Inspirasi dan Ide untuk Memulai Bisnis Rumahan

Posted on

Mencari bisnis rumahan yang cocok dan menarik sangatlah penting untuk Anda. Karena apabila Anda membangun suatu bisnis tanpa tertarik akan bisnis tersebut, Anda akan cepat bosan dalam menjalankannya. Apalagi jika Anda ingin menjalankan bisnis rumahan. Secara garis besar, ada dua macam bisnis yang bisa Anda jalankan di rumah yaitu bisnis di bidang penjualan produk barang dan bisnis di bidang jasa. Berikut penjelasan mengenai bisnis rumahan yang mungkin bisa menginspirasi Anda:

Bisnis rumahan di bidang penjualan produk barang

Salah satu bisnis yang memungkinkan untuk Anda lakukan di rumah adalah dengan berjualan. Anda bisa menjual apa saja dan kemana saja. Di era internet ini, sangat memungkinkan bagi Anda yang ingin berjualan dari rumah. Anda bisa menawarkan produk-produk Anda pada situs-situs marketplace terkenal di Indonesia seperti olx, tokopedia, lazada, dan sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan produk melalui forum. Contoh forum untuk jual beli terbesar di Indonesia adalah forum kaskus.co.id.

Apabila Anda mengincar pasar luar negeri, Anda juga bisa menawarkan produk Anda ke situs e-bay. Namun sebelum itu, Anda juga harus mempersiapkan hal-hal teknis seperti bagaimana pengiriman barang, alat pembayaran, pajak, dan sebagainya.

Selain menjual di situs-situs marketplace, Anda juga bisa membuat toko website Anda sendiri. Apabila Anda tidak bisa membuat online store sendiri, Anda bisa membayar jasa orang lain untuk membuatkannya. Banyak jasa pembuatan toko website yang ditawarkan di internet. Selain itu, Anda juga bisa membuat website gallery khusus untuk menampilkan karya-karya Anda apabila Anda adalah seorang seniman atau pengrajin. Sama halnya dengan Anda yang suka mengambil foto atau biasa disebut dengan photografer. Anda bisa menampilkan hasil jepretan Anda sehingga memberikan peluang bagi orang-orang yang tertarik kepada jasa Anda.

Namun jika Anda tidak ingin keluar biaya yang banyak, Anda bisa memanfaatkan media sosial dalam menjual produk-produk Anda. Buat fanpage atau akun facebook khusus untuk berjualan, atau twitter khusus. Usahakan agar akun Anda itu terpisah dari akun pribadi Anda. Hal ini akan memudahkan Anda dalam pemasaran dan memonitoring penjualan.

Produk yang bisa Anda tawarkan pun bermacam macam. Anda bisa menawarkan produk fashion seperti baju, tas, dan lain-lain. Banyak pengusaha sukses yang mendapatkan cerita kesuksesannya dari berjualan produk fashion secara online.

Bisnis rumahan dengan menawarkan jasa

Ide bisnis rumahan lainnya adalah bisnis di bidang industri jasa. Menawarkan jasa kepada perusahaan atau pihak ketiga lainnya merupakan salah satu cara untuk menjalankan bisnis rumahan. Beberapa jasa tersebut misalkan jasa konsultasi keuangan, jasa desain, jasa marketing, dan sebagainya.

Anda juga bisa menyediakan jasa tutor secara online, seperti tutor bahasa, tutor website, atau tutor-tutor lainnya yang bisa Anda kemas ke dalam bentuk digital. Sebenarnya banyak sekali jasa-jasa yang bisa Anda tawarkan secara online, semua tergantung bagaimana Anda melihat peluang-peluang tersebut.

Apabila Anda masih bingung dalam menentukan bisnis rumahan apa yang akan Anda jalankan, coba untuk melihat ke dalam diri Anda. Tanyakan pada diri Anda, apa saja hal-hal yang Anda sukai, kelebihan di bidang apa saja yang Anda kuasai, faktor-faktor pendukung apa yang Anda miliki, dan sebagainya.

Namun perlu Anda ingat bahwa bisnis tetaplah bisnis. Dimanapun Anda menjalankan bisnis, baik di rumah ataupun di luar rumah, tetap saja membutuhkan kerja keras dan dedikasi yang tinggi.

Gravatar Image

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.