Hindari Makanan Ini Agar Anda Terhindar Dari Gangguan Fungsi Hati - Articles.id - Direktori Artikel Indonesia
Thursday , July 20 2017
Home / Kesehatan / Hindari Makanan Ini Agar Anda Terhindar Dari Gangguan Fungsi Hati

Hindari Makanan Ini Agar Anda Terhindar Dari Gangguan Fungsi Hati

Hati adalah organ tubuh yang mempunyai banyak fungsi dan selalu bekerja keras setiap detiknya. Beberapa diantara fungsi hati, yaitu mengontrol sintesis dari nutrisi makanan, menyerap toksin di dalam darah, menyaring udara, dan menguraikan lemak. Saat fungsi hati mengalami gangguan, maka tubuh akan menjadi lemas, perut kembung, mudah merasa lapar, dan lesu.

Penyebab umum munculnya gangguan dan penyakit hati adalah pola makan yang tidak sehat, seperti mengonsumsi alkohol, makanan cepat saji, makanan tinggi kolesterol, makanan berminyak, dan makanan yang mengandung kadar gula tinggi.

Menjaga kesehatan organ hati dapat dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat, yaitu rutin berolahraga, memperbanyak konsumsi air putih, menghidari konsumsi obat-obatan secara berlebihan, dan melakukan diet sehat. Di samping itu, kita juga harus menghindari makanan yang menyebabkan gangguan fungsi hati.

gangguan hati

Dikutip dari Chicango Now, berikut 5 makanan yang dapat memicu gangguan hati dan memperlemah fungsi hati:

  1. Makanan yang mengandung natrium (sodium)

Salah satu makanan yang harus dibatasi pengonsumsiannya adalah makanan yang mengandung natrium atau sodium. Dalam kadar normal, natrium dapat membantu pengaturan cairan dalam tubuh. Namun apabila dikonsumsi secara berlebihan, maka menyebabkan organ hati overdosis cairan (kelebihan cairan). Umumnya, sumber natrium ditemukan pada makanan yang berasa asin, seperti sop kalengan, kecap, keju, daging, dan pizza.

  1. Makanan yang mengandung sirup jagung tinggi fruktosa (HFCS- high fructose corn syrup)

Sirup jagung tinggi fruktosa merupakan pemanis berkalori yang diperoleh dari jagung. Pada umumnya, HFCS digunakan sebagai gula tambahan pada produk makanan kemasan.

Sumber makanan yang mengandung tinggi fruktosa (HFCS) dapat memicu kerusakan hati. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition memaparkan bahwa pengonsumsi fruktosa secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan hati. Beberapa makanan yang mengandung tinggi fruktosa (HFCS), seperti soft drink, yogurt, pudding, snack buah, roti, saus, produk daging, bumbu kemasan, dan sereal siap makan.

  1. Makanan yang mengandung lemak trans

Lemak trans adalah jenis lemak jenuh yang dapat menyebabkan obesitas, meningkatkan kadar kolesterol buruk (LDL), dan memicu berbagai penyakit. Pada umumnya, sumber lemak trans ditemukan pada makanan yang mengandung minyak terhidrogenas, seperti makanan olahan, biskuit, popcorn, makanan yang mengandung mentega, olahan daging sapi, gorengan, dan makanan panggang yang dibekukan.

  1. Kemasan olahan buah

Mengonsumsi olahan buah yang dikemas di pasaran secara berlebihan dapat memicu kerusakan hati. Hal ini dikarenakan buah olahan mengandung tinggi fruktosa yang menyebabkan kenaikan jumlah lemak dalam darah secara abnormal (disiplidemia). Berdasarkan penelitian yang diterbitkan pada jurnal Hepatology, 2013 menyatakan bahwa fruktosa sangat berkaitan dengan terjadinya peradangan dan penyakit hati.

Sebenarnya, mengonsumsi fruktosa diperbolehkan asalkan dengan porsi yang wajar. Namun apabila dikonsumsi secara berlebihan memicu kerusakan fungsi hati. Selain buah olahan, beberapa makanan lain yang harus dihindari yaitu madu olahan dan kismis.

  1. Gorengan

Pada umumya makanan gorengan cenderung mengandung lemak tak jenuh yang dapat memberikan efek buruk bagi hati. Mengonsumsi makanan gorengan secara berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol buruk (LDL) dalam darah sehingga memicu terjadinya sumbatan pada pembuluh darah yang berujung pada kerusakan organ-organ vital, seperi jantung dan hati. Beberapa makanan gorengan yang harus dibatasi pengonsumsiannya, yaitu makanan cepat saji (ayam goreng isi keju, kentang goreng), sandwich, donat, steak mozzarella, dan gorengan-gorengan di pinggir jalan.

 

 

 

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *