Inilah 7 Khasiat Minyak Zaitun untuk Perawatan Tubuh dan rambut - Articles.id - Direktori Artikel Indonesia
Wednesday , July 26 2017
Home / Kecantikan / Inilah 7 Khasiat Minyak Zaitun untuk Perawatan Tubuh dan rambut

Inilah 7 Khasiat Minyak Zaitun untuk Perawatan Tubuh dan rambut

Minyak zaitun memang telah lama dikenal khasiatnya untuk kecantikan kulit, bahkan sejak zaman mesir kuno. Minyak zaitun juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan dasar untuk poduk-produk kecantikan. Hal ini dikarenakan kandungan alami di dalam minyak zaitun mampu merawat kulit menjadi lebih sehat, tanpa menimbulkan efek samping apapun.

Minyak zaitun kaya akan nutrisi. Kandungan di dalam minyak zaitun antara lain adalah vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, asam lemak omega-3, polifenol, squalene, dan mineral (kalsium, kalium, zat besi). Dimana kandungan yang paling tinggi adalah vitamin A dan E.

Kandungan vitamin pada minyak zaitun ini berkhasiat untuk menutrisi kulit. Kandungan vitamin A berguna meregenasi sel-sel kulit, vitamin B mengurangi flek hitam, vitamin C untuk membuat kulit menjadi lebih cerah, vitamin E berguna sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari paparan sinar matahari, vitamin K untuk meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Kolagen merupakan protein yang berguna menjaga elastisitas kulit, sehingga kulit tidak mudah kendur.

manfaat minyak zaitun bagi kesehatan tubuh dan rambut

Dikutip dari beautyandtips, berikut beberapa khasiat minyak zaitun untuk perawatan tubuh dan rambut:

  1. Mandi dengan Minyak Zaitun

Jika anda ingin mendapatkan kulit tubuh yang halus dan lembut seperti bayi, anda dapat mencoba mandi dengan menggunakan minyak zaitun. Caranya:

  • Siapkan air dalam bak mandi atau bak kecil
  • Masukkan 5 sendok makan minyak zaitun ke dalam bak tesebut
  • Ratakan minyak zaitun dalam air
  • Gunakan air campuran minyak zaitun untuk membasuh tubuh, pijat-pijat dengan lembut agar kandungan minyak zaitun dapat meresap ke dalam kulit
  • Selesai mandi, biarkan tubuh anda kering dengan sendirinya
  1. Minyak Zaitun untuk Lotion tubuh

Selain menggunakannya untuk mandi, anda juga dapat memanfaatkan minyak zaitun untuk lotion tubuh (body lotion). Tuangkan sedikit minyak zaitu pada telapak tangan, lalu ratakan pada kaki dan tangan. Jika anda terganggu dengan minyak pada tubuh, anda dapat membeli krim body lotion dari ekstak minyak zaitun. Pemakaian minyak zaitun sebagai body lotion dapat melindungi kulit dari efek sinar UV.

  1. Minyak zaitun untuk pembersih make up

Minyak zaitun juga dapat dimanfaatkan untuk menghapus sisa make up pada wajah. Anda dapat menuangkan beberapa tetes minyak zaitun pada kapas. Kemudian, oleskan dengan lembut pada wajah untuk menghapus make up. Terakhir, untuk menghapus sisa minyak, anda dapat membilas wajah dengan air hangat.

Minyak zaitun juga mampu menghapus make up tahan air dan make up di sekitar mata. Namun anda harus berhati-hati, karena jika mengenai mata akan terasa perih.

  1. Minyak zaitun untuk krim mata

Kandungan vitamin E dan vitamin K pada minyak zaitun berkhasiat untuk mengurangi lingkaran hitam di area kulit mata. Selain penggunaan secara teratur juga dapat menghapus garis-garis halus di sekitar mata.

Anda cukup mengoleskan minyak zaitun pada kulit di bawah mata dengan perlahan (area kulit bawah mata sangat tipis, jadi jangan menekannya terlalu keras).  Lakukan perawatan ini setiap malam sebelum tidur, lalu diamkan hingga pagi. Keesokan paginya, bilas kulit dengan air hingga bersih.

masker alami

  1. Minyak zaitun untuk masker wajah

Minyak zaitun sangat baik digunakan untuk masker wajah. Selain melembutkan, minyak zaitun juga mampu mengatasi masalah kulit kering. Untuk membuat masker wajah dengan minyak zaitun, anda dapat menambahkan kuning telur untuk mencerahkan wajah. Caranya:

  • Campurkan 1 buah kuning telur dengan 1 sendok makan minyak zaitun
  • Oleskan pada wajah hingga merata
  • Diamkan selama 15 menit
  • Bilas dengan air hingga bersih
  • Lakukan perawatan ini 1-2 kali seminggu untuk mencerahkan wajah.
  1. Minyak zaitun untuk rambut

Tak hanya untuk kulit, minyak zaitun juga bermanfaat untuk rambut. Minyak zaitun dapat membuat rambut menjadi lembut dan lebih lurus. Anda dapat menggunakan minyak zaitun pada rambut anda semalaman. Keesokan paginya, cuci rambut dengan sampo. Rambut pun akan terlihat lebih lurus, mudah ditata, dan lembut.

Jika anda ingin hasil yang lebih optimal, anda dapat mencampurkan kuning telur dan minyak zaitun untuk masker rambut. Caranya:

  • Campurkan 1 buah kuning telur dengan 2 sendok makan minyak zaitun
  • Usapkan pada rambut hingga merata
  • Diamkan selama 15 menit
  • Bilas dengan sampo hingga bersih
  1. Minyak zaitun untuk perawatan kuku

Minyak zaitun mampu menguatkan, membersihkan, dan membuat kuku lebih mengkilap. Caranya mudah, yaitu:

  • Siapkan air hangat dalam baskom
  • Tambahkan 5 sendok makan minyak zaitun
  • Rendam kuku anda selama 15 menit
  • Lakukan perawatan ini 2 kali seminggu untuk memperoleh kuku yang cantik

Demikianlah 7 khasiat minyak zaitun untuk perawatan tubuh dan rambut. Mulai sekarang, jangan lupa untuk selalu menyediakan minyak zaitun di meja rias anda ya? Semoga dapat bermanfaat.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

kulit wajah kering

Cara Merawat Wajah Kering dan Kusam Secara Alami

Kulit wajah kering (xerosis atau asteatosis) merupakan kondisi dimana kulit kehilangan kelembabannya sehingga tampak pecah-pecah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *