal jantung, serta membantu memperkuat fungsi jantung, bahkan bermanfaat untuk menurunkan resiko kematian.

gagal-jantung1

Mencegah terjadinya gagal jantung

Gagal jantung merupakan penyakit yang timbul dari pola hidup yang tidak sehat. Di antara kebiasaan manusia yang dapat mengakibatkan terjadinya gagal jantung adalah merokok, meminum minuman keras, dan lain sebagainya. Untuk itu cara mencegah terjadinya gagal ginjal di antaranya adalah membiasakan diri mengonsumsi makanan yang sehat yang banyak mengandung zat besi serta membatasi konsumsi garam. Selain itu sebaiknya membiasakan diri untuk berolahraga dengan teratur dan menjaga berat badan.

Karena mencegah lebih baik dari mengobati maka mulailah membiasakan diri dengan makanan sehat dan tinggi akan gizi, serat, dan lain-lain. mengonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, daging, gandum dan ikan pun sangat bagus untuk kesehatan jantung. Selain itu hindari juga makanan yang dapat memicu obesitas karena dari situlah gagal jantung seringkali menyerang manusia.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *