Inilah Dampak Negatif Sosial Media Bagi Para Remaja

Posted on

Saat ini hampir setiap orang memiliki smartphone. Smartphone seakan-akan telah menjadi gaya hidup manusia modern saat ini. Seiring dengan derasnya arus globalisasi ternyata sangat mempengaruhi kemajuan teknologi. Dengan semakin berkembangnya teknologi ternyata mampu merubah pola kehidupan masyarakat dewasa ini. Banyak aspek yang terpengaruh oleh kehadiran smartphone. Mulai dari bisnis, pendidikan, pergaulan atau sosial pun tidak terhindarkan.

Dengan kehadiran teknologi nan canggih tentu membawa pengaruh yang positif dan juga negatif. Semua itu tergantung pada bagaimana kita menggunakannya. Salah satu jenis kemajuan teknologi internet adalah hadirnya sosial media. Sosial media merupakan media bersosial yang mampu menghubungkan antara satu orang dengan orang lainnya.

manfaat sosial media

Sosial media berfungsi dimana seseorang dapat memiliki halaman pribadi (web page) yang dapat terhubung dengan banyak orang di seluruh dunia. Hal ini tentu sangat memudahkan bagi kita. Apa yang kita lakukan dan pikirkan dapat diketahui oleh orang lain dalam waktu yang sangat singkat. Sosial media pun dapat disebut sebagai media informasi yang sangat efektif.

Pengguna terbesar sosial media adalah berasal dari kalangan remaja. Remaja yang sangat identik dengan kemudahan dan suka sekali dengan sesuatu yang instan ternyata dapat dipenuhi oleh media sosial tertentu. Karena para remaja gemar dengan bersosial dan berhubungan dengan kawan-kawannya tentu media sosial adalah sarana yang sangat tepat. Akan tetapi, kebanyakan para remaja terlena dengan media sosial tersebut. Banyak pengaruh yang dapat dialami oleh para remaja. Secara garis besar pengaruh media sosial terhadap remaja adalah sebagai berikut:

Mengganggu Aktifitas Belajar

Salah satu fasilitas yang diberikan oleh platform media sosial adalah chatting. Dengan fasilitas ini seseorang dapat mengobrol sesama teman di media sosialnya. Selain itu, ia juga dapat melakukan video call yang mana ia dapat menelpon dengan bertatap muka secara langsung. Kemudahan fasilitas ini ternyata membawa dampak buruk bagi para remaja.

Remaja merupakan seseorang yang tergolong masih berada dalam usia produktif. Untuk itu seharusnya pada usia ini para remaja menghabiskan waktunya untuk belajar ilmu pengetahuan. Kewajiban utama para remaja untuk belajar ternyata seringkali dapat terganggu dengan adanya media sosial. Sebab, ketika remaja sedang asyik aktif di media sosial ia justru terlena dan lupa akan kewajiban belajarnya. Akhirnya waktunya habis dengan bermedia sosial. Hal inilah merupakan pengaruh negatif yang ditimbulkan oleh media sosial terhadap remaja.

Membuat Remaja Anti Sosial

Meskipun namanya adalah media sosial yang sebenarnya berguna untuk menjalin hubungan bersosial sebenarnya media sosial justru dapat berpengaruh sebaliknya. Banyak sekali remaja yang rajin di media sosial namun justru menjadi remaja yang anti sosial. Maksudnya adalah ketika para remaja sangat menikmati bermain media sosial seringkali mereka melupakan sosial terdekat mereka.

Kehidupan bersama keluarga dan teman terdekat di sekolah justru seringkali terabaikan. Sebab, remaja yang menghabiskan waktunya dengan berinteraksi melalui media sosial akan merasa nyaman karena ada yang menemani. Ia tidak sadar bahwa sosial terdekatnya adalah keluarga kemudia ia pun justru lebih enjoy menghabiskan waktu dengan smartphone daripada berkomunikasi bersama keluarga serta bermain bersama teman-teman. Kondisi seperti ini justru akan berpengaruh negatif terhadap tumbuh kembang anak. Mereka akan cenderung menjadi individu yang tertutup terhadap lingkungan sekitar terdekat.

Selain kedua pengaruh di atas tentu masih banyak lagi pengaruh negatif yang ditimbulkan oleh media sosial. Misalnya, tindak kejahatan, tindak penipuan, pencemaran nama baik, dan lain sebagainya. Jadi, solusinya adalah hendaknya para remaja membatasi waktu menggunakan media sosialnya dan lebih memperbanyak waktu berinteraksi sesama orang-orang terdekatnya.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.