Inilah Kekurangan dan Kelebihan Belanja Online Yang Harus Anda Tahu - Articles.id - Direktori Artikel Indonesia
Wednesday , July 26 2017
Home / Bisnis / Inilah Kekurangan dan Kelebihan Belanja Online Yang Harus Anda Tahu

Inilah Kekurangan dan Kelebihan Belanja Online Yang Harus Anda Tahu

Belanja online merupakan tren jual beli masa kini. Karena kemudahan yang diberikan dalam berbelanja online sungguh sangat menggiurkan. Pada hakekatnya, belanja online sama saja dengan sistem belanja konfensional. Hanya saja dalam belanja online tidak mengharuskan pembeli bertemu dengan penjual. Dalam belanja online selalu mengandalkan koneksi internet. Sistem pembayarannya pun tidak berupa uang fisik. Melainkan lebih memanfaatkan transfer antar bank.

toko online

Akan tetapi seiring perkembangan teknologi ternyata bisnis online telah mengundang beragam kecerdasan. Terutama kecerdasan dalam memanfaatkan peluang bisnis online. Dalam hal ini adalah peluang yang negatif yang lebih kepada tindak kejahatan online atau yang biasa disebut dengan online cyber. Artinya, ada beberapa kekurangan yang didapati dalam berbisnis online yang justru dapat membuat pebisnis rugi dalam bisnis online.

Untuk itu, bagi anda para pengusaha yang ingin mengejar pasar online tentu anda harus paham betul dengan karakter bisnis di internet. Dan berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan belanja online. Dengan mengetahui ini diharapkan ketika anda menjadi pembeli dapat sadar bahwa belanja online pun masih membutuhkan kewaspadaan.

Kelebihan Belanja Online

  • Tidak terikat waktu

Salah satu kelebihan belanja online adalah tidak terikat waktu. Artinya, dengan berbelanja online anda tidak perlu lagi memperhatikan jadwal buka toko tersebut. Sebab, toko online yang berbentuk website tentunya telah memiliki sistem yang dapat anda akses selama 24 jam. Anda bisa saja berbelanja di malm hari tanpa harus keluar rumah. Meskipun proses belanja anda tersebut baru akan diproses esok harinya namun ini tidak terlalu berpengaruh. Yang penting adalah anda tetap bisa melihat-lihat stok barang untuk anda beli.

  • Banyak Toko Yang Dapat Diketahui

Kelebihan belanja online lainnya yaitu banyak toko yang dapat anda temukan di internet. Sebab, ketika suat website telah online maka semua toko tersebut pun dapat anda temukan dalam sekejab. Uniknya, Google telah mengklasifikasikan semua toko online berdasarkan jenis produk yang dicari oleh calon pembeli. Hal itu dapat anda temukan ketika anda mencari suatu produk di search engine. Dengan mengetikkan kata kunci “toko pakaian wanita” misalnya, maka Google akan menampilkan ribuan bahkan jutaan website yang membahas tentang pakaian wanita. Sehingga anda pun bisa berjalan-jalan antara satu toko ke toko lainnya untuk melihat produk yang lebih berkualitas.

  • Hemat Tenaga dan Mudah Pembayarannya

Karena berbelanja online tidak memerlukan keluar rumah maka belanja online dapat menghemat tenaga. Bahkan waktu yang anda gunakan pun tidak terkuras banyak. Dengan belanja online maka anda dapat menghemat waktu yang sangat banyak. Sebab, anda tidak perlu lagi berjalan-jalan ke semua toko yang anda inginkan. Intinya, anda akan dimanjakan dengan sistem belanja online ini. Anda pun dapat langsung membayar barang yang anda beli melalui transfer antar bank.

Kekurangan Belanja Online

  • Sering Terjadi Penipuan

Namun demikian, meskipun belanja online akan memberikan banyak sekali manfaat tapi anda pun harus tetap berhati-hati. Sebab dalam belanja online pun ada kekurangannya yang perlu anda waspadai. Seperti sering terjadinya penipuan. Penipuan tersebut pun beragam, ada yang berupa barang yang telah dipesan tidak dikirim, atau juga kualitas barang tidak sesuai dengan yang dijelaskan di toko online.

  • Ada Biaya Tambahan

Biaya tambahan dalam belanja online ini sebenarnya sama seperti ongkos transport ketika anda belanja konvensional. Karena berdasarkan sistem pesanan maka barang yang anda beli pun harus diantar melalui kantor pos atau JNE. Untuk itu anda pun harus memperhatikan pula jarak toko online produk yang anda beli

  • Butuh Waktu Untuk Tahu Barangnya

Karena barang yang dipesan akan diantarkan ke rumah tentu membutuhkan waktu juga untuk mengetahui barang yang anda pesan. Ini yang membedakan antara beli online dan beli konvensional. Anda pun tidak dapat mencoba ukurannya apakah pas atau tidak. Untuk itu anda perlu pengetahuan terlebih dahulu tentang seluk-beluk barang yang anda butuhkan.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

Smartphone untuk bisnis online

Inilah Manfaat Mobile Marketing Untuk Meraih Sukses dalam Berbisnis

Dunia marketing menurut semakin hari semakin memberikan tantangan yang harus disikapi dengan bekal pengetahuan yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *