Investasi Anti Inflasi dengan Emas Batangan

0
103

Investasi merupakan salah satu metode yang tepat dalam menjaga nilai harta anda. Selain itu, dengan investasi anda juga mampu mengumpulkan penghasilan yang besar karena harta anda terjaga dan tidak digunakan dengan cara konsumtif. Akan tetapi saat ini sangat banyak jenis invetasi yang dapat digunakan. Untuk itu anda harus cerdas dalam menentukan jenis investasi yang benar-benar mampu menjaga nilai harta anda. Dan jenis investasi tersebut ialah investasi emas batangan.

Investasi emas batangan dapat meminimalisir kerugian dalam harta anda. Sebab logam mulia ini merupakan satu-satunya jenis harta yang tidak akan berubah nilainya meskipun sudah berubah bentuk. Dan waktu telah membuktikan bahwa dari puluhan abad yang lalu emas tidak pernah mengalami perubahan harga. Sehingga dapat dikatakan secara umum jika anda mengumpulkan emas selama bertahun-tahun maka anda tidak mengalami kerugian sama sekali meskipun waktu selalu bertambah dari hari ke hari. Inilah uniknya investasi dengan emas logam dengan bentuk logam batangan.

Salah satu lembaga resmi yang mengeluarkan logam di Indonesia adalah PT. Antam. Jika anda membeli emas pastikan bahwa emas tersebut resmi bersertifikat dari Antam agar investasi anda terjaga dengan aman. Logam emas sangat cocok digunakan untuk investasi baik jangka pendek maupun jangka panjang. Emas batangan juga sangat cocok digunakan untuk bisnis serta perlindungan kekayaan. Bahkan emas batangan saat ini seringkali dijadikan penentu nilai kekayan seseorang atau suatu negara.

Cara mendapatkan emas dan Ciri-ciri keasliannya

Emas yang baik untuk investasi adalah emas batangan. Meskipun emas perhiasan juga bagus untuk investasi, namun perhiasan biasanya lebih besar potongannya. Sebenarnya untuk mendapatkan emas batangan saat ini tidak begitu sulit. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di PT. Antam. Perusahaan tersebut juga memiliki produk seperti sertifikasi emas, tabungan emas, emas batangan, serta koin emas. Meskipun demikian, produk emas yang paling digemari oleh masyarakat adalah emas batangan.

Kegemaran berinvestasi dalam bentuk emas batangan pun kini semakin meningkat. Pasalnya, ketika dijual kembali, emas batangan tidak banyak mengalami pengurangan. Dan untuk mendapatkan emas batangan pun cukup mudah. Anda bisa membelinya di toko penjualan emas, pegadaian, atau langsung ke kantor Antam. Uniknya kini anda pun bisa membelinya via online di tempat-tempat tertentu.

Akan tetapi jika anda memutuskan untuk membeli via online pastikan kredibilitas penjual emas batangan tersebut serta tingkat keaslian produk emas batangannya. Sebab, tidak sedikit penipuan terjadi dengan kedok jual-beli emas batangan. Bahkan penjualan emas palsu pun seringkali dialami oleh consumen yang tidak beruntung. Perlu anda ketahui bahwa emas yang asli adalah emas dengan tingkat 99,99 % berbahan emas murni. Jika anda mendapatkan emas di bawah tingkat tersebut maka anda harus berhati-hati akan keasliannya.

Emas palsu adalah emas yang telah diproduksi dengan banyak penambahan bahan seperti besi, nikel, perak dan lain-lain. Di sinilah pentingnya sertifikat emas batangan yang berfungsi sebagai penjamin keaslian emas. Meskipun banyak juga sertifikat palsu yang beredar di pasarang. Untuk itu perlu kiranya anda benar-benar paham seluk beluk emas batangan sebelum membelnya.

Ada berbagai pilihan emas batangan yang dapat anda miliki. Di antaranya adalah emas 1 gram, 2,5 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, 250 gram, hingga 1000 gram. Semua produk tersebut memiliki sertifikat resmi yang menjelaskan tentang deskripsi kemurnian emas, ukuran hingga tempat yang mencetaknya.

Yang perlu anda ketahui dari emas batangan adalah ciri-ciri fisiknya. Emas batangan lama dan terbaru memiliki perbedaan pada tulisannya. Pecahan baru bentuk tulisannya ialah berbentuk vertikal sedangkan pada emas batangan lama berbentuk horizontal. Sedangkan secara bentuk fisik masih sama yaitu persegi. Tapi yang lebih penting adalah jika anda menggunakan emas batangan untuk investasi pastikan keasliannya dengan sertifikat resmi dari Antam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here