Jantung Sehat dengan Makanan Yang Sehat

0
72

Jantung sehat tidak didapatkan dengan berdiam diri. Untuk memiliki jantung yang sehat anda perlu memperbanyak konsumsi makanan sehat yang akan dapat membantu meredam risiko penyakit jantung. Ada beberapa jenis makanan sehat yang dianjurkan oleh dokter untuk menjaga kesehatan jantung dan juga dianjurkan bagi mereka yang telah menderita jantung coroner.

Berikut adalah beberapa jenis makanan sehat yang sangat baik bagi jantung

Makanan serat larut

Makanan sehat yang baik untuk kesehatan jantung pertama adalah makanan yang mengandung banyak serat larut. Misalnya beras merah, roti gandum, buah-buahan yang dimakan bersama kulitnya seperti pir, apel, jambu biri, buah-buahan yang berpektin tinggi misalnya papaya, polong-polonganm dan juga kacang-kacangan seperti kacang tanah rebus, kacang merah, kacang hijau, kacang tolo, kedelai dan aneka kacang lainnya.

Di samping dapat menurunkan kolesterol karena dapat mengangkut asam empedu, serat yang larut juga dapat mengatur kadar gula darah serta menurunkan tekanan darah.

Protein nabati

Makanan sehat yang baik untuk kesehatan jantung lainnya adalah protein nabati. Protein nabati dapat didapatkan melalui aneka olahan makanan berbahan tahu dan tempe, Semua olahan tahu dan tempe sangat kaya akan protein nabati sehingga sangat dianjurkan untuk kesehatan jantung.

Daging dan ikan

Makana sehat lainnya adalah daging dan ikan. Dengan mengonsumsi ikan maka penderita penyakit kanker akan cepat sembuh kembali karena kandungan pada ikan mampu menurunkan kadar trigliserida dan lipoprotein. Akan tetapi apabila anda ingin mengonsumsi daging, khususnya daging ayam, maka sebaiknya anda tidak memakan juga kulit dan lemaknya. Untuk menjaga kesehatan jantung sebaiknya anda makan ikan paling tidak seminggu sekali. Dengan mengonsumsi ikan maka anda akan terhindar dari risiko kematian akibat ritme jantung yang abnormal hingga 50%. Adapun ikan terbaik untuk menyehatkan jantung adalah ikan laut seperti tuna.

Folat

Kandungan folat yang terdapat pada sayuran berdaun hijau juga merupakan jenis makanan sehat yang sangat baik untuk tubuh. Misalnya sayuran daun singkong, daun papaya, daun labu, daun kacang panjang, daun pakis, sawi, kangkung, dan lain sebagainya. Selain itu, folat juga banyak terkandung dalam polong-polongan seperti kacang hijau, kacang merah, kacang tolo, serta kedelai.

Karbohidrat kompleks

Untuk memiliki jantung yang sehat anda juga sebaiknya mengonsumsi makanan sehat yang banyak mengandung karbohidrat kompleks. Zat karbohidrat kompleks ini banyak terdapat pada pasta, kentang, roti, dan nasi.

 

Selain itu tentu masih banyak lagi makanan sehat yang berguna bagi kesehatan jantung. Secara umum sebaiknya anda memperbanyak makanan yang bersumber dari alam dan terbukti menyehatkan agar jantung anda selalu sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here