Hindari Kesalahan Ini Dalam Menjual Properti Rumah

Posted on

Setiap pengusaha properti tentu memiliki motivasi yang berbeda-beda. Baik itu penjual properti yang memiliki motivasi ingin menjual rumahnya karena akan berpindah lokasi kerja, karena ingin memiliki rumah yang lebih besar untuk keluarga yang besar pula, hingga dikarenakan hanya ingin merasakan suasana masyarakat yang lebih baru lagi.

Untuk mewujudkan keinginan di atas tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Bahkan seringkali penjual properti merasakan kesulitan pada saat menunjuk agensi real estate dan juga kesulitan dalam bernegosiasi harga. Semua ini akan dialami para penjual properti. Terlebih lagi jika mereka belum ada pengalaman sama sekali.

Suatu properti akan bisa terjual ketika penjualnya mampu menganalisa kesalahan. Artinya sebelum menjual rumah, penjual harus paham betul apa saja yang tidak boleh dilanggar dalam berbisnis properti. Sebab, properti yang dijual akan bernilai jual tinggi ketika kondisi properti, lingkungan, hingga penawarannya sesuai. Akan tetapi, jika seorang pengusaha melakukan kesalahan dalam penjualan maka bisa jadi properti tidak akan laku cepat.

an berikut ini adalah beberapa kesalahan yang wajib dihindari oleh pengusaha properti :

  • Presentasi Properti Yang Kurang Menarik

Sebelum anda menjual rumah alangkah baiknya apabila anda melakukan renovasi seluruh isi rumah terlebih dahulu. Renovasi bukan berarti harus mengganti seluruh perabotan, bukan berarti anda harus mengganti barang lama dengan barang baru. Anda bisa mensiasatinya dengan lebih menekankan kemewahan bagian luar atau eksteriornya seperti jendela, pintu depan, hingga halaman rumah. Intinya rumah anda harus cantik di bagian depannya.

  • Tergesa-Gesa dalam Menjual

Sebelum rumah anda benar-benar siap dipasarkan anda harus memastikan semuanya siap dan layak jual. Jangan terburu-buru menjual properti jika anda belum merasa layak untuk dilihat atau dimiliki orang lain. Selain itu anda juga harus melihat fluktuasi harga di pasaran. Untuk itu sebaiknya anda mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang minat pasar dan ketahui tren yang sedang berkembang di dunia properti.

  • Salah Menentukan Agen Properti

Agen adalah bagian penting dalam jual-beli properti. Kesalahan dalam memilih agen properti adalah kesalahan besar dalam menjual properti. Anda bisa memanfaatkan relasi pertemanan atau relasi kerja dalam memasarkan properti. Jika anda tidak menggunakan jasa agen properti anda juga bisa memanfaatkan keluarga besar, saudara, tetangga dan lain sebagainya. Intinya adalah jangan mengorbankan hal besar untuk menjual suatu properti.

  • Menentukan Harga Tinggi

Sebenarnya, properti yang dijual ke pasar bukan karena semata-mata karena rumah tersebut bagus. Meskipun rumah tersebut bagus tapi anda tergesa-gesa dalam menentukan harga yang fantastis bisa jadi pembeli akan berpikir kembali untuk membelinya. Agen yang akan menjual rumah pun tentu tahu antara rumah yang terlalu mahal dan pas-pasan. Untuk itu ada baiknya jika anda mengumpulkan informasi sebanyak mungkin dan berkonsultasi kepada ahlinya.

  • Terlalu Sulit dalam Negosiasi

Menjual properti itu membutuhkan waktu yang cukup lama. Untuk itu anda harus terus bersabar dalam jual-beli properti. Sebab bisa jadi properti yang anda jual tidak terjadi deal dalam penawaran pertama. Sebagai penjual, anda harus paham bahwa pembeli akan selalu mencari-cari kecacatan dalam properti anda. Untuk itu anda juga harus pandai bernegosiasi menyesuaikan penawaran calon pembeli dengan mempertimbangkan cacat dalam properti tadi.

Berbisnis properti memang tidak mudah, paling tidak anda harus benar-benar memahami strategi, tuntutan, hingga trik rahasia agar memenangkan hati calon pembeli. Dan paling tidak anda menghindari kesalahan-kesalahan di atas.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.