Inilah Kelebihan dan Kekurangan BBM dan Whatsapp - Articles.id - Direktori Artikel Indonesia
Wednesday , July 26 2017
Home / Teknologi / Inilah Kelebihan dan Kekurangan BBM dan Whatsapp

Inilah Kelebihan dan Kekurangan BBM dan Whatsapp

Perkembangan media sosial dewasa ini sangat pesat. Berbagai jenis media sosial selalu dibuat, dikembangkan dan diperbaharui. Mulai dari media sosial yang fokus pada chatting, video chat, mengirim dokumen, dan lain sebagainya. Semua fungsi tersebut terkadang digabung menjadi satu hanya untuk memberikan kepuasan dan kenyamanan kepada penggunanya.

Di antara media sosial yang paling terkenal di Indonesia adalah BBM, Whatsapp, Line, Telegram, dan WeChat. Jika dilihat dari fungsinya secara umum semua social media itu memiliki fungsi yang sama yaitu chatting dan video chat. Namun, meskipun demikian, tetap saja ada sisi-sisi yang membedakan antara semua media sosial tersebut.

Dulu, sebelum adanya android dan iPhone yang menghadirkan Blackberry Messenger, BBM dari Blackberry sangatlah berjaya. Hampir dapat dipastikan bahwa orang yang memiliki Blackberry pasti ia mencari yang namanya aplikasi BBM khusus untuk chat. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan Android dan iPhone, media sosial BBM pun telah built in di dalamnya. Inilah salah satu yang membuat Android dan iPhone lebih digemari oleh masyarakat. Khususnya anak muda yang suka sekali dengan chatting. Sehingga untuk menikmati BBM tidak harus dengan handphone Blackberry. Tapi bisa menggunakan android atau iPhone.

Namun, selain BBM, dunia komunikasi telah mengembangkan banyak sekali aplikasi chatting seperti Whatsapp, WeChat, line, dan Kakao Talk. Untuk menggaet sebanyak mungkin pengguna mereka pun tidak segan-segan untuk memasang iklan di televisi. Pertanyaannya adalah apa sebenarnya yang membedakan antara media sosial itu semua? Dan apa keunggulan dan kelemahan BBM dan Whatsapp?.

Dalam artikel ini akan dibahas tentang keunggulan dan kelemahan BBM dan Whatsapp.

  • BlackBerry Messenger

Salah satu keunggulan BlackBerry Messenger adalah untuk melakukan obrolan dengan mengutamakan pesan berbentuk gambar, teks, serta suara. Semua fasilitas tersebut dapat dinikmati oleh semua penggunanya dengan cara sangat sederhana yaitu bertukar nomor PIN. Nomor PIN BBM pun selalu tersedia pada profil BBM. Baik itu berbentuk teks maupun barcode scanner.

Keunggulan BlackBerry Messenger lainnya adalah broadcast. Yang dimaksud dengan broadcast adalah mengirim pesan teks atau gambar kepada banyak orang secara bersamaan. Hal ini tentu memudahkan anda dalam mengirim pesan kepada banyak orang. Selain itu saat ini BBM juga memiliki fasilitas video Call sehingga anda pun bisa menelepon orang lain dengan menggunakan video. Dalam BBM juga sudah ditambahkan fitur BBM Channel, BBM Music serta fasilitas-fasilitas lain yang mampu memanjakan penggunanya.

Namun, kekurangan dari BlackBerry Messenger yang kurang bisa diterima oleh penggunanya adalah semua fungsi tersebut bisa dinikmati dengan cara berbayar. Khususnya BBM Music, BBM Channel, dan Emotion. Hal ini tentu mengurangi kenyamanan penggunanya.

  • Whatsapp

Pendatang baru yang mampu menggeser kedudukan BlackBerry Messenger saat ini adalah Whatsapp. Whatsapp adalah aplikasi yang dibuat oleh Brian Acton dan Jan Koum. Mereka adalah orang Yahoo yang sangat terkenal dengan banyak perkembangan teknologinya. Jika dilihat secara umum, antara BlackBerry Messenger dan WhatsApp tidak jauh berbeda.

Keunggulan dari Whatsapp ini terletak pada obrolan dengan tampilan yang elegant. Dan di antara fungsi dari Whatsapp ini adalah pesan teks, gambar, suara, video, dan grup. Semua itu dapat dinikmati dengan cara mendaftarkan nomor handphone. Satu nomor dapat digunakan untuk satu akun saja. Hal inilah yang membedakannya dengan BlackBerry Messenger.

Namun, Whatsapp juga memiliki kelemahan. Di antaranya adalah jumlah grup yang terbatas hanya kurang lebih 50 nomor dan hanya admin saja yang dapat menambah atau mengurangi member grup tersebut.

Whatsapp terbilang sangat sederhana. Sehingga aplikasi yang satu ini sekarang bisa dinikmati dengan menggunakan perangkat android, iOS, dan Blackberry versi tertentu. Dengan whatsapp ini anda akan mampu menikmati indahnya berbagi dengan sarana chatting.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

Beginilah Keunggulan MIUI (Home Interface Android Sensasi IOS)

Jagat teknologi kini tengah heboh dengan kehadiran MIUI yang digadang-gadang akan menjadi pesaing berat Apple …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *