Inilah Jenis Bisul dan Cara Mencegah dan Mengobati Bisul
Wednesday , July 26 2017
Home / Kesehatan / Inilah Jenis Bisul dan Cara Mencegah dan Mengobati Bisul

Inilah Jenis Bisul dan Cara Mencegah dan Mengobati Bisul

Apakah anda pernah mengalami masalah dengan penyakit kulit bernama bisul?, jika iya, maka pembahasan kali ini akan menjadi salah satu pembahasan yang cukup menarik untuk anda simak. Bisul yang juga dikenal dengan nama latin abscessus  dalam dunia medis/ kesehatan adalah jenis penyakit kulit berupa infeksi pada daerah folikel rambut dan sekitarnya.

Kasus penyakit kulit ini terbilang jarang ditemukan pada anak-anak, namun presentase untuk terkena penyakit ini akan meningkat setelah seseorang melewati masa masa pubertas. Selain dijelaskan sebagai jenis penyakit, bisul juga banyak dijelaskan sebagai bentuk perlawanan atau resistence jaringan tubuh terhadap infeksi benda asing( bakteri atau virus) untuk mencegahnya meluas ke area tubuh yang lain.

Jika dibahas lebih mendalam, bisul secara medis diklasifikasikan dalam  2 jenis yang berbeda. Jenis bisul yang dimaksud sebelumnya adalah:

Furunkel

Furunkel atau yang juga biasa dikenal dengan istilah bisul tunggal adalah bentuk infeksi pada area kulit yang mencakup area folikel rambut dan jaringan subkutaneus. Penyebab yang paling sering ditemukan untuk jenis bisul yang satu ini adalah bakteri stafilokokus, namun infeksi jamur dan jamur lainnya juga dapat menjadi faktor lain yang memicu munculnya bisul ini. Untuk area infeksi, Furunkel sering ditemukan pada daerah kulit  wajah, leher, payudara dan bokong. Seseorang dapat dikatakan mengalami jenis peradangan kulit ini ketika mendapati infeksi berupa benjolan keras yang berwarna merah. Benjolan ini mengandung nanah dan akan berfluktuasi hingga memunculkan pustula atau titik berwarna putih pada bagian tengah benjolan tersebut.

Karbunkel

Karbunkel dapat didefinisikan sebagai kumpulan bisul tunggal/ Furunkel yang dapat menyebabkan pengelupasan kulit. Sama halnya dengan bisul Furunkel, jenis bisul ini disebabkan oleh infeksi bakteri stafilokokus pada area folikel rambut. Pembentukan karbunkel sendiri biasanya memakan waktu yang cukup lama dibandingkan dengan bisul Furunkel, hal ini juga dapat diiringi dengan demam tinggi. Jenis bisul yang masuk kategori infeksi serius ini cenderung terjadi atau menyerang orang yang menderita gangguan kekebalan/ imunitas, diabetes dan dermatitis.

Ada beberapa faktor yang menjadi faktor pemicu atau faktor resiko munculnya Karbunkel, beberapa faktor tersebut adalah:

  • Menurunnya keadaan fisik/ penurunan imunitas
  • Kontak berupa gesekan dengan pakaian
  • Iritasi akibat pencukuran
  • Kurangnya tingkat kebersihan

Untuk menghindarkan diri dari infeksi penyakit bisul sebenarnya bukanlah hal yang sulit, hal yang perlu dilakukan hanya menjaga pola hidup yang bersih seperti:

  • Menjaga kebersihan lingkungan
  • Menjaga kebersihan tubuh dengan mandi minimal 2 kali sehari.
  • Pemilihan menu makanan yang sehat.
  • Pemilihan pakaian yang nyaman untuk menghindari gesekan dengan kulit serta menyerap keringat.

Sedangkan untuk pengobatannya, cara yang paling sederhana untuk digunakan adalah dengan melakukan pengompresan dengan air hangat. Pengompresan ini akan membuat pustula/ titik putih pada bisul lebih terlihat jelas. Jika bisul masih dalam keadaan yang kecil dan hanya berjumlah beberapa buah saja, anda dapat menggunakan salep antibiotik sebagai langkah pengobatan pertama.

Apabila bisul telah mengalami abses/ pecah, tindakan yang perlu anda lakukan adalah mengeluarkan nanah yang ada dari bisul dan sangat disarankan untuk membawanya ke dokter untuk tindakan lebih lanjut. Dalam penanganan bisul yang telah mengalami abses, biasanya dokter akan melakukan operasi kecil dengan menginsisi bagian bisul untuk penyembuhan yang lebih sempurna dan tidak meninggalkan bekas pada area tubuh tersebut.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *