Inilah Daftar Antioksidan Alami Yang Dapat Mencegah Penuaan Dini

0
10

Meskipun banyak majalah-majalah kecantikan yang menawarkan produk anti penuaan (anti-aging) mewah dengan harga yang menjanjikan, perlu kita sadari bahwa selama kita dapat bangun di setiap pagi hari maka menjadi tua adalah sebuah kenyataan yang tidak dapat kita hindari.

Mungkin  perkataan yang lebih tepat dibandingkan dengan “mencegah penuaan” adalah “menjalani proses penuaan yang lebih sehat”, dimana kita berusaha mengurangi risiko penurunan fungsi dan kesehatan tubuh diusia 30 tahunan sebagaimana saat kita diusia 20 tahunan, menjadi sesegar usia 30 tahunan saat kita diusia 40-50 tahunan, dan seterusnya.

Stress harian yang bertumpuk, ketahanan sel-sel yang semakin menurun, semakin lama kita hidup maka semakin banyak pula sel-sel tubuh yang mengalami oksidasi, yakni mengalami kerusakan akibat stress dan proses alamiah tubuh. Dr.Shukkit-Hale dan koleganya telah mempelajari beberapa jenis bahan makanan yang diketahui dapat memperbaiki kerusakan sel-sel tersebut bahkan mencegah berkembangnya kerusakan ketingkat yang lebih parah. Bahan-bahan makanan yang dipelajari tersebut juga terbukti membantu peningkatan fungsi dan jumlah sel pada otak.  Apa sajakah itu? Berikut diantaranya:

Brainberries

Brainberries adalah sebutan yang diberikan oleh Dr.Shukkit-Hale bersama koleganya James A. Joseph, PhD untuk buah blueberry, blackberry, cranberry, mulberry, rasberry, strawberry. Buah-buahan jenis berry tersebut kaya akan antioksidan polifenol yang mampu melindungi dari efek penuaan yang berpengaruh pada sistem saraf kognitif dan motorik. Mengkonsumsi secangkir buah berry segar sehari dapat mengurangi stress oksidasi pada sel-sel tubuh, meringankan peradangan, dan meningkatkan kinerja sel otak.

Paprika merah, jeruk, biji dan minyak bunga matahari

Buah-buahan dan sayur sumber vitamin C membantu mencegah penuaan dini pada kulit. Kacang dan minyak yang mengandung asam linoleat juga memberikan efek perlindungan yang serupa. Seiring dengan pertambahan usia, paparan sinar matahari, juga faktor-faktor yang lain, akan tampak bahwa wanita yang lebih banyak mengkonsumsi makanan sumber vitamin C dan asam linoleat akan memiliki lebih sedikit keriput, terhindar dari kulit kering dan atropi (proses penipisan lapisan kulit yang bertahap).

Cokelat

Kebanyakan diantara kita hanya menggunakan teh hijau sebagai sumber anti oksidan, padahal faktanya Cokelat mengandung kadar antioksidan phenolic phytochemicals yang cukup tinggi sehingga mampu melawan kerusakan oksidatif pada sel-sel tubuh. bahkan kandungan antioksidan pada cokelat lebih tinggi dibanding pada anggur, teh hijau, dan teh hitam. Kombinasikan cokelat murni dengan susu tanpa lemak, maka anda pun juga akan memperoleh manfaat susu untuk memperkuat tulang anda.

Bayam, kangkung, dan sayuran hijau lain

Inilah alasan lain untuk mengkonsumsi lebih banyak sayur: konsumsi lebih banyak sayur akan membantu mengurangi derajat penurunan fungsi kognitif yang sejalan dengan usia. Dr.Morris dan koleganya telah meneliti lebih dari 3700 orang yang berusia 65 tahun atau lebih, dan menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi sayuran hijau sebanyak 3-4 porsi sajian dalam sehari ternyata lebih sedikit mengalami penurunan fungsi ingatan, atau masalah kesehatan mental lain dibandingkan mereka yang mengkonsumsi kurang dari 1 porsi sajian sayuran hijau per hari.

Ikan

Ikan telah dikenal sebagai makanan untuk otak selama beberapa dekade, namun kini telah terbukti pula kemampuan kandungan pada ikan yang dapat mendukung ketahanan fungsi mental terhadap efek penuaan. Sebuah study menujukkan bahwa dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi kurang dari 1 porsi ika per minggu, mereka yang mengkonsumsi 1 porsi ika per minggu atau lebih menunjukkan rasio kejadian kemunduran fungsi kognitif yang lebih rendah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here