Inilah Rahasia Cara Mudah Membuat Wajah Sehat dan Cerah

Posted on

Setiap orang, khususnya para wanita pasti mendambakan kulit wajah yang sehat dan cerah. Bagaimana tidak? Pasalya, wajah merupakan anggota badan yang pertama kali dilihat oleh orang lain dan menjadi daya tarik paling inti. Oleh karena itu, tak jarang para wanita rela merogoh kocek dalam-dalam demi mendapatkan wajah yang sehat dan cerah.

Sebenarnya cantik itu tidak harus mahal. Anda  juga dapat mendapatkan wajah yang sehat dan cerah dengan beberapa langkah mudah tanpa memerlukan biaya yang mahal. Langkah apa sajakah itu? langsung saja simak 5 cara mudah membuat sehat dan cerah berikut ini:

1.    Hidrasi

Jika anda ingin mempunyai kulit wajah yang bercahaya, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah hidrasi kulit atau memberikan kelembaban. Kulit yang kering cenderung kusam dan tidak bercahaya. Tentu saja anda tidak ingin mempunyai kulit yang kusam, kan? Nah, oleh karena itu lakukan perawatan hidrasi agar kelembaban kulit dapat terjaga.

Untuk menghidrasi kulit, anda dapat meningkatkan konsumsi air putih sekitar 7-8 gelas perhari. Air putih sangat efektif dalam melembabkan kulit dan menghilangkan garis-garis halus.

Di samping itu, hidrasi juga dapat dilakukan dengan memberikan produk pelembab pada kulit. Gunakan pelembab ini secara rutin sebelum tidur malam untuk menjaga kelembaban alami kulit.

2.    Gaya hidup sehat
Faktor penting yang berperan dalam merawat wajah agar bercahaya adalah menerapkan gaya hidup yang sehat. Gaya hidup sehat  dapat dilakukan dengan menghentikan kebiasaan merokok dan minum minuman berakohol. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran yang kaya antioksidan guna melindungi kulit dari efek radikal bebas, seperti paparan sinar UV dan polusi. Selain itu mengonsumsi ikan yang mengandung omega 3 (seperti ikan salmon dan ikan tuna) juga baik untuk meningkatkan kelembaban kulit.

Untuk pengonsumsian makanan instan, cepat saji, daging merah sebaiknya dibatasi karena dapat mempercepat penuaan dini dan memicu banyak penyakit. Terakhir, jangan lupa untuk selalu menggunakan pelindung tabir surya setiap berada di luar ruangan.

3.    Masker alami untuk wajah

Penggunaan produk-produk pemutih wajah memang dapat memberikan hasil yang lebih cepat untuk mencerahkan kulit. Namun, risiko yang ditimbulkan pun juga dapat memberikan efek buruk pada kulit. Menggunakan produk-produk pemutih mengartikan bahwa anda memupuk bahan-bahan kimia sintetik pada kulit. Sehingga lama-kelamaan dapat memicu terjadinya iritasi pada kulit wajah.

Sebagai alternatif yang lebih aman, anda dapat memanfaatkan bahan-bahan alami untuk perawatan kulit wajah. Penggunaan susu, lemon, dan minyak almond dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mencerahkan wajah. Selain itu, bahan-bahan tersebut juga mudah dijumpai. Cara pemakaiannya, campurkan 1 sdm susu, 1 sdm jus lemon, dan 1 sdm minyak almond ke dalam mangkuk dan aduk-aduk hingga rata. Oleskan pada wajah secara merata, lalu diamkan hingga 15 menit. Terakhir, bilas dengan air hingga bersih. Anda pun akan merasakan wajah tampak bersinar.

4.    Make up

Make up memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari wanita. Bahkan make up telah menjadi salah satu kebutuhan primer saat ini. Banyak orang yang wajahnya berubah 180 derajat berkat make up. Make up mampu membuat seseorang terlihat lebih cantik dan menarik. Namun, penggunaan make up yang berlebihan justru dapat merusak kulit.
Untuk tampil dengan wajah yang bercahaya, anda dapat mempoleskan make up pada wajah. Caranya: gunakan pelembab terlebih dahulu untuk melembabkan kulit. Kemudian aplikasikan foundation pada kulit secara merata dan tipis-tipis. Apabila di kulit anda terdapat flek hitam dan lingkar hitam di bawah mata yang terlihat jelas, anda dapat menggunakan concealer untuk menutupinya. Terakhir, gunakan bedak agar warna kulit terlihat rata.

5.    Hindari stres berlebihan

Anda tidak mungkin mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya apabila kondisi anda dalam keadaan stress berlebihan. Pada saat stress, tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol yang dapat menyebabkan produksi minyak di wajah menjadi berlebih, sehingga memicu timbulnya jerawat.

Jika anda merasa sedang tertekan dan jenuh, sebaiknya lakukan olahraga yoga atau tai chi untuk menangkan pikiran. Di samping itu, anda juga dapat beristirahat sambil mendengarkan lantunan musik instrumental. Lakukan juga olahraga secara rutin, berjalan, mandi dengan air hangat, dan tidur malam yang cukup untuk memelihara kesehatan kulit. Sesekali lakukan perawatan di spa dan salon kecantikan untuk memanjakan diri anda.

Demikianlah 5 cara mudah membuat wajah sehat dan cerah. Selain merawat wajah dengan cara-cara diatas, jangan lupa untuk selalu tersenyum dan bersikap ramah. Sebab, pada dasarnya kecantikan sejati itu datanganya dari dalam diri, serta sikap yang rendah hati maka wajah akan tampak lebih bercahaya.
Semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.