cara mengobati penyakit hemofilia
cara mengobati penyakit hemofilia

Inilah Jenis-Jenis Penyakit Hemofilia dan Cara Mengobatinya

Posted on

Penyakit hemofilia merupakan penyakit pada sistem peredaran darah disebabkan faktor keturunan. Pada umumnya, penyakit hemofilia diturunkan oleh kromosom wanita. Penyakit hemofilia ditandai dengan darah sukar membeku. Dengan demikian, apabila penderita mengalami luka maka akan terjadi pendarahan secara terus-menerus. Penyakit hemofilia dapat mengancam nyawa penderitanya apabila terjadi pada organ vital, seperti pendarahan di otak.

Pada kondisi normal, apabila seseorang mengalami luka maka darah akan cepat mengering. Hal ini dikarenakan adanya faktor pembekuan darah. Sedangkan pada penderita hemofilia, terdapat gangguan pada sistem pembekuan darahnya. Dimana penderita kekurangan faktor pembekuan darah, yaitu defisiensi faktor VIII, IX, dan XI. Hal ini mengakibatkan luka susah mengering dan darah terus keluar tanpa henti.

Jenis-jenis penyakit hemofilia

Penyakit hemofilia dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu penyakit hemofilia A, hemofilia B, dan hemofilia C.

 

  • Hemofila A (hemofilia klasik)

 

Jenis penyakit hemofilia A disebabkan kekurangan faktor pembekuan VIII, sehingga darah menjadi sukar membeku. Penyakit ini rentan dialami oleh pria daripada wanita. Biasanya wanita hanya bertindak sebagai pembawa sifat. Penyakit hemophilia A jarang ditemukan, hanya sekitar 1 dari 10.000 orang.

 

  • Hemofilia B  

 

Jenis penyakit hemofilia B disebabkan kekurangan faktor pembekuan IX. Penyakit ini juga sangat jarang ditemukan, yaitu sekitar 1 dari 50.000 orang.

 

  • Hemofilia C

 

Jenis penyakit hemofilia yang disebabkan kekurangan faktor pembekuan XI. Biasanya gejala yang terjadi pada penderita hemofilia C cukup ringan. Penyakit hemofilia C dapat menyerang anak-anak, baik laki-laki maupun perempuan.

Jenis-Jenis Penyakit Hemofilia
Jenis-Jenis Penyakit Hemofilia

Berdasarkan tingkat keparahannya, penyakit hemofilia dibedakan menjadi 3 macam, yaitu:

 

  • Penyakit hemofilia tingkat rendah

 

Penderita hemofilia tingkat rendah hanya mengalami pendarahan pada saat tertentu saja. Biasanya pendarahan ini terjadi setelah operasi, menstruasi (pada wanita), luka yang parah, dan cabut gigi.

 

  • Penyakit hemofilia tingkat sedang

 

Penderita hemofilia tingkat sedang lebih rentan mengalami pendarahan. Biasanya pendarahan terjadi setelah melakukan aktivitas yang cukup berat, seperti olahraga berlebihan.

 

  • Penyakit hemofilia tingkat berat

 

Penderita hemofilia tingkat berat mengalami pendarahan yang cukup parah. Biasanya pendarahan terjadi beberapa kali dalam satu bulan. Bahkan kadang pendarahan ini muncul tanpa sebab. Penderita hemofilia tingkat berat hanya mempunyai kadar faktor VII dan IX kurang dari 1%.

Penyebab penyakit hemofilia

Sekitar 70% penyakit hemofilia disebabkan oleh faktor keturunan (genetik). Pendeteksian penyakit hemofilia ini dapat dilakukan sejak janin berada di dalam perut sang ibu, yaitu melalui screnning test atau pencitraan.

Gejala penyakit hemofilia

Beberapa gejala penyakit hemofilia, yaitu:

  • Kulit menjadi lebam dan berwarna kebiruan, hal ini dikarenakan adanya pendarahan di bawah kulit (misalnya di sendi atau otot)
  • Munculnya warna kebiruan di kulit akan berlangsung lama dan tidak mudah menghilang
  • Terkadang terjadi pembengkakan disertai kemerahan
  • Urin bercampur dengan darah
  • Pendarahan yang tidak berhenti setelah imunisasi atau operasi
  • Mimisan atau keluar darah dari hidung
  • Cepat merasa lelah
  • Padangan menjadi kabur
  • Nyeri sendi pada lutut, pinggul, siku, otot-otot lengan dan kaki, dan bahu
  • Sakit kepala

Pengobatan penyakit hemofilia

Pengobatan penyakit hemofilia bergantung pada jenis penyakitnya. Pada penderita hemofilia tipe A pada tahap ringan dan sedang, biasanya diberikan injeksi hormon untuk merangsang komponen pembekuan darah agar aktif kembali.

Pada penderita hemofilia tipe A dan tipe B pada tahap parah, biasanya dilakukan pemberian faktor pembekuan darah melalui transfuse. Sedangkan pada penderita hemofilia tipe C akan diberikan cairan plasma darah dengan menggunakan infus.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.