Inilah 20 Makanan Yang Dapat Menyehatkan Jantung Anda

0
23

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang menyebabkan banyaknya jumlah kematian manusia di dunia. Penyakit ini timbul akibat gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, konsumsi makanan berkolestrol tinggi, stress, kurang istirahat dan berolahraga. Karena itu,  perlu suatu gaya hidup yang baik untuk menyeimbangkan gaya hidup tidak sehat tersebut. Salah satunya adalah membiasakan diri untuk mengonsumsi makanan sehat dan baik untuk jantung Anda. Berikut ini makanan yang menyehatkan jantung Anda:

Brokoli

Brokoli mengandung vitamin B, asam folat, sulforaphane dan karotenoid lutein yang bermanfaat untuk membantu mengurangi kecemasan dan stres serta mencegah penebalan arteri jantung. Sehingga, risiko terkena penyakit jantung akan terminimalisir apabila mengonsumsi sayuran ini. Brokoli dapat direbus atau dikukus dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Asparagus

Sayuran yang kaya akan vitamin C dan D serta asam folat ini dapat mencegah peradangan jantung. Mengonsumsi jus asparagus yang dicampur madu sebanyak tiga kali seahri, dapat menyehatkan jantung.

Daging Tanpa Lemak

Kandungan vitamin B6 (peroksidin) dalam daging, memiliki banyak manfaat yaitu salah satunya adalah mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Secara alami, mengonsumsi 4 atau 6 ons daging tanpa lemak atau bentuk sajian steak dapat membantu menyehatkan jantung Anda.

Biji-bijian

Biji-bijian mengandung banyak serat yang baik untuk jantung. Kolestrol jahat dalam darah (salah satu faktor pemicu penyakit jantung) dapat dikurangi dengan mengonsumsi setengah cangkir gandum sehari ataubisa juga mengonsumsi 5gr per sendok makan biji Chia. Biji-bijian yang telah diolah pun seperti popcorn (dari jagung) juga dapat menyehatkan jantung karena mengandung polifenol atau antioksidan.

Alpukat

Alpukat adalah primadona dalam kalangan buah yang memiliki kadar lemak yang tinggi. Namun, lemak dalam Alpukat adalah lemak tak jenuh yang dapat menurunkan lemak darah jahat (LDL) dan menaikkan lemak baik (HDL) dalam tubuh. Jus alpukat segar tanpa gula dapat menjadi sajian yang menyehatkan dan enak.

Pisang

Pisang mengandung berbagai nutrisi seperti potasium, kalium dan serat yang dapat menjaga kesehatan jantung agar dapat bekerja secara optimal.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan pada umumnya mengandung protein nabati, zat besi, kalsium dan vitamin B. Anda dapat menambahkan 15 gram kacang-kacangan seperti kacang merah atau kacang tanah ke dalam masakan Anda. Selain menambah kelezatan, kacang-kacangan tersebut dapat mendukung dalam menyehatkan jantung. Tidak semua kacang-kacangan dapat dicampur dalam masakan. Kacang Almond yang dikenal sebagai camilan kacang yang enak, dapat dicampur dengan oatmeal sebagai sarapan sehat nan lezat. 1/4 cangkir Almond sangat baik untuk jantung Anda. Jenis kacang berikutnya yaitu Kenari. Senyawa alfa linolenik dalam kenari, dikenal dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

Sayuran hijau

Dengan adanya kandungan antioksidan, kalium, vitamin C, dan nutrisi lainnya dalam sayuran hijau, maka masalah jantung dapat berkurang. Masaklah sayuran dalam waktu yang secukupnya (tidak terlalu lama) karena akan banyak nutrisi yang hilang dari sayur tersebut.

Anggur

Anggur mengandung resveratrol yang dapat memperbaiki kinerja jantung, yaitu mengatasi penebalan dinding arteri jantung. Dengan mengonsumsi jus anggur setiap hari, kadar oksida nitrat dalam darah akan bertambah dan mencegah terjadinya serangan jantung.

Apel

Penelitian terhadap apel  menghasilkan kenyataan bahwa apel secara signifikan menurunkan kadar lemak dalam darah pada wanita menopause. Wanita menopause beresiko tinggi terkena serangan jantung dan stroke. Mengonsumsi buah setiap hari selama 6 bulan terbukti dapat menurunkan kolestrol hampir 25%. Kadar kolesterol jahat (LDL) yang mengendap pada arteri dan menyebabkan pembekuan darah dekat jantung ini, dapat turun dalam kadar yang tinggi.

Bawang

Selain sebagai penyedap masakan, bawang dikenal juga sebagai salah satu elemen pengobatan sejak dahulu. Para ahli terkini, telah mempelajari kandungan-kandungan yang terdapat di dalam bawang, seperti hydrogen sulfida. Hydrogen sulfida dalam jumlah yang kecil dapat melindungi jantung. Cobalah mencincang satu siung bawang putih mentah yang  kemudian dicampur dengan yogurt atau madu. Setelah itu, silahkan mengunyah permen karet atau daun mint untuk menghilangkan bau mulut akibat mengonsumsi bawang.

Teh

Antioksidan telah dikenal sebagai senyawa yang dapat menyehatkan jantung. Senyawa tersebut dapat ditemukan pada minuman teh. Studi terhadap teh telah membuktikan bahwa minuman ini dapat meningkatkan aliran darah dalam arteri koroner. Beberapa cangkir teh setiap hari dapat dikonsumsi sambil menikmati camilan.

Ikan laut

Kebanyakan ikan laut mengandung vitamin B12 dan B6, yang membantu tubuh menghasilkan serotonin. Selain itu, ikan laut juga mengandung asam lemak omega 3. Dengan adanya asam lemak omega 3 ini,  risiko penyakit jantung dapat berkurang. Ikan salmon dan sarden adalah contoh ikan laut yang dapat dikonsumsi. Mengonsumsi ikan laut sebanyak 2x dalam seminggu dapat membantu menyehatkan jantung.

Jeruk

Jeruk mengandung pektin yang dapat  menetralkan protein galektin-3 yang merusak sel-sel jaringan pada jantung. Selain itu, pektin juga berfungsi menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung.

Blueberry

Buah berwarna biru keungunan ini kaya akan vitamin C, zat antioksidan serta rendah kalori, sehingga sangat baik bagi kesehatan jantung Anda. Senyawa antosianin dalam blueberry, dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskuler. Mengonsumsi tiga cangkir blueberry dapat mengurangi resiko penyakit jantung yaitu dengan mengurangi plak yang menempel pada pembuluh arteri jantung, serta memperkuat otot jantung.

Dark chocolate

Dark chocolate atau cokelat hitam adalah cokelat yang memiliki kadar kakao kurang lebih 75 %. Cokelat mengandung senyawa flavonoid yang meningkatkan aliran darah ke jantung, sehingga dapat mencegah terjadinya serangan jantung. Tidak ada salahnya apabila Anda mengonsumsi cokelat hitam setiap harinya untuk menyehatkan jantung Anda.

Ubi jalar

Makanan rakyat yang murah dan enak ini, memiliki khasiat yang luar biasa untuk organ manusia yang paling penting, yaitu jantung. Kandungan betakaroten, antioksidan, vitamin B6, kalium dan mineral dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda. Rasa yang lezat dan manis alami dari Ubi Jalar ini membuatnya tidak perlu diolah dengan susah payah. Cukup direbus, maka Anda sudah dapat menikmatinya.

Madu

Madu dikenal sebagai pemanis alami yang memiliki berbagai khasiat super dalam tubuh manusia, salah satunya yaitu untuk organ tubuh paling penting, jantung. Madu mengandung gula, enzim, vitamin dan garam mineral yang menjadikan otot jantung semakin kuat. Dengan membiasakan diri memakan 2-3 sendok makan per hari, dapat menjaga kesehatan serta mengobati penyakit jantung.

Telur

Telur dikenal memiliki kandungan lemak yang tinggi dalam kuningnya. Meskipun demikian, telur juga menjadi salah satu makanan yang dapat menyehatkan jantung. Telur mengandung vitamin B6 dan kolin yang dapat memperbaiki kesehatan jantung. Namun, tetap saja tifak baik mengonsumsi telur terlalu sering, karena kandungan kolesterolnya yang tinggi.

Kopi

Para ahli telah menemukan adanya kontribusi kopi terhadap kesehatan jantung. Konsumsi 2 cangkir kopi sehari dapat memperkuat jantung. Namun, jika dikonsumsi lebih dari 2 cangkir, maka kopi tidak lagi bermanfaat, namun akan menjadi makanan yang berbahaya bagi jantung Anda.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here