Inilah Manfaat Mandi Sebelum Sholat Subuh

Posted on

Banyak di antara kita yang enggan mandi sebelum sholat Subuh, dengan alasan dingin, takut rematik, dan sebagainya. Akhirnya, banyak yang memilih untuk mendahulukan sholat Subuh, atau sekedar cuci muka dan menggosok gigi. Mandi? Nanti saja ketika matahari sudah mulai menampakkan sinarnya.

Padahal, ada begitu banyak manfaat kesehatan yang bisa didapat dengan membiasakan diri mandi di pagi hari sebelum matahari terbit, tak hanya untuk kesehatan tetapi juga untuk kecantikan. Konon, banyak penelitian yang menyebutkan bahwa mandi di pagi hari (terutama dini hari sebelum matahari terbit) bisa mengatasi berbagai macam masalah kesehatan, mulai dari melancarkan peredaran darah, mencegah kanker, hingga bermanfaat untuk kecantikan. Tentu saja mandi pagi hari yang dimaksud di sini adalah mandi dengan air dingin, dan bukannya menggunakan air panas. Karena ‘kejutan’ rasa dingin itulah yang sebenarnya memberi manfaat bagi tubuh. Setidaknya, inilah beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan jika terbiasa mandi saat dini hari tanpa menggunakan air panas atau hangat:

  1. Melancarkan peredaran darah

Penelitian menyebutkan bahwa mandi di pagi hari dengan air dingin akan melancarkan peredaran darah. Aliran darah yang lancar merupakan indikator bahwa tubuh Anda mendapatkan pasokan oksigen dan nutrisi yang cukup. Akibatnya, tubuh pun akan terasa lebih segar dan bugar. Hal ini tentu akan sangat berguna bagi Anda untuk menghadapi aktivitas seharian di siang harinya.

  1. Menyehatkan rambut dan kulit
    Air panas memiliki kecenderungan untuk mengeringkan kulit, sehingga mandi pagi hari, ketika air masih terasa sangat dingin, merupakan suatu bentuk ‘terapi’ untuk mengencangkan kulit dan menutup pori-pori. Air dingin juga akan membuat kutikula tertutup, sehingga rambut tampak lebih bersinar, kuat, dan sehat.
  2. Menyehatkan jantung
    Rasa dingin yang Anda rasakan ketika mandi saat subuh akan meningkatkan sirkulasi darah, memungkinkan tersapunya timbunan-timbunan plak yang ada di pembuluh darah. Dengan begitu, risiko untuk mendapatkan penyakit jantung, stroke, dan masalah kolesterol pun akan menurun.
  3. Membantu menurunkan berat badan

Tubuh manusia mengandung dua jenis jaringan lemak, lemak putih dan lemak coklat. Lemak putih terakumulasi ketika Anda mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang diperlukan oleh tubuh. Sedangkan lemak coklat adalah lemak baik, yang menghasilkan panas untuk menjaga tubuh tetap hangat, dan diaktifkan bila terkena suhu dingin yang ekstrim. Mandi saat subuh, menurut Joslin Diabetes Center, afiliasi Harvard Medical School, dapat meningkatkan aktivitas lemak coklat, sehingga membantu membakar kelebihan lemak di sekitar pinggang, perut, paha, dan area tubuh lainnya.

  1. Mempercepat pemulihan nyeri otot
    Sebuah studi yang dilakukan tahun 2009 menunjukkan bahwa 24 menit berendam di dalam air dingin efektif mengurangi nyeri otot pasca latihan pada atlet yang baru saja melakukan latihan beban, bersepeda, atau berjalan. Suhu air dingin yang digunakan adalah 10 sampai 15 derajat Celcius.
  2. Meringankan stres dan meredakan depresi
    Mandi di waktu subuh dengan air biasa atau dingin (bukan air hangat) akan memasukkan oksigen ke seluruh tubuh dengan optimal akibat lancarnya peredaran darah. Ketika semua organ tubuh mendapat asupan oksigen dengan baik, Anda pun akan memulai aktivitas dengan mood yang baik karena tubuh terasa sangat segar, sehingga kemungkinan untuk mengalami stres atau depresi pun akan berkurang.

Gravatar Image

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.