Inilah Jenis Penyakit Darah Yang Berbahaya Bagi Tubuh Manusia

0
62
Human heart on abstract dark background

Munculnya berbagai penyakit pada darah merupakan tanda bahwa kondisi tubuh anda sedang berbahaya. Bahkan aneka jenis penyakit darah memiliki kemungkinan mematikan yang sangat besar. Sebab, darah merupakan salah satu unsur terpenting yang mampu mempengaruhi kerja organ tubuh manusia. Dan apabila saluran darah terganggu maka kondisi yang terjadi ialah timbulnya berbagai jenis penyakit kesehatan.

Aneka jenis penyakit yang bisa ditimbulkan akibat penyakit darah bisa digolongkan mulai penyakit yang ringan bahkan penyakit kronis. Namun, pada dasarnya semua manusia sangat berpotensi mengalami penyakit pada peredaran darah. Terlebih lagi saat ini yang mana banyak orang kurang memperhatikan pola hidup yang sehat. Berikut ini adalah beberapa jenis penyakit yang timbul akibat kurang sehatnya darah manusia.

Penyakit Varises

Jenis penyakit yang pertama yang muncul diakibatkan penyakit darah adalah varises. Varises merupakan salah satu jenis penyakit yang tergolong ringan akan tetapi sangat mengganggu. Penyakit varises muncul pada saat pembuluh darah balik atau vena telah mengalami pelebaran. Kondisi tersebut dikarenakan terjadinya hambatan pada aliran darah pada pembuluh vena. Sebagai penyebabnya yaitu klep vena akan bekerja secara kurang maksimal ketika mengatur aliran darah. Sehingga kondisi tersebut dapat berakibat pada aliran darah yang akan terhambat bahkan dapat mengakibatkan arus balik aliran darah.

Penyakit Hipertensi

Penyakit yang timbul akibat penyakit pada peredaran darah selanjutnya yaitu hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi.penyakit ini terjadi ketika sistole serta diastole lebih besar daripada kondisi normalnya. Penyakit hipertensi dapat muncul dikarenakan sistole berada pada angka 140 mmHg dan juga diastole lebih besar dari 99 mmHg. Adapun penyebab dari munculnya kondisi tersebut sangat beragam. Setiap orang bisa jadi penyebabnya berbeda. Sebab bisa jadi penyakit hipertensi muncul dikarenakan kebiasaan merokok, obesitas, alkohol, dan juga faktor genetik atau keturunan.

Penyakit Hipotensi

Penyakit hipotensi merupakan kebalikan dari jenis penyakit hipertensi. Hipotensi dapat terjadi karena jumlah sistole dan diastole berada pada angka yang normal. Hipotensi atau penyakit tekanan darah rendah seringkali terjadi dikarenakan beberapa permasalahan. Di antaranya adalah terjadinya pendarahan. Misalnya pada wanita yang sedang haid atau menstruasi. Selain itu penyakit hipotensi juga dapat diakibatkan pola diet ketat yang tidak sehat atau banyak mengonsumsi obat penurun tekanan darah dalam jumlah yang berlebihan. Gejala yang umum dirasakan oleh penderita hipotensi di antaranya ialah merasa lesu, letih, lemah, hingga pingsang. Tubuh yang terserang penyakit hipotensi ini akan lebih sering merasa lemas badannya.

Penyakit jantung

Penyakit yang muncul dikarenakan kelainan pada darah lainnya adalah penyakit jantung. Jenis penyakit yang satu ini terbilang salah satu penyakit yang sangat mematikan dan sangat berbahaya. Sebab, penyakit jantung yang tergolong kronis akan lebih dekat dengan kemungkinan kematian. Penyakit jantung sendiri terdapat beberapa jenis di antaranya adalah penyakit jantung koroner, gagal jantung, dan juga gangguan jantung. Penyakit Jantung koroner ialah penyakit yang timbul dikarenakan adanya gangguan pada peredaran darah yang terdapat pada pembuluh koroner yaitu vena dan arteri. Adapun penyebab terjadinya gangguan jantung ini dapat disebabkan banyak faktor di antaranya adalah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah. Sedangkan gagal jantung merupakan kondisi yang mana terganggunya kontraksi jantung yang berakibat pada volume darah yang terus menurun.

Penyakit Leukemia

Penyakit leukemia termasuk jenis penyakit yang sudah masyhur di kalangan masyarakat. Sebab jenis penyakit ini juga sangat mematikan seperti penyakit jantung. Penyakit leukemia merupakan penyakit yang timbul dikarenakan leukosit yang tumbuh secara berlebihan. Kondisi tersebut lebih dikarenakan terdapatnya sinar radioaktif atau virus dari zat kimia yang masuk ke dalam tubuh. Penderita penyakit satu ini akan mengalami gejala seperti kulit akan pucat, hidung terjadi pendarahan, lemas, kurus kering dan seringkali merasa demam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here