Inilah Alasan Kenapa Anda Harus Menjadi Pengusaha Muda

Posted on

Seorang pengusaha muda adalah seorang yang mempunyai gairah dalam menghasilkan produk tertentu dan mendistribusikannya kepada konsumen untuk memperoleh keuntungan. Pengusaha muda biasanya lebih energik untuk mengambil bagian dalam semua kegiatan kewirausahaan mereka. Mereka bekerja keras untuk membangun diri di usia yang sangat muda terutama pada sektor komersial.

Tidak ada batasan minimal usia bagi pemuda yang ingin menjadi pengusaha muda. Namun usia ideal yang bisa dikatakan sebagai pengusaha muda adalah mereka yang baru saja lulus dari sekolah menengah atas. Di usia tersebut, pemikiran mereka juga lebih matang terlebih mereka juga dituntut untuk mengejar gelar atau diploma.

Alasan kenapa usia muda merupakan usia yang cocok untuk memulai berbisnis karena remaja memiliki tanggung jawab yang lebih rendah daripada orang dewasa. Mereka belum mempunyai tanggungan lainnya seperti menafkahi istri ataupun anak. Selain itu, remaja juga memiliki jumlah waktu luang yang lebih besar untuk bisa memanfaatkan; bertentangan dengan orang dewasa, mereka menghabiskan sebagian besar hari mereka untuk berfikir bagaimana memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Selain itu, kebanyakan pemuda memiliki tingkat penasaran yang tinggi. Mereka sangat suka mencoba hal-hal yang baru. Dengan begitu, pengusaha muda akan terus berinovasi dalam membuat produk-produk baru agar bisa memenuhi kebutuhan permintaan pasar.

Di usia yang masih remaja, pengusaha muda juga penuh dengan imajinasi. Sehingga pengusaha muda memiliki banyak ide di pikirannya untuk dijadikan sebagai bisnis baru.

Walaupun kurangnya pengetahuan dan pengalaman para pengusaha muda menyebabkan resiko yang akan mereka dapatkan lebih besar. Pengusaha muda tetap bisa membangun kewirausahaan dengan pengetahuan yang ia miliki. Seiring dengan berjalannya waktu, pengusaha muda pun akan memiliki banyak pengalaman dengan berbisnis.

Halangan lain yang dihadapi pengusaha muda adalah kurangnya modal yang ia miliki. Namun janganlah Anda berkecil hati dulu, karena setiap kemauan pasti akan ada jalannya. Mengingat pentingnya akan keberadaan pengusaha muda ini, banyak institusi pendidikan maupun non-pendidikan yang menggalakkan pemuda-pemuda agar mau menjadi pengusaha dan mengajak untuk memulai berbisnis. Banyak program-progam pemerintah yang mau memberikan pinjaman kepada pemuda yang ingin memulai usaha.

Jika Anda adalah seorang mahasiswa, coba ikutilah berbagai macam lomba-lomba ide bisnis atau pekan kreativitas mahasiswa yang diadakan secara rutin. Dengan mengikuti kegiatan-kegiatan yang positif, selain Anda bisa mendapatkan pinjaman modal, Anda juga bisa mendapatkan jaringan bisnis atau network. Network merupakan salah satu modal penting jika Anda ingin memulai berbisnis. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan bimbingan dari mentor-mentor bisnis yang sudah mempunyai pengalaman. Anda bisa belajar dari kesuksesan maupun kegagalan mereka.

Namun seorang pengusaha muda harus siap untuk mengawasi hampir semua kegiatan bisnisnya. Pengusaha muda juga perlu mempersiapkan diri untuk bekerja dan menyelesaikan tugas secara efektif. Para pengusaha muda harus mempersiapkan dirinya secara mental. Ketika dihadapkan pada pilihan tersulit pun, pengusaha muda harus berani mengambil keputusan walaupun berarti mengambil resiko.

Kegiatan bisnis pasti akan menuntut Anda untuk bekerja berjam-jam dan harus mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Namun ternyata hal tersebut dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Walaupun kegiatan bisnis sangat melelahkan, bagi Anda pengusaha muda, kesehatan tetaplah poin penting yang harus Anda jaga.

Menjadi muda tidak berarti Anda mempunyai kontribusi yang rendah dan bertindak kecil. Mulailah dengan apa yang Anda miliki sekarang. Jadilah pengusaha muda agar menjadi orang yang bermanfaat bagi keluarga maupun masyarakat. Pengusaha muda tidak takut untuk mencoba hal-hal baru sehingga ia lebih berpotensi untuk sukses dalam usia muda.

Gravatar Image

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.