Home Tips Kesehatan Kesehatan Paru-Paru Inilah Manfaat Buang Angin atau Kentut Bagi Kesehatan Anda

Inilah Manfaat Buang Angin atau Kentut Bagi Kesehatan Anda

0
70

Buang angin atau kentut adalah suatu hal yang alami bagi semua manusia. Tapi apakah anda mengetahu secara mendalam tentang gas yang berbau tak sedap ini? Secara alami, kita pasti merasa lega ketika bisa mengeluarkan angin dari dalam tubuh, memang buang angin meninggalkan bau yang tidak sedap yang dapat menganggu orang lain. Namun, buang angin ini sangat berkaitan dengan kondisi kesehatan tubuh kita.

Buang angin yang dilakukan manusia bisa melalui tubuh bagian atas yang disebut sendawa. Bisa juga buang angin lewat bawah yang kita kenal sebagai ketut atau flatus. Secara fisiologis, semua manusia melakukan buang angin, karena ini proses alami untuk mengeluarkan kelebihan gas atau angin di saluran cerna kita.

Pengelohan makanan dengan peran enzim di mulut, kemudian di kerongkongan terjadi gerak peristaltik (seperti meremas) yang mendorong makanan menuju lambung makanan kembali dihancurkan , begitu pun di usus. Berbagai reaksi kimia dalam makanan dan berbagai zat dalam sayuran cerna ini menyebabkan munculnya gas sampai di saluran buang. Gas tersebut bercampur dengan kotoran lain. Baik cair maupun padat. Menunggu saat dikeluarkan.

Bau kentut memang tak sedap karena kandungan amoniak, methana, hidrogen, dan karbondioksida di dalamnya. Keluarnya dari tempat yang sama dengan keluarnya feses, sehingga bisa saja ada kandungan gas yang keluar itu dan mengandung bakteri mikroflora.

Pada saat gas keluar, terkadang tidak disertai bunyi, kadang berbunyi bahkan sampai sangat keras, bunyi ini berasal dari gerakan peristaltik usus yang mendorong gas keluar melewati anus. Bila gas dalam usus banyak, tekanan ke anus juga besar sehingga suara yang dihasilkan keras. Bisa juga terjadi karena saluran anus yang kecil, sementara dorongan anginnya kuat. Suara yang pelan atau tak terdengar bisa disebabkan oleh gerakan peristaltik usus yang lemah hingga doronganpun tak terlalu kuat.

Ada beberapa fakta tentang kentut yang berkaitan dengan kesehatan dan perlu kita perhatikan :

  1. Jumlah

Normalnya dalam seseorang buang angin sebanyak 6-20 kali atau sekitar 500 ml. Namun kondisi ini dipengaruhi juga oleh produksi feses. Bila feses siap dikeluarkan . Gas di dalamnya juga banyak. Maka, perhatikanlah bila belum buang air besar maka kita akan lebih banyak kentut

  1. Lebih sering

Banyak penyebab seseorang lebih sering kentut dari biasanya. Pemicunya antara lain, mengonsumsi makanan yang memicu munculnya gas, seperti kol, ubi, bawang, dan kacang. Juga minum minuman yang bersoda dan yang mengandung jahe. Orang yang sering terpapar angin, misalnya pengendara sepeda motor pun akan lebih sering kentut.

  1. Sangat berbau

Bau kentut yang lebih tajam daripada biasanya juga bisa disebabkan oleh asupan. Makanan yang mengandung protein tinggi biasanya akan menghasilkan gas yang berbau tak sedap. Maka orang yang sering makan daging, kentutnya lebih bau dibandingkan orang yang makan sayuran (vegetarian). Oleh karena itu, tetap upayakan mengonsumsi makanan dengan zat gizi yang seimbang.

  1. Menandakan penyakit tertentu

Pada bebera kasus, kentut juga menandakan adanya penyakit dalam tubuh. Kentut yang lebih sering atau lebih bau dapat mengindikasikan antara lain, penyakit maag, usus, bahkan gangguan hati, kentut dari seseorang yang menderita diare dan disentri juga akan lebih bau akibat bakteri jahat yang terdapat pada rektum

  1. Menahan

Karena berbagai alasan, karena biasanya malu, sebagian orang menahan kentutnya. Sesekali memang tak masalah. Namun bila sering dilakukan justru akan menimbulkan ketidaknyamanan pada diri sendiri. Sering menahan kentut perut akan terasa kembung dan penuh . Metabolisme jadi tak lancar. Makanan dan minuman yang masuk justru akan membuat mual. Oleh karena itu, jangan biasakan menahan kentut, tidak baik menahan racun dalam tubuh.

  1. Sulit keluar

Sulit buang angin jelas tak normal. Bila lebih dari sehari bahkan berhari-hari tak jua kentut, perut akan kembung dan mual penyebabnya, mungkin karena sembelit atau feses yang susah dikeluarkan sehingga gas pun sulit keluar. Atau ada masalah pada anus dan rektum. Misalnya terjadi infeksi yang menyebabkan nyeri. Dalam kondisi ini sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter.

Sebagaimana air seni, feses dan keringat, kentut juga merupakan hasil sisa berupa racun tubuh yang harus segera dibuang. Allah menciptakan proses alami dalam tu buh untuk mengeluarkanya. Hal ini harus kita syukuri karena dengan dapatnya kita buang angin merupakan anugerah yang menyehatkan tubuh kita.

 

 

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here