Jenis Makanan Sehat Untuk Penyakit Asma Ini Harus Sering Dikonsumsi
Thursday , July 20 2017
Home / Kesehatan / Jenis Makanan Sehat Untuk Penyakit Asma Ini Harus Sering Dikonsumsi
Jenis Makanan Sehat Untuk Penyakit Asma

Jenis Makanan Sehat Untuk Penyakit Asma Ini Harus Sering Dikonsumsi

Jenis Makanan Sehat Untuk Penyakit Asma. Makanan sehat untuk penyakit asma harus mengandung banyak vitamin D dan C. Penyakit Asma menyerang karena terjadi penyempitan pembuluh di tenggorokan. Inilah 7 makanan sehat untuk mengobati penyakit asma. Penyakit Asma adalah penyakit sesak nafas yang diakibatkan adanya penyempitan pada pembuluh di tenggorokan. Pada umumnya, dokter akan menyarankan agar penderita asma mengonsumsi obat-obatan medis untuk mengurangi gejala serangannya, sehingga tidak jarang penderita asma hanya bergantung pada obat-obatan seumur hidupnya.

Sebenarnya, pengonsumsian obat-obatan medis saja tidak cukup untuk mengatasi penyakit asma.  Selain menyebabkan ketergantungan, obat-obatan kimia tersebut juga mempunyai efek samping. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika penderita penyakit asma juga menyeimbangi pengobatannya dengan mengonsumsi makanan tinggi nutrisi.

Sebuah penelitian terbaru menyatakan bahwa makanan tinggi nutrisi merupakan pilihan tepat untuk mengontrol penyakit asma serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berikut ini 7 makanan sehat untuk penyakit asma yang disarankan bagi penderita asma:

  1. Makanan Sehat Berbentuk Buah-buahan dan sayuran

Makanan sehat untuk penyakit asma yang pertama adalah buah dan sayuran. Buah-buahan dan sayuran sangat disarankan untuk dikonsumsi para penderita asma. Hal ini dikarenakan buah dan sayuran merupakan makanan yang mengandung antioksidan sehingga dapat menjaga kesehatan tubuh.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sekelompok orang yang melakukan diet mediterania (Diet dengan penekanan pada konsumsi buah, sayuran, kacang-kacangan, dan sumber lemak tak jenuh) mempunyai kontrol asma yang lebih baik. Buah-buahan dan sayuran mempunyai kandungan antiinflamasi yang dapat mengurangi peradangan di paru-paru.

  1. Makanan Sehat yang mengandung Asam lemak omega-3

Salah satu sumber makanan yang baik untuk mengurangi asma adalah makanan yang mengandung asam lemak omega-3, seperti ikan salmon, kenari, dan minyak ikan. Asam lemak omega-3 merupakan asam lemak tak jenuh yang dapat mengurangi penyempitan saluran paru-paru. Dengan mengonsumsi minyak ikan atau ikan salmon, maka anda dapat mengurangi risiko efek samping dari obat asma.

  1. Cabe

Makanan sehat untuk penyakit asma lainnya adalah cabe. Cabe merupakan salah satu makanan sumber vitamin C yang dapat mengatasi penyakit asma. Makanan pedas dapat berperan untuk menjaga kesehatan pernafasan dan membersihkan lendir yang disebabkan alergi pada penderita asma.

  1. Apel

Apel adalah salah satu makanan sehat untuk penyakit asma. Apel memang telah lama dikenal sebagai buah yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh, salah satunya mengurangi risiko serangan asma. Buah apel mengandung antioksidan kuat yang dapat memberikan efek antiinflamasi, sehingga mampu mengurangi pembengkakan dan alergi pada paru-paru.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Respiratory Critical Care Medicine memapaparkan bahwa seseorang yang mengonsumsi apel 2 kali dalam seminggu memiliki risiko 3 kali lebih rendah terserang asma.

  1. Makanan Sehat yang mengandung Vitamin D

Salah satu penyebab penyakit asma adalah kurangnya asupan vitamin D. Oleh karena itu, untuk mengurangi gejala asma dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan sumber vitamin D, seperti ikan, telur, dan susu. Di samping itu, vitamin D juga dapat diperoleh dari paparan sinar matahari di pagi hari. Anda cukup melakukan berjemur selama 10 menit.

  1. Makanan Sehat yang mengandung Vitamin C

Vitamin C mempunyai peran sebagai sumber antioksidan dan anti peradangan yang mengurangi pembengkakan di paru-paru. Sumber vitamin C dapat diperoleh dari suplemen ataupun makanan. Beberapa makanan yang mengandung vitamin C, yaitu jeruk, stroberi, jambu, kiwi, kembang kol, paprika, brokoli, dan sayuran berwarna hijau gelap. Sebelum anda memutuskan untuk mengonsumsi suplemen vitamin C, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

  1. Jahe

Jahe juga dapat menjadi makanan sehat untuk penyakit asma. Selain sebagai bahan ramuan dan bumbu masak, jahe ternyata juga memiliki khasiat untuk mengatasi gejala asma. Manfaat jahe bagi penderita asma adalah kemampuannya membersihkan saluran udara dan membantu menghentikan peradangan. Segelas ramuan jahe dapat memberikan manfaat untuk mencegah kekambuhan sekaligus mengurangi gejala asma pada penderita.

Demikianlah 7 makanan sehat untuk penyakit asma.

Semoga dapat bermanfaat.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *