Jenis Makanan Yang Berfungsi untuk Kesehatan Usus Besar
Wednesday , July 26 2017
Home / Kesehatan / Jenis Makanan Yang Berfungsi untuk Kesehatan Usus Besar
kesehatan usus besar

Jenis Makanan Yang Berfungsi untuk Kesehatan Usus Besar

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan usus besar adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Beberapa jenis makanan tertentu dapat membantu proses detoksifikasi (pengeluaran racun) dari dalam usus besar. Apabila kita mengonsumsi makanan tersebut secara rutin, maka kesehatan usus besar dapat terjaga serta terhindar dari gangguan pencernaan.

Dikutip dari “top 10 home remedies” , berikut 7 jenis makanan untuk detoksifikasi usus besar:

  1. Air

Cara terbaik untuk pembersihan atau detoksifikasi usus besar adalah rutin mengonsumsi air putih. Pengonsumsian air putih yang disarankan adalah 8 sampai 10 gelas sehari. Dengan mengonsumsi air putih secara rutin, maka dapat membantu proses pengeluaran limbah dan racun dari dalam tubuh. Di samping itu, air putih juga berguna untuk mencegah terjadinya dehidrasi pada tubuh.

  1. Jus Apel

Jus apel segar merupakan salah satu minuman yang berguna untuk detoksifikasi usus besar secara alami. Mengosumsi jus apel secara rutin dapat membantu proses pergerakan usus, mengeluarkan racun dari dalam tubuh, melacarkan proses pencernaan, serta meningkatkan kesehatan hati.

Mulailah dengan mengonsumsi segelas jus apel tanpa disaring setiap hari. Setelah 30 menit, minumlah segelas air putih. Lakukan hal ini secara rutin selama 3 hari berturut-turut. Dengan demikian, usus besar akan bersih.tips menjaga kesehatan usus besar

  1. Jus Lemon

Lemon mengandung antioksidan dan kaya akan vitamin C yang berguna untuk melancarkan pencernaan dan detoksifikasi usus besar. Untuk mengonsumsi jus lemon, caranya:

  • Campurkan jus lemon, garam laut, dan sedikit madu ke dalam segelas air hangat
  • Minum pada saat perut kosong di pagi hari, sehingga dapat membantu meningkatkan energy tubuh.

Cara penyajian lain yang dapat dicoba, yaitu:

  • Campurkan 2 sdm jus lemon ke dalam segelas jus apel segar
  • Minum 3-4 kali sehari
  1. Jus sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung klorofil yang dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Selain itu, sayuran hijau juga mengandung vitamin, mineral, asam amino, dan enzin yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh.

Yang perlu diperhatikan, jangan mengonsumsi jus sayuran dalam kemasan yang beredar di pasaran karena tidak mengandung cukup enzim. Sehingga kurang efektif untuk membantu proses detoksifikasi. Sebaiknya, buatlah jus sayuran segar di rumah dari wortel, jagung, labu, bayam, kangkung, atau buah bit.

  1. Konsumsi makanan kaya serat

Mengonsumsi makanan yang kaya serat dapat membantu proses detoksifikasi usus besar. Di samping itu, makanan yang tinggi serat juga membantu pergerakan usus dan mendorong pengeluaran limbah dari usus besar.

Anda dapat memperoleh makanan yang kaya serta dari buah-buahan dan sayuran, seperti pir, apel, pepaya, raspberry, kacang polong, brokoli, sereal, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

  1. Yogurt

Mengonsumsi yogurt secara terartur dapat membantu menjaga kesehatan usus besar.Yogurt merupakan makanan probiotik yang mendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam usus dan mengatasi penyakit radang usus.

Di samping itu, yogurt juga berguna untuk mengatasi gangguan pencernaan, perut kembung, dan melancarkan buang air besar. Anda dapat mengonsumsi yogurt dengan beberapa buah segar, seperti apel, jeruk nipis, dan pisang. 

  1. Lidah buaya

Lidah buaya dikenal dengan khasiatnya yang membantu proses detoksifikasi serta sebagai pencahar. Oleh karena itu, lidah buaya merupakan agen pembersih usus besar yang efektif. Di samping itu, lidah buaya juga dapat mengobati gangguan kesehatan lain, seperti sakit kepala, infeksi kulit, diare, nyeri lambung, dan sembelit.

Cara penyajiannya adalah dengan mencampurkan gel lidah buaya dengan jus lemon ke dalam blender. Kemudian konsumsi sebanyak 1-2 kali sehari selama beberapa hari. Dengan begitu, usus besar pun menjadi bersih dan sehat.

Demikianlah 7 makanan untuk detoksifikasi usus besar. Konsumsi makanan-makanan tersebut secara wajar dan jangan berlebihan. Selain itu, hindari mengonsumsi makanan yang mengandung bahan-bahan kimia sintesis secara berlebihan. Smeoga bermanfaat.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *