Bahaya Kekurangan Vitamin Pada Tubuh
Bahaya Kekurangan Vitamin Pada Tubuh

Inilah 5 Bahaya Kekurangan Vitamin Pada Kesehatan Tubuh

Posted on

Tubuh manusia mengirimkan sinyal setiap kali ada masalah, termasuk ketika kekurangan nutrisi atau zat gizi tertentu. Sinyal yang dikirimkan tubuh tersebut perlu Anda ketahui, supaya segera disadari bahwa ada sesuatu yang salah, dan mencegah terjadinya gangguan yang lebih lanjut di dalam tubuh. Jadi, apa saja tanda-tanda yang tampak pada tubuh Anda ketika kekurangan vitamin? Inilah indikator paling umum ketika tubuh kekurangan vitamin:

1. Retak pada sudut bibir

Gejala ini biasanya terkait dengan kekurangan vitamin B, terutama riboflavin (B2), niasin (B3), dan kobalamin (B12), juga kurangnya mineral zinc dan zat besi. Retak pada sudut bibir biasa dialami pada orang yang menjalani diet vegetarian, karena mereka tak makan daging yang merupakan sumber terbanyak vitamin B. Solusinya, konsumsilah lebih banyak kacang-kacangan, tomat, wijen, dan lobak. Meningkatkan asupan vitamin C juga dianjurkan, karena dapat membantu mempermudah penyerapan zat besi di dalam tubuh Anda.

2. Ruam dan rambut rontok

Gejala ini menunjukkan bahwa tubuh Anda kekurangan seng, vitamin B7 (biotin) dan vitamin yang larut dalam lemak , yaitu vitamin A, D, E dan K. Kerontokan rambut berhubungan langsung dengan kekurangan seng, sedangkan rendahnya kadar zat besi memengaruhi penyembuhan luka, kulit kering, ruam, serta timbulnya bintik-bintik merah dan memar gelap. Terlalu banyak makan telur juga bisa menyebabkan Anda mengalami kekurangan vitamin B7, karena protein dalam telur menghambat penyerapan vitamin ini. Untuk mengatasi gejala ini, konsumsilah lebih banyak biji-bijian, produk susu, alpukat, jamur kancing, raspberry, dan pisang.

Bahaya Kekurangan Vitamin A
Bahaya Kekurangan Vitamin A

3. Jerawat

Jerawat muncul saat tubuh Anda kekurangan asam lemak esensial yang baik , serta vitamin A dan D. Atasi dengan konsumsi lebih banyak ikan, almond, dan kenari sebagai sumber lemak baik, serta wortel, ubi jalar, dan paprika merah untuk meningkatkan kadar vitamin A dalam tubuh.

4. Kesemutan di tangan dan kaki

Kemungkinan besar Anda kekurangan vitamin B, khususnya vitamin B6 (piridoksin), B9 (asam folat) dan B12 (kobalamin). Solusinya adalah dengan makan asparagus, bayam, sayuran hijau, kacang-kacangan, telur, dan makanan laut.

5. Kram di kaki

Kram terjadi akibat tubuh Anda kekurangan potasium, kalsium, dan magnesium. Jika Anda biasa berolahraga berat dan melelahkan, tubuh Anda cenderung akan kehilangan sejumlah besar mineral dan vitamin yang larut dalam air, seperti vitamin B. Hal ini karena vitamin yang larut dalam air ikut keluar bersama dengan keringat yang berlebihan. Solusinya bukan dengan menghentikan olahraga, tetapi dengan meningkatkan asupan pisang, hazelnut, almond, labu, ceri, apel, brokoli, jeruk, kubis, dan bayam.

Bahaya Kekurangan Vitamin D
Bahaya Kekurangan Vitamin D

Selain gejala di atas, waspadai gejala spesifik berikut yang merupakan tanda bahwa Anda kekurangan vitamin:

  • Kekurangan vitamin A menyebabkan kelelahan, penglihatan buruk pada malam hari, kulit kusam, dan gusi berdarah.
  • Kekurangan vitamin B1 menyebabkan insomnia, kelelahan, kelemahan otot, depresi, lekas marah, penurunan berat badan, dan masalah dengan jantung dan saluran pencernaan.
  • Kekurangan vitamin B2 menyebabkan iritasi mata, kulit berminyak, serta ruam kulit dan peradangan.
  • Kekurangan vitamin B3 menyebabkan sakit kepala, bau mulut, kecemasan, bisul, masalah usus, dan nafsu makan yang buruk.
  • Kekurangan vitamin B5 menyebabkan timbulnya kram, kelelahan, aritmia jantung, mual, dan insomnia.
  • Kekurangan vitamin B6 menyebabkan insomnia, anemia, masalah kulit, rambut rontok, kram, dan retensi cairan.
  • Kekurangan vitamin B12 menyebabkan kelelahan, diare, depresi, kehilangan nafsu makan, kecemasan, peradangan pada rongga mulut, dan ketidakseimbangan hormon.
  • Kekurangan vitamin C menyebabkan lambatnya penyembuhan luka, pendarahan hidung dan gusi, sakit dan radang sendi, gangguan pencernaan, anemia, dan memar.
  • Kekurangan vitamin D menyebabkan tulang lemah, rakhitis, kerusakan gigi, batu ginjal, kelemahan otot, dan terganggunya penyerapan kalsium.
  • Kekurangan vitamin E menyebabkan anemia, kecemasan, masalah kesuburan, gangguan refleks, kesulitan untuk bergerak dan menjaga keseimbangan.

Gravatar Image

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.