Thursday , June 22 2017
Home / Wisata / Tempat Belanja / Indahnya Objek Wisata Gua Pindul: Surga Air dari Bawah Tanah

Indahnya Objek Wisata Gua Pindul: Surga Air dari Bawah Tanah

Yogyakarta memang dikenal memiliki berbagai tempat wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Tidak heran apabila Yogyakarta dijuluki sebagai kota wisata di Indonesia. Setiap tahunnya, Yogyakarta selalu dipadati oleh turis-turis, baik turis lokal maupun mancanegara. Salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta, yaitu Gunung Kidul, memiliki banyak tempat wisata yang mempesona dan menarik untuk dikunjungi. Gunung Pindul memiliki banyak pantai yang cantik seperti Pantai Baron, Pantai Indrayanti, Pantai Kukup, Pantai Drini, dan masih banyak lainnya. Namun ternyata tidak hanya pantai saja, Provinsi Gunung Kidul juga memiliki salah satu objek wisata yang tak kalah indahnya dengan pantai, yaitu Gua Pindul.

Gua Pindul merupakan objek wisata berbentuk gua yang ada sungai di dalamya. Objek wisata ini terletak di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Diresmikan sejak tahun 2010. Letak persisnya berada di Desa Bejiharjo. Anda bisa menyusuri gua dengan menggunakan pelampung di sepanjang aliran sungai yang ada di dalam Gua Pindul. Dari mata aie Gedong Tujuh. Air yang ada di dalam sungai tersebut berasal Gua ini memiliki panjang sekitar 350 meter, lebarnya 5 meter, dan jarak permukaan air dengan langit-langit gua sekitar 4 meter. Selama berada di dalam gua, Anda bisa menikmati berbagai stalaktit-stalaktit indah yang menghiasi dinding gua. Bahkan di dalam gua ini terdapat salah satu stalagmit dan stalaktit yang memiliki kecantikan luar biasa di dunia. Di dalam gua juga ada banyak kelelawar yang menjadi penghuni tetap di sana.

Anda diharuskan membayar Rp 35.000 saat hendak menyusuri gua. Harga ini sudah termasuk dengan biaya sewa pelampung dan ban. Setiap pemandu, biasanya membawa rombongan sebanyak 10 hingga 15 orang. Kegiatan menyusuri sungai di dalam gua akan lebih terasa asyik apabila kondisinya sepi dan tidak ramai pengunjung. Sebab apabila ramai pengunjung biasanya akan berdesak-desakan. Pemandu biasanya akan menjelaskan mengenai legenda asal usul Gua Pindul hingga menjelaskan setiap detail tempat yang ada di sana.

Nama Gua Pindul berasal dari sebuah legenda yang mengisahkan tentang Ki Juru Mertani dan Ki Ageng Pemanahan yang mendapat tugas dari Panembahan Senopati untuk membunuh seorang bayi laki-laki. Bayi laik-laki tersebut merupakan anak  dari putri Panembahan Senopati, Mangir Wonoboyo. Kemudian saat di perjalanan, mereka berdua tidak tega untuk membunuh bayi laki-laki tersebut. Kemudian mereka berencana untuk memandikan bayi tersebut. Kemudian dua prajurit tersebut naik ke salah satu bukit dan menginjak tanah yang berada di puncak bukit tersebut, maka tanah puncak bukit itu pun runtuh. Setelah runtuh, terlihat sebuah lubang yang ada aliran air dari bawah tanah. Mereka berdua langsung memandikan bayi tersebut. Saat  memandikan bayi tersebut, pipi si bayi tidak sengaja terbentur, istilah Jawanya kebendhul. Sehingga daerah tersebut diberi nama Gua Pindul.

Apabila Anda ingin menuju lokasi, Anda bisa berangkat dari Yogyakarta dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa melewati Jalan Wonosari. Setelah tiba di kota Wonosari, Anda akan menuju Desa Bejiharjo.

Untuk memasuki lokasi, Anda diharuskan membayar retribusi sebesar Rp 10.000 per orang. Setelah itu, Anda hanya tinggal memilih paket wisata menyusuri Gua Pindul yang sesuai dengan kocek Anda. Biasanya sekitar Rp 35.000 hingga Rp 50.000. Cukup terjangkau kan?

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

Tempat Wisata Yang Wajib Anda Kunjungi Saat Traveling ke Jepang

Traveling ke Jepang adalah liburan yang sangat menggembirakan. Sebab terdapat banyak sekali tempat yang sangat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *