Inilah Bahaya Penyakit Jantung Serta Cara Mengatasinya

2
49

Anda tentunya mengetahui bahwa jantung merupakan salah satu organ utama yang memiliki peran crucial/ penting dalam tubuh manusia. Jantung yang dalam definisi dunia kesehatan dijelaskan sebagai sebagai rongga otot dengan banyak pembuluh darah ini memiliki peran untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh( sistem peredaran darah). Sehingga menjaga kesehatan jantung adalah hal penting yang tidak boleh anda remehkan, apalagi acuhkan.

Jika bicara mengenai jantung, tentunya salah satu poin yang pasti terkait adalah masalah penyakit jantung, penyakit jantung sendiri merupakan salah satu penyebab kematian terbanyak di dunia. Menurut data WHO, angka kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung di dunia pada 2005 silam berada pada angka 17,5 juta jiwa atau sebanding dengan 30 % dari 58 juta kematian. Meski belum resmi, namun WHO juga memprediksi bahwa pada tahun 2015 akan terjadi peningkatan angka kematian akibat penyakit jantung sebesar 20 juta jiwa.

Setelah melihat statistik tersebut, barang tentu anda harus mulai mawas diri pada penyakit yang diakibatkan kegagalan fungsi organ yang dikenal dengan nama cardiac dalam bahasa Yunani ini. Penyakit jantung sendiri dapat muncul dikarenakan beberapa faktor, beberapa diantaranya adalah:

  • Faktor usia

Faktor usia adalah faktor alami yang dapat menjadi penyebab penyakit jantung , dimana terjadi penurunan kinerja organ tubuh yang memungkinkan anda mengalami masalah dengan penyakit kardiovaskular( termasuk penyakit jantung).

  • Faktor genetik

Faktor yang satu ini terkait dengan riwayat penyakit jantung dalam keluarga anda. Apabila keluarga anda memiliki riwayat penyakit jantung , maka resiko bahwa anda akan mengalami penyakit ini juga meningkat.

  • Konsumsi makanan

Penelitan terbaru dari McMaster University mengungkapkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan yang digoreng, berdaging dan mengandung banyak garam memiliki resiko terkena penyakit jantung lebih tinggi, yaitu sebesar 35 %.

  • Pemaksaan kinerja jantung

Anda mungkin pernah mendengar mengenai atlit-atlit sepak bola yang mengalami gagal jantung di tengah pertandingan sepak bola, hal tersebut dapat terjadi dikarenakan pemaksaan aktivitas jantung melebihi batas.

Untuk gejala yang dialami oleh penderita penyakit jantung, biasanya penderita akan mengalami beberapa hal seperti:

  • Rasa sesak seakan jantung sedang tertekan.
  • Nyeri pada dada.
  • Sesak nafas yang diiringi dengan keringat dingin dan kesemuta pada area lengan, punggung dan lain-lain.
  • Mudah kelelahan dan memiliki masalah kesulitan tidur.

Guna menghindarkan anda dari penyakit kardiovaskular berbahaya ini, ada beberapa pencegahan efektif yang dapat anda terapkan dalam kehidupan anda, yaitu:

  • Pengaturan pola makan sehat

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa makanan juga menjadi salah satu faktor penyebab penyakit jantung, terutama makanan berminyak, berlemak dan bergaram tinggi. Secara sederhana dapat diintepretasikan bahwa anda harus menghindari makanan fast food/ cepat saji dan beralih ke pola makanan sehat, namun tidak berlebih( mencegah obesitas).

  • Berhenti merokok

Studi penelitian terakhir menjelaskan bahwa mengurangi jumlah rokok yang dikonsumsi tidak mengurangi resiko terkena penyakit jantung, namun untuk mengurangi resiko tersebut, seseorang dituntut untuk benar-benar berhenti merokok.

  • Pengecekan tekanan darah

Tekanan darah yang terbilang berada pada angka normal adalah 115/75. Jika tekanan darah anda berlebih, cara terbaik untuk menurunkannya adalah dengan berolahraga secara teratur. Berolahraga juga membantu menghilangkan lemak di beberapa are tubuh seperti perut yang dapat menutupi organ-organ utama tubuh.

Untuk bagian yang satu ini, anda dapat mencobanya dengan mengonsumsi 250 gr kacang-kacangan setiap harinya. Kacang mengandung omega 3, serat dan protein tinggi yang sangat baik untuk kesehatan jantung.

2 COMMENTS

  1. Penyakit jantung adalah Pembunuh nomor 1 didunia, kita harus mewaspadai penyakit jantung ini, salah satu penyeabnya adalah Kolesterol,. koelsterol dapat memicu terjadinya serangan jantung dan Stroke di usia dini,. penyebab kolesterol darah tinggi yaitu tidak terkontrolnya lemak darah di dalam tubuh,. hal ini dikarenakan mengkonsumsi makan yang tinggi lemak dan kolesterol,. hindarilah kolesterol tinggi, perbanyak mengkonsumsi buah dan sayur serta olahraga yang teratur dan istirahat yang cukup,. artikelnya sangat bermanfaat…..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here