Inilah Dampak Positif Bagi Tubuh Jika Banyak Mengonsumsi Minyak Kelapa

Posted on

Jika dulu minyak kelapa sangat dihindari penggunaannya ─dengan alasan menyebabkan peningkatan kadar kolesterol jahat LDL karena lemak jenuh yang dikandungnya─ kini minyak kelapa kembali menjadi primadona. Orang tak lagi takut mengonsumsinya, bahkan mencarinya untuk dikonsumsi begitu saja. Apa saja manfaat di balik minyak kelapa yang perlu Anda ketahui?

  1. Minyak kelapa merangsang proses pembakaran lemak dengan meningkatkan pengeluaran energi.

Obesitas merupakan salah satu masalah kesehatan terburuk di zaman modern. Kebanyakan orang berpikir bahwa penyebab obesitas hanyalah soal kalori, sementara yang lainnya sangat percaya bahwa penting juga untuk menentukan sumber kalori tersebut. Makanan yang berbeda akan mempengaruhi keseimbangan tubuh dan hormon dengan cara yang berbeda pula, yang berarti permasalahannya bukan sekedar pada kalori makanan tersebut.

Nah, minyak kelapa mengandung trigliserida rantai menengah yang akan meningkatkan pengeluaran energi. Sebuah studi menegaskan bahwa mengonsumsi 15 – 30 gram trigliserida rantai menengah per hari dapat meningkatkan pengeluaran energi sebesar 5 persen, atau sekitar 120 kalori per hari. Hal ini tentu saja akan berimbas pada penurunan berat badan yang sehat.

  1. Asam lemak dalam minyak kelapa berubah menjadi keton dan mengurangi kejang.

Banyak ilmuwan telah mempelajari apa yang disebut dengan diet ketogenik (tinggi lemak, rendah karbohidrat) mengenai efektivitasnya untuk mengatasi berbagai gangguan penyakit. Diet ketogenik secara signifikan mengurangi kejang pada anak penderita epilepsi, bahkan pada mereka yang tidak bisa meringankan kondisi mereka dengan obat-obatan. Trigliserida rantai menengah pada minyak kelapa ditransfer ke hati dan berubah menjadi keton, dan sering digunakan pada pasien yang didiagnosis epilepsi untuk mengurangi kejang dengan meningkatkan konsentrasi keton dalam darah.

  1. Asam lemak dalam minyak kelapa meningkatkan fungsi otak pada pasien dengan Alzheimer.

Penyakit Alzheimer adalah penyebab paling umum dari demensia, yang banyak diderita oleh kebanyakan orang tua. Di bagian tertentu pada otak pasien Alzheimer, glukosa tidak dapat digunakan untuk menyediakan energi. Penelitian telah menemukan bahwa asam lemak yang terkandung dalam minyak kelapa dapat meningkatkan keton darah yang memberi pasokan energi untuk sel-sel otak pada penderita Alzheimer, sekaligus meringankan gejala Alzheimer.

  1. Asam laurat pada minyak kelapa membunuh bakteri, virus dan jamur, serta menyembuhkan infeksi.

Setengah kandungan asam lemak dalam minyak kelapa adalah asam laurat dengan 12 rantai karbon. Ketika dicerna, asam lemak ini berubah bentuk menjadi monolaurin, sejenis Asam laurat dan monolaurin bersama-sama membunuh patogen berbahaya, seperti jamur, bakteri dan virus.

  1. Minyak kelapa membantu menekan nafsu makan dan membuat Anda makan lebih sedikit.

Salah satu fakta yang paling menarik minyak kelapa adalah kemampuannya untuk mengurangi rasa lapar. Sebuah penelitian yang melibatkan 6 orang yang mengonsumsi jumlah yang bervariasi trigliserida rantai panjang dan menengah. Ternyata, mereka yang mengonsumsi paling banyak trigliserida rantai menengah, mengonsumsi 256 kalori lebih sedikit per hari. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa orang yang makan paling banyak trigliserida saat sarapan, akan memasukkan lebih sedikit kalori saat makan siang.

  1. Minyak kelapa mengatur kolesterol darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Minyak kelapa kaya akan lemak jenuh, dan hal ini ternyata tidak mempengaruhi profil lemak darah seperti yang banyak orang duga Lemak jenuh memang meningkatkan kadar kolesterol jahat LDL, tapi juga sekaligus meningkatkan kolsterol baik HDL. Studi yang dilakukan pada manusia dan tikus menunjukkan bahwa asam lemak pada minyak kelapa mengatur kadar LDL, HDL, dan kolesterol total, yang semuanya memberikan kontribusi untuk penurunan risiko penyakit jantung.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.