Jenis Makanan Yang Baik Bagi Penderita Penyakit Jantung Koroner

0
52

Sumber masalah dari semua penyakit adalah makanan. Jika makanan yang masuk ke dalam tubuh adalah makanan yang sehat maka bisa dipastikan kesehatan tubuh akan selalu terjaga. Begitu pula sebaliknya apabila makanan yang dikonsumsi seseorang banyak mengandung zat beracun maka segala jenis penyakit akan mudah menyerang tubuh. Salah satu penyakit yang bersumber dari makanan adalah penyakit jantung koroner. Untuk itulah secara umum pengidap penyakit jantung koroner sangat dianjurkan untuk mengatur kembali asupan nutrisinya. Sebab dengan mengontrol baik mengurangi atau membatasi makanan tertentu maka penyakit jantung koroner akan dapat diatasi.

Penyakit jantung secara umum termasuk salah salah satu penyakit yang masih sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Sebab penyakit jantung termasuk penyakit yang mematikan tanpa tanda-tanda tertentu dan tanpa memberi tanda atau gejala yang begitu jelas. Untuk itu anda sebaiknya selalu waspada terhadap penyakit yang satu ini. Para pakar kesehatan seringkali mengingatkan bahwa penyakit jantung dapat dihindari dengan cara mengonsumsi jenis makanan tertentu. Khususnya makanan yang mengandung banyak kolesterol sangat dilarang bagi penderita penyakit jantung koroner.

Sebenarnya ada banyak sekali jenis makanan yang baik bagi penyakit jantung koroner. Di antara makanan yang paling direkomendasikan bagi penderita penyakit jantung koroner yaitu aneka jenis makanan yang banyak mengandung asam folat misalnya brokoli, kacang-kacangan, jeruk, dan bayam. Di samping itu makanan yang mengandung banyak vitamin B6 dan vitamin E juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin seperti ayam tanpa lemak, buah alpukat, gandum, beras merah, pisang, serta minyak sayur.

Selain makanan di atas, aneka makanan seperti tomat, wortel, sayuran yang berwarna hijau juga sangat baik bagi penderita jantung koroner. Sebab makanan tersebut banyak sekali mengandung beta karoten, lycopene, serat, dan lain sebagainya. Semua jenis makanan itu mampu mengurangi kolesterol dalam tubuh sehingga mampu mengurangi resiko terserang penyakit jantung.

Bukan hanya itu, jenis makanan yang mengandung flavonoid pun sangat disarankan bagi penderita jantung koroner. Kandungan flavonoid ini dapat diperoleh dari anggur atau buah apel. Aneka jenis ikan-ikanan laut seperti ikan tuna, makarel, lemusi juga sangat baik bagi penderita penyakit jantung koroner. Sebab ikan-ikan tersebut banyak mengandung lemak omega 3 yang tentunya sangat bagus bagi kesehatan jantung anda.

Namun meskipun demikian mengonsumsi semua jenis makanan di atas secara berlebihan juga kurang baik bagi tubuh. Sehingga tindakan yang paling tepat adalah mengontrol apa yang anda konsumsi atau membatasi makanan agar tidak terjadi konsumsi secara berlebihan.

Selain penyakit jantung koroner, jenis penyakit jantung lainnya yang sering dialami oleh sebagian besar orang ialah penyakit jantung bengkak. Bagi penderita jantung bengkak sangat dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi buah tomat matang, kacang-kacangan, bawang putih, dan aneka jenis makanan yang mampu berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh agar racun yang masuk ke dalam tubuh tidak menyebar dan menimbulkan penyakit lainnya.

Buah tomat memang mengandung banyak sekali antioksidan bagi tubuh. Untuk itu usahakan anda selalu mengonsumsinya secara rutin minimal 3 gelas dalam sehari. Memakan 3 siung bawang putih setiap hari juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung secara menyeluruh.

Dan khususnya bagi para penderita penyakit jantung bengkak sangat tidak dianjurkan memperbanyak konsumsi seafood. Di samping itu daging kambing, bebek, dan berbagai makanan yang mengandung kolesterol tinggi juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here