gangguan tidur pada anak
gangguan tidur pada anak

Inilah Kebiasaan Buruk Yang Dapat Mengganggu Kesehatan Anak

Posted on

Tidur merupakan kebutuhan penting bagi setiap orang, tak terkecuali anak-anak. Namun, anak-anak kerap kali susah diajak tidur. Berbagai alasan dan jurus dikeluarkan ibu agar anak mau segera beranjak ke tempat tidur. Ya, tidur memang memainkan peranan penting dalam tumbuh kembang anak. Ada human growth hormone yang dikeluarkan saat anak tidur. Tak heran jika ia kurang tidur atau tidurnya tak berkualitas, maka proses tumbuh kembangnya pun jadi terhambat.

Kenali Pengganggu Tidur pada Anak

Nah, tidur tak hanya perkara menutup mata saja. Lama waktu tidur serta kualitasnya juga perlu diperhatikan. Apakah anak Anda sudah mendapatkan tidur yang berkualitas? Jika belum, mungkin inilah penyebabnya:

Obstructive Sleep Apnoea (OSA)

Terjadi ketika jalur napas anak terhalang saat ia sedang tidur, menyebabkan ia berhenti bernapas beberapa kali – bisa satu kali setiap menit, membuat asupan oksigen yang dibutuhkannya menjadi berkurang. Gangguan ini banyak terjadi pada anak-anak yang obesitas, karena memiliki jaringan lemak lebih banyak di tenggorokan dan leher yang mempersempit saluran udara.

Penyebab anak sulit tidur
Penyebab anak sulit tidur

Waspada jika Anda mendengar suara seperti dengkuran keras, diikuti dengan tersedak, suara mendengus, dan megap-megap kehabisan udara saat tidur. Anak Anda mungkin akan bangun beberapa kali saat malam dan membolak-balikkan tubuh dalam tidurnya. Meskipun jumlah waktu tidurnya cukup, dia terlihat kelelahan karena tidak cukup mendapat asupan oksigen. Segeralah minta bantuan dari praktisi kesehatan tidur atau dokter anak. Jangan bereksperimen menggunakan produk anti mendengkur yang banyak dijual bebas.

Alergi saluran pernapasan

Serangan rasa gatal, hidung tersumbat, dan bersin tiada henti, bisa jadi gangguan yang sangat menyebalkan jika itu terjadi di malam hari. Kondisi ini biasa terjadi pada anak penderita alergi yang tak sengaja menghirup partikel yang mengiritasi saluran pernapasannya. Alergen (penyebab alergi) yang paling umum adalah tungau, debu, bulu hewan peliharaan, dan serbuk bunga tertentu. Anak-anak itu menjadi sulit bernapas dengan baik ketika tidur. Tidurnya pun menjadi tidak nyenyak dan mempengaruhinya saat bangun pagi keesokan harinya.

Hidung meler maupun tersumbat tak selalu berarti pilek. Jika dibarengi dengan mata gatal dan berair, berdahak, batuk, atau bahkan radang tenggorokan, Anda mungkin harus segera cari cara untuk melakukan tes alergi dan mencari apa pemicu alerginya. Hindari penyebab alergi tersebut untuk meringankan gejalanya.

bahaya gadget bagi kesehatan anak
bahaya gadget bagi kesehatan anak

Cahaya dari perangkat elektronik

Apakah kamar anak Anda dilengkapi dengan televisi atau perangkat digital lainnya? Tahukah Anda bahwa cahaya terang dari TV atau gadget bisa menghambat ritme sirkadian tubuh. Ritme sirkadian adalah waktu 24-jam dalam tubuh yang akan memberitahu kapan Anda butuh tidur. Nah, cahaya yang berasal dari komputer dan gadget elektronik di sore dan malam hari ternyata bisa mengganggu tidur, karena membuat otak mengira masih siang hari.

Anak yang tak mendapat waktu tidur cukup biasanya akan menjadi sulit dibangunkan  esok paginya. Ia menjadi pemarah, hiperaktif, dan sulit konsentrasi. Cara mengatasinya, cabut dan matikan semua gadget yang ada di kamar anak. Jika memungkinkan, singkirkan semua alat elektronik dari kamar. Kemudian, ganti lampu tidurnya menjadi berwarna kuning redup, atau biasakan ia untuk menggunakan lampu tidur saja agar suasana kamar mendukung untuk tidur.

Pilihan kasur

Ada banyak sekali jenis kasur yang bisa Anda pilih untuk tempat tidur anak, mulai dari yang memakai pegas, kapuk, busa dan sebagainya. Apapun pilihan Anda, pastikan kasur tersebut cukup kokoh sehingga tubuh anak bisa berbaring nyaman di atasnya. Jika anak Anda menderita alergi, pastikan Anda memilih bahan yang tak membuatnya alergi atau mengundang debu dan tungau.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.