Jenis-Jenis Anemia, Penyebab dan Bahayanya bagi Kesehatan Tubuh - Articles.id - Direktori Artikel Indonesia
Thursday , July 20 2017
Home / Kesehatan / Jenis-Jenis Anemia, Penyebab dan Bahayanya bagi Kesehatan Tubuh

Jenis-Jenis Anemia, Penyebab dan Bahayanya bagi Kesehatan Tubuh

Darah adalah cairan  dalam tubuh yang perannya amat terkait dengan sistem peredaran darah. Peran cairan tubuh yang terbagi atas sel darah merah, sel darah putih dan juga plasma darah ini adalah mengantarkan atau mendistribusikan oksigen dan zat-zat makanan ke seluruh jaringan tubuh. Oleh karena itu apabila terjadi gangguan/ kondisi tidak normal atau penyakit terkait dengan cairan tubuh ini, penanganan lebih lanjut dan serius adalah hal yang benar-benar sangat diperlukan.

Salah satu penyakit darah yang pada umumnya sering terjadi adalah anemia atau yang lebih familiar dikenal dengan nama kekurangan darah. Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa anemia adalah penyakit darah yang umum terjadi. Tercatat pada tahun 2012 silam, terdapat 22 juta anak Indonesia terserang penyakit yang bernama Yunani” ἀναιμία anaimia” ini.

Namun apakah anemia atau kekurangan darah tersebut?, anemia atau kekurangan darah sendiri dapat dijelaskan sebuah kondisi saat jumlah sel darah ataupun hemoglobin dalam tubuh berada di bawah konsentrasi normal. Seperti yang anda ketahui bahwa, hemoglobin yang terdapat dalam sel darah merah memiliki peran sebagai pengikat oksigen dalam sel darah merah.

Oleh karena itu kurangnya konsentrasi hemoglobin dalam darah atau pun kurangnya jumlah sel darah merah akan mempengaruhi jumlah oksigen yang didistribusikan ke jaringan tubuh. Sehingga tidak mengherankan bahwa penderita anemia atau kekurangan darah akan menunjukkan banyak gejala asimtomatik berupa:

  • Letargi
  • Palpitasi
  • Pucat
  • Menurunnya kekebalan tubuh
  • Nafas yang pendek
  • Sakit kepala

Dimana gejala-gejala tersebut muncul akibat terganggunya pasokan oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Pada beberapa kasus, anemia atau kekurangan darah juga menyebabkan menurunnya kekebalan tubuh dalam menghadapi penyakit. Anemia sendiri diklasifikasikan dalam banyak jenis dengan dasar klasifikasi yang berbeda-beda. Salah satu dasar yang digunakan dalam klasifikasi tersebut adalah keabnormalan atau kerusakan pada sel darah merah. Adapun beberapa jenis anemia yang masuk ke dalam klasifikasi ini adalah:

Sickle Cell Anemia

Anemia yang juga banyak dikenal sebagai anemia sel sabit ini adalah kelainan darah dimana sel darah merah yang memiliki bentuk/ shape seperti sabit atau huruf C. Keadnormalan bentuk/ jenis sel darah merah ini membuat sel darah merah menjadi sangat rapuh dan tidak dapat mengikat oksigen secara optimal yang menyebabkan kondisi kekurangan darah atau anemia terjadi. Diketahui bahwa sel darah merah yang mengalami kelainan ini hanya akan bertahan kurang dari 120 hari( umur normal dari sel darah merah).

jenis-jenis anemia

Thalasemia/ Talasemia

Jenis anemia yang satu ini adalah jenis anemia yang dapat terjadi dikarenakan kurangnya konsentrasi hemoglobin di dalam darah. Hal ini menyebabkan sel darah merah mengalami ketidakoptimalan dalam pengikatan oksigen. Pada kondisi parah, anemia Thalasemia dapat bertransformasi menjadi anemia Cooley/ Cooley Anemia.

Anemia dikarenakan kehilangan darah

Anemia jenis yang satu ini dapat terjadi tubu kehilangan banyak darah dari kondisi normal, adapun beberapa penyebab yang sering menjadi pemicu anemia ini adalah:

  • Masa menstruasi
  • Pendarahan hebat pada proses persalinan/ melahirkan
  • Trauma, yang menyebabkan darah membutuhkan waktu lama untuk membeku
  • Pendarahan pada organ dalam seperti pendarahan pada saluran pencernaan

Untuk mendiagnosis apakah seseorang tengah mengalami anemia atau tidak, pada umumnya hal tersebut dapat diketahui dari sejumlah pemeriksaan medis. Adapun pemeriksaan medis yang kerap digunakan adalah:

  • Pemeriksaan fisik
  • Pemeriksaan CBC(Complete Blood Count)
  • Pemeriksaan kondisi dan bentuk sel darah merah

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *