Hindari Bisnis Properti Bodong Tanpa Hitam Di Atas Putih

Posted on

 

Semakin pesatnya perkembangan bisnis properti di tanah air merupakan peluang besar bagi anda dan siapa saja yang ingin terjun pada bidang ini. Banyak orang yang sangat antusias dalam berinvestasi maupun menjalankan bisnis properti ini. Apalagi permintaan akan aset properti dari hari ke hari juga terus mengalami peningkatan. Namun sangat disayangkan karena ternyata terdapat segelintir orang yang justru menjalankan bisnis properti ini secara curang dan tak sesuai denga aturan – aturan hukum yang berlaku. Yang paling lazim terjadi yakni penipuan berupa investasi dan bisnis properti bodong. Dimana properti yang ditawarkan kepada calon pembeli adalah properti yang masih bermasalah dalam hal surat – surat ijin administratif dan bahkan memang sama sekali tidak memiliki sertifikat ataupun surat ijin apapun dalam bisnis properti yang ditawarkan.

Modus yang dilakukan dalam penipuan berkedok investasi properti bodong semacam ini yakni mengedepankan aspek kepercayaan personal antara penjual dan pembeli. Sehingga mereka berhasil meyakinkan calon pembeli untuk tetap berinvestasi dengan membeli properti yang mereka tawarkan meskipun tidak ada perjanjian hitam di atas putih dan properti tersebut tidak memiliki kelengkapan sertifikat serta surat – surat sebagaimana ketentuan yang berlaku.

Jika anda mendapatkan tawaran properti murah, jangan dulu tergiur dan mudah melakukan transaksi untuk kepentingan bisnis properti tersebut. Ada baiknya anda memeriksa terlebih dahulu kelengkapan – kelengkapan sertifikat dan surat – surat yang ada. Ketika anda sudah cocok dan sudah memastikan kelengkapan surat – suratnya pun anda juga perlu melegalkan transaksi pembelian properti anda tersebut melalui notaris maupun pejabat tanah untuk bisa mengesahkan perjanjian pembelian dan balik nama atas aset properti yang anda beli tersebut.

Selain perlu memperhatikan legalitas yang dimiliki oleh pengembang ataupun pemilik properti yang akan menjualnya kepada anda, anda pun juga perlu pro aktif untuk mengurus segala macam surat dan sertifikat legalitas atas kepemilika aset properti tersebut. Sebab sebagian orang akan cenderung menganggap pengurusan legalitas hitam di atas putih semacam ini sebagai beban mengingat harus mengeluarkan lagi biaya – biaya tambahan untuk pergi ke notaris atau pejabat tanah serta mengurus surat – surat yang juga membutuhkan biaya administratif. Meskipun sekilas terlihat cukup merepotkan dan prosedurnya nampak sedikit panjang, namun legalitas atas investasi aset tanah adalah hal yang sangat penting untuk anda perhatikan. Mengingat waktu, biaya dan tenaga yang anda keluarkan tersebut juga demi keamanan aset properti anda sendiri.

Dengan demikian, anda pun bisa memastikan aset properti yang anda beli tersebut memang telah sah menjadi milik anda baik secara de facto atau secara kenyataan maupun de jure alias secara hukum. Manfaat dari legalitas ini akan sangat terasa ketika anda menghadapi sengketa atas kepemilikan aset properti anda. Sehingga anda memiliki kekuatan di mata hukum untuk tetap mempertahankan aset anda tersebut.

Dalam bisnis properti memang kasus sengketa atas perebutan aset properti menjadi issue yang sering terjadi. Apalagi jika aset properti tersebut memang aset yang rawan sengketa misalnya saja yang terkait dengan harta warisan yang diperebutkan. Untuk memastikan bisnis properti anda aman, maka legalitas hitam di atas putih lah yang akan membuktikan anda lah pemilik yang sah di mata hukum. Anda pun terhindar dari penipuan maupun sengketa yang yang mungkin saja akan terjadi di kemudian hari.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.