Inilah Faktor Yang Menyebabkan Toko Online Anda Sepi Pembeli
Wednesday , July 26 2017
Home / Bisnis / Inilah Faktor Yang Menyebabkan Toko Online Anda Sepi Pembeli

Inilah Faktor Yang Menyebabkan Toko Online Anda Sepi Pembeli

Bisnis online merupakan primadona bisnis saat ini. Semua bisnis yang dulunya dijalankan dengan sistem offline kini berbondong-bondong ke sistem online. Bagi mereka yang berjualan barang rela merogoh anggaran yang luar biasa untuk mengonlinekan bisnisnya. Bahkan mereka yang menjual jasa pun turut menjajakkan jasanya melalui media internet. Memang, internet sangat menjanjikan peluang sukses lebih besar daripada sistem offline. Dengan mengonlinekan usaha maka bisnis anda bisa diakses oleh seluruh masyarakat di seluruh penjuru dunia tanpa harus ketemu. Inilah keunikan yang dikejar oleh para pengusaha online.

Salah satu strategi berjualan online adalah dengan cara membangun toko online. Toko online sejatinya sama dengan kerja toko offline. Hanya saja toko online ini memiliki sistem yang lebih simpel dan dapat dimaksimalkan. Namun, meskipun memiliki peluang yang terbilang besar sangat sayang karena faktanya masih banyak dari pengusaha online yang justru tidak merasakan manfaatnya. Justru sebaliknya mereka merasakan kerugian sebagaimana dialami sebagian besar pengusaha offline. Sebenarnya fenomena tersebut lebih dikarenakan sepinya pembeli dan sepinya pengunjung sehingga mempengaruhi minimnya pendapatan.

Dalam berbisnis memang selalu ada untung dan rugi. Bagi penjual yang merasakan penurunan omset penjualan barang dan paham tentang apa yang harus dilakukan tentu hal ini bukanlah suatu masalah. Yang menjadi masalah adalah ketika pengelola toko online merugi kemudian tidak tahu bagaimana dia harus bangkit dari kebangkrutan tersebut.

Sebenarnya faktor utama untung dan ruginya penjualan toko online terletak pada traffik atau pengunjung toko online. Rumus sederhanya adalah ketika banyak yang tahu toko online anda maka akan banyak yang melihat barang yang anda jual. Dan ketika banyak yang tertarik maka akan terjadi penjualan barang. Untuk mengantisipasi terjadinya kegagalan, sebagai pengusaha seharusnya mengetahui faktor sepinya pembeli di toko online anda sebagaimana berikut.

Toko online anda tidak rapi

Faktor pertama yang menyebabkan bisnis anda sepi ialah toko online yang tidak rapi. Kerapihan yang dimaksud di sini adalah kerapihan dari segi tata letak atau tampilan website toko online anda. Dan ketika tampilan toko online tidak teratur, barang-barang tidak tertata rapi, deskripsi barang tidak jelas maka hal inilah yang menyebabkan toko online anda sepi pengunjung. Sebab, mereka malas membuka-buka deskripsi barang yang anda tampilkan mungkin karena bingung akan tampilannya.

Untuk itu, agar toko online anda tidak sepi sebaiknya anda perbaiki dulu tampilan web toko online anda. Bersihkan dari hal-hal yang dapat mengganggu pengunjung toko anda. Buatlah menu navigasi di website serapi mungkin serta katalog produk serta deskripsinya sejelas-jelasnya sehingga calon pembeli tidak harus bertanya-tanya lagi kepada anda. Jika anda merasa tidak mampu mendesain toko online yang bagus tidak ada salahnya jika anda menggunakan jasa desain website toko online.

Barang Terlalu Mahal

Salah satu sifat mendasar pembeli ialah menginginkan barang yang bagus dengan harga yang minim. Hal ini tentu sangat wajar sehingga sebagai penjual sebaiknya mampu menyikapi hal itu dengan baik. Untuk itu, sebisa mungkin barang yang anda tawarkan tidak perlu terlalu mahal jika anda tidak ingin kehilangan calon pelanggan. Dan untuk menyikapi hal itu sebaiknya anda melakukan survey terlebih dahulu sebelum memasang harga pada produk online anda. Anda bisa saja melakukan survey kepada toko online pesaing anda. Atau anda juga bisa menyikapinya dengan cara berbelanja barang dengan cara grosir ke produsen sehingga anda akan mendapatkan harga khusus dan anda pun bisa mendapatkan untung lebih besar tentunya.

Layanan yang tidak baik

Faktor terakhir yang dapat menyebabkan toko online anda sepi pembeli adalah layanan yang buruk. Sebagian besar calon pembeli tentu akan menaruh rasa waspada terhadap barang yang akan mereka beli. Maka sangat wajar apabila mereka sering bertanya-tanya tentang suatu barang. Untuk itu sebaiknya anda menyediakan fasilitas pelayanan customor service baik itu berupa chatting dan lain sebagainya. Prinsipnya adalah agar calon pelanggan merasa anda hormati serta mendapatkan informasi yang memuaskan. Oleh karena itu sebaiknya anda layani benar-benar calon pelanggan anda agar mereka betah berlama-lama di toko online anda.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

Smartphone untuk bisnis online

Inilah Manfaat Mobile Marketing Untuk Meraih Sukses dalam Berbisnis

Dunia marketing menurut semakin hari semakin memberikan tantangan yang harus disikapi dengan bekal pengetahuan yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *