tips menjaga kesehatan tulang
tips menjaga kesehatan tulang

Inilah Kebiasan Buruk Yang Dapat Memperlemah Kesehatan Tulang

Posted on

Tulang yang tampaknya keras dan padat, sebenarnya merupakan jaringan hidup yang terbuat dari banyak sekali lapisan kolagen, protein, dan mineral. Kombinasi itulah yang membuat tulang menjadi kuat. Tulang paha, misalnya, mampu menahan beban hingga 600 kg tanpa membuat tulang itu hancur atau retak. Meski begitu, sebuah survei yang dilakukan National Osteoporosis Foundation menyebutkan 1 dari 5 wanita berusia di bawah 30 tahun sudah terkena osteopenia, atau memiliki kepadatan tulang yang rendah.  

Tulang secara konstan akan menghancurkan dan membangun dirinya sendiri, memberi Anda tulang-tulang baru yang komplet dalam kurun waktu 10 tahun. Namun setelah melewati usia 30 tahun, Anda akan kehilangan lebih banyak tulang dibanding yang Anda buat. Itulah sebabnya memberi nutrisi tulang sejak dini itu sangat penting.

Salah satu yang terpenting adalah kalsium, yang bersama-sama dengan hormon estrogen akan membentuk jaringan tulang yang kuat. Sayang, memasuki usia 30 tahun, kedua senyawa ini akan berkurang kadarnya, dan diikuti dengan penurunan kepadatan tulang. Nah, apakah Anda termasuk dalam golongan orang yang memiliki kepadatan tulang rendah? Simak apakah Anda melakukan hal-hal berikut yang memperlemah tulang:

  • Melakukan diet rendah kalori.

Wanita yang menjalani diet ketat rendah kalori seringkali berisiko dua kali lipat memiliki masalah dengan kesehatan tulangnya dibanding wanita lain seusianya yang tidak berdiet. Diet yang tidak seimbang membuat tulang kekurangan vitamin dan mineral.

  • Tidak minum susu.

Studi menunjukkan bahwa wanita usia 20-an belakangan ini mulai mengurangi konsumsi susu, dan 68 persen wanita tidak mendapat asupan kalsium yang cukup dari makanannya. Jika masalahnya adalah Anda bukan penggemar susu atau keju, Anda tetap dapat memenuhi kebutuhan kalsium lewat kacang-kacangan, ikan teri, dan beberapa jenis sayur seperti brokoli. Protein lewat sayuran dan daging tanpa lemak juga dapat membantu meningkatkan massa tulang Anda.

Kebiasan Buruk Bagi Kesehatan Tulang
Kebiasan Buruk Bagi Kesehatan Tulang
  • Terlalu banyak mengonsumsi kafein, garam, dan alkohol.

Baik kafein, garam, dan alkohol dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk menjaga asupan mineral di dalam tubuh. Kafein, misalnya, dapat menyebabkan tubuh Anda membuang kalsium lewat urin sebelum diserap secara sempurna di dalam tubuh. Tak bisa berkonsentrasi tanpa kafein? Pastikan Anda tidak mengonsumsinya lebih dari 2 cangkir per hari, baik itu berupa kopi atau teh.

Kemudian, coba ganti kopi Anda di pagi hari dengan secangkir susu hangat. Selain bebas kafein, juga mengandung kalsium yang dibutuhkan tulang Anda. Hindari juga minum alkohol lebih dari 2 gelas per hari, dan kendalikan asupan sodium harian Anda di angka 2.400 mg (atau tak lebih dari satu sendok makan).

  • Menjalani pengobatan tertentu.

Obat-obatan antidepresan dan kontraseptif ternyata dapat menguras asupan kalsium di dalam tubuh Anda. Cobalah tanyakan pada dokter Anda tentang efek obat-obatan yang Anda minum terhadap kesehatan tulang.

  • Olahraga berlebihan.

Studi menyebutkan bahwa olahraga yang dilakukan di kolam, bersepeda, atau elliptical machine, jika dilakukan secara berlebihan, akan membawa dampak pada hilangnya kepadatan tulang. Oleh karena itu, berolahragalah dengan intensitas sedang yang tidak terlalu membebani tulang, seperti jalan kaki, lari, atau weight training.

Olahraga seperti itu umumnya akan memacu tulang-tulang Anda untuk menyimpan lebih banyak cadangan mineral. Penelitian juga menunjukkan bahwa wanita yang kehilangan terlalu banyak lemak tubuh (memiliki Indeks Massa Tubuh di bawah 18), rahimnya akan berhenti memproduksi estrogen. Akibatnya, proses pembaharuan tulang pun akan berhenti.

Intinya, lakukanlah olahraga yang baik, seperti latihan aerobic weight bearing (lari menaiki tangga atau kick boxing) yang dilakukan 3 kali seminggu, atau latihan kekuatan (seperti squats, push up, dan triceps dips) selama 15 menit 3 kali seminggu. Olahraga ini justru dapat meningkatkan kepadatan tulang hingga 2 persen setahun, meski usia Anda telah memasuki 30 tahun.

 

Gravatar Image

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.