Diskon Belanja Harus Anda Sikapi Dengan Benar Jika Ingin Untung, Begini Caranya!

0
15

Diskon belanja merupakan hal yang amat dinanti-nantikan oleh konsumen. Tak sedikit dari mereka yang mengincar suatu produk mahal dan berniat membelinya ketika harga barang tersebut didiskon. Memang tak ada jadwal khusus kapan suatu barang akan dijual murah, akan tetapi biasanya pada hari-hari besar, liburan atau menjelang momen Lebaran, Natal dan Tahun Baru, pusat-pusat perbelanjaan dan toko-toko menawarkan diskon besar-besaran. Pada momen-momen tersebutlah, konsumen yang telah mengindent barang secara tidak resmi akan bersegera datang untuk memastikan apakah barang yang mereka ingin beli masih terpajang rapi dan masuk dalam kategori barang-barang yang didiskon.

Sementara itu bagi konsumen lain yang tidak atau belum memiliki ‘barang incaran’, iming-iming cuci gudang, midnight sale, jual rugi dan yang semacamnya mengundang mereka datang baik untuk sekadar melihat-lihat ataupun berburu diskon. Sayangnya, banyak konsumen yang kecewa karena diskon belanja yang mereka dapatkan tidak sesuai dengan yan mereka harapkan. Ini umumnya disebabkan informasi yang keliru, ketidaktelitian atau keengganan bertanya dan memastikan harga suatu barang setelah didiskon. Well untuk terhindar dari hal-hal yang demikian, Anda bisa menggunakan beberapa rahasia di bawah ini;

  • Tulisan dengan Font besar adalah diskon maksimal

Diskon belanja sebuah toko atau sebuah pusat perbelanjaan biasanya diikanlankan melalui berbagai media mulai dari baliho, poster, selebaran, banner hingga iklan surat kabar. Iklan-iklan tersebut biasanya memuat angka diskon tertentu dalam font yang besar, semsal diskon 70%, 75% persen hingga 80%. Anda harus jeli membaca iklan yang demikian sebab angka-angka yang tercetak besar tersebut biasanya adalah diskon maksimal.

Ini berarti bahwa ada berbagai macam diskon di bawahnya dan bisa jadi, hanya ada sedikit barang yang didiskon dengan ukuran maksimal seperti tercantum dalam iklan. Karena itu, pastikan Anda meneliti seluruh bagian iklan karena keterangan semisal s/d (sampai dengan) yang menunjukkan bahwa angka tersebut adalah diskon maksimal biasanya tertulis sangat kecil dan di tempat yang biasanya luput dari pandangan mata.

  • Perhatikan Syarat dan Ketentuan Berlaku

Selain keterngan s/d yang dicetak kecil dan nylempit, bagian iklan diskon belanja yang juga banyak tidak diperhatikan adalah keterangan ‘syarat dan ketentuan berlaku, S & K berlaku atau terms and condition apply.’ Ini berarti bahwa diskon belanja bisa Anda dapatkan jika Anda memenuhi syarat dan ketentuan tertentu yang, demi alasan efektivitas dan sebagai bentuk strategi promosi, biasanya tidak dicantumkan di dalam  iklan.

Syarat dan ketentuan tersebut bisa bermacam-macam dan sesuai kebijakan toko. Ada kalanya Anda berhak mendapatkan diskon belanja jika telah berbelanja sekian rupiah, menggunakan kartu kredit tertentu, jika membeli dari satu merk atau kategori yang sama dan lain sebagainya. Karena itu, sangat penting untuk menjadi pembeli dan atau konsumen yang kritis serta memastikan syarat dan ketentuan ataupun besaran diskon sehingga Anda tidak akan terkejut ketika mengurus pembayaran di kasir.

  • Seringkali Berlaku pada Item atau Kategori Tertentu

Hal lain yang perlu Anda sadari adalah bahwa diskon belanja yang ditawarkan sebuah toko atau sebuah pusat perbelanjaan kadangkala hanya berlaku pada sebagian item atau kategori saja. Kecuali Anda mendapatkan keterangan di iklan dan dikonfirmasi oleh pramuniaga bahwa semua barang didiskon tanpa terkecuali, Anda bisa mengabaikan point ini. Namun demikian, hal demikian sangat sulit dan jarang terjadi kecuali pada toko yang akan cuci gudang dan atau gulung tikar. Karena itulah, selain bertanya pada pramuniaga, pastikan Anda meneliti iklan diskon serta memerhatikan seluruh tulisan di dalam toko yang menginformasikan besaran diskon pada sebuah kategori atau item tertentu.

  • Bandingkan dengan Harga Normal

Banyak yang percaya bahwa diskon belanja yang ditawarkan sebuah toko atau sebuah pusat perbelanjaan hanyalah taktik management untuk menghabiskan barang lama sehingga toko bisa men-display barang baru. Caranya adalah dengan menaikkan harga barang kemudian menawarkan diskon dengan angka dan pasaran yang bombastis. Ini dianggap efektif meningkatkan angka penjualan, utamanya barang-barang yang lama tidak laku, karena pembeli akan tersugesti bahwa ia beruntung mendapatkan diskon belanja dan mendapat harga yang dianggap murah.

Sebagai pembeli dan konsumen cerdas, Anda tentu tidak ingin kecolongan membeli barang dengan harga yang tidak jauh dari harga asli sebelum periode diskon. Untuk itu, Anda tinggal membandingkan harga umum suatu produk—berdasarkan pengalaman belanja, bahan dan model suatu produk—dengan harga setelah diskon. Jika jarak harganya tidak terlalu jauh, maka toko yang menjual barang tersebut benar-benar menggunakan taktik di atas sehingga diskon belanja yang ditawarkan sebenarnya semu.

  • Cross-Check di Toko Lain

Ketika sebuah toko atau pusat perbelanjaan menggelar periode promo dan diskon belanja, tak jarang mereka menyebarkan brosur sejenis katalog yang mendaftar barang-barang yang didiskon berikut harga setelah diskon. Katalog yang demikian dapat berguna bagi Anda untuk memastikan ‘ketulusan’ toko tersebut menawarkan diskon belanja. Caranya adalah dengan membandingkan harga diskon dengan harga di toko lain. Jika harganya diskon memang cukup berbeda dengan harga normal di toko lain, maka Anda bisa segera berburu diskon. Akan tetapi jika tidak, Anda perlu berhati-hati terhadap periode-periode promo lain yang ditawarkan sebuah toko atau pusat perbelanjaan tertentu sebab bisa jadi mereka tidak benar-benar menawarkan diskon belanja.

  • Memerhatikan Tanggal dan atau Jam Berlakunya Diskon

Hal penting lain yang harus Anda perhatikan adalah tanggal dan atau jam berlakunya diskon belanja. Masing-masing toko dan pusat perbelanjaan memiliki ketentuan dan kebijakan yang berbeda dalam mengatur promo diskonnya. Ada yang menggelarnya pada jam-jam tertentu saja, pada hari-hari tertentu atau dalam durasi tertentu. Pastikan Anda tidak berpedoman pada kebiasaan sebuah toko dalam mengatur diskon ketika berbelanja di toko lainnya.

Perubahan kebijakan mengenai diskon di sebuah toko juga bisa terjadi sehingga Anda perlu banyak memperhatikan keterangan dan tulisan-tulisan tempelan di seluruh bagian toko agar tidak kecolongan. Banyak juga yang menganggap diskon masih berlaku karena spanduk, baliho atau tempelan-tempelan poster iklan di sebuah toko belum dicabut atau diganti. Karena itulah, perhatikan baik-baik tanggal atau berlakunya diskon agar Anda benar-benar dapat menikmati diskon belanja.

Pedoman ini juga berlaku ketika Anda mendapatkan voucher diskon belanja di suatu toko atau pusat perbelanjaan tertentu setelah membeli produk dan menggunakan jasa merchant toko yang bersangkutan. Perhatikan baik-baik tanggal dan jam berlaku serta syarat dan ketentuan yang ditetapkan. Ini penting Anda ingat sebab tidak sedikit voucher diskon belanja yang tidak dapat digunakan hanya karena expired dalam hitungan hari atau bahkan jam.  

  • Mengenali Pola Diskon Masing-masing Toko dan Pusat Perbelanjaan

Point terakhir ini utamanya berlaku bagi Anda yang gila belanja ataupun rutin mengunjungi pusat perbelnjaan dan toko-toko untuk berburu diskon. Dengan mengenali pola dikson masing-masing toko dan pusat perbelanjaan yang bisa dipastikan berbeda, Anda cenderung akan terhindar dari jebakan diskon. Anda yang masuk dalam kategori ini biasanya juga tidak akan sungkan bertanya kepada pramuniaga sampai mendapat info sejelas dan sedetail mungkin. Selain ‘selamat‘ dari iklan yang mengecoh, mengeali pola diskon masing-masing toko dan pusat perbelanjaan juga akan memudahkan Anda mendapat diskon di saat-saat pertama periode diskon belanja dimulai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here