Thursday , June 22 2017
Home / Tips Kesehatan / Kesehatan Jantung / Inilah Jenis-Jenis Penyakit Jantung yang Mengganggu Kesehatan Jantung
penyakit jantung koroner
Kenali Gejala Penyakit Jantung Koroner

Inilah Jenis-Jenis Penyakit Jantung yang Mengganggu Kesehatan Jantung

Penyakit  jantung mempunyai cakupan yang cukup luas. Ada banyak jenis penyakit jantung dengan penyebab dan gejala yang berbeda-beda. Pada umumnya, gejala penyakit jantung adalah rasa lelah, sesak nafas, dan nyeri dada.

Penyakit jantung disebabkan adanya gangguan pada pembuluh darah arteri dan kerusakan otot-otot jantung. Pada umumnya, Pengobatan penyakit jantung dilakukan dengan cara yang berbeda-beda.Tentunya, tindakan medis tersebut disesuaikan dengan gejala dan jenis penyakitnya.

Nah, agar kita dapat lebih berwaspada terhadap penyakit jantung, ada baiknya kita mengenal jenis-jenis penyakit jantung dan gejalanya.

Berikut beberapa jenis penyakit jantung:

  1. Penyakit jantung koroner

Jantung koroner adalah salah satu penyakit jantung yang sering diderita oleh sebagian besar orang. Umumnya menyerang orang berusia diatas 50 tahun. Penyakit jantung koroner disebabkan oleh penyumbatan dan penebalan pembuluh darah arteri koroner (asterosklerosis). Penyumbatan ini terjadi karena adanya penumpukan plak ateromatosa pada dinding pembuluh darah koroner, sehingga menyebabkan aliran ke darah ke jantung menjadi terhambat.

Gejala yang dialami penderita jantung koroner berupa nyeri dada, aritmia jantung (detak jantung tidak teratur), sesak nafas, mual, dan berkeringat dingin. Pada wanita, gejala yang terjadi adalah nyeri pada ulu hati.

  1. Penyakit kardiomiopati

Penyakit kardiomiopati merupakan kondisi dimana otot-otot jantung dan miokardium mengalami penurunan fungsi, sehingga kinerja jantung dalam memompa darah semakin melemah. Beberapa gejala yang ditimbulkan berupa sesak nafas, pusing, artimia jantung, jantung berdebar-debar, pembengakakan pada kaki, dan mudah merasa lelah.

  1. Gagal jantung

Gagal jantung merupakan kondisi dimana otot-otot jantung tidak mampu memompa darah dengan baik atau bahkan telah berhenti, akibat dari kurangnya pasokan oksigen. Biasanya, kondisi gagal jantung terjadi pada penderita penyakit jantung yang memasuki tahap parah.

Gejala pada penderita gagal jantung, yaitu sesak nafas, mudah lelah, kelainan fungsi jantung, dan pembengkakan pada jantung.

  1. Penyakit jantung iskemik

Penyakit jantung iskemik disebabkan oleh kurangnya suplai oksigen di dalam jantung Gejala yang dialami penderita jantung iskemik, yaitu nyeri pada dada tengan, nyeri pada lengan kiri, berkeringat dingin, penebalan pada tendon Achilles, dan dada terasa mengencang.

  1. Penyakit jantung rematik

Pada umumnya, penyakit jantung rematik disebabkan oleh infeksi bakteri pada anak berusia dini yang mempengaruhi katup jantung dan persendiaan. Saat sang anak menginjak dewasa, infeksi ini akan memicu terjadinya penyakit jantung rematik. Dimana satu-satunya jalan untuk mengatasi penyakit ini adalah dengan melakkan operasi penggantian katup jantung.

  1. Penyakit jantung bawaan

Salah satu penyakit jantung yang dialami penderita sejak baru dilahirkan adalah penyakit jantung bawaan, seperti jantung bocor. Biasanya ditandai dengan adanya lubang di jantung dan kondisi jantung yang lemah. Tindakan medis yang dapat dilakukan mengatasi penyakit jantung bawaan adalah melalui operasi. Sayangnya, operasi ini tidak selalu memberikan hasil yang baik.

  1. Penyakit jantung hipertensi

Penyakit jantung hipertensi disebabkan oleh peningkatan tekanan darah yang terlokalisasi. Penyakit ini berkaitan dengan aritmia jantung, kardiomiopati hipertensi, dan jantung koroner.

  1. Penyakit katup jantung

Penyakit katup jantung disebabkan adanya gangguan pada salah satu atau lebih katup jantung, yaitu aorta, mitral, pulmonik, dan trikuspid. Gejala yang dialami penderita penyakit katup jantung berupa sesak nafas, nyeri dada, kaki bengkak, batuk, mudah lelah, dan jantung berdebar-debar.

Demikianlah jenis-jenis penyakit jantung. Untuk menghindari penyakit mematikan ini, sebaiknya biasakan menerapkan pola hidup yang sehat. Dengan begitu, tubuh kita akan tetap sehat hingga hari tua.

 

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

metode sunat

Metode Sunat Yang Paling Efektif Untuk Anak

Metode sunat memang beragam. Mulai dari metode sunat tradisional atau modern. Tujuan metode sunat itu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *