Jenis Penyakit Ginjal Yang Berbahaya Bagi Kesehatan Tubuh

Posted on

Articles.id – Tubuh yang sehat merupakan idaman bagi setiap manusia. Kesehatan tubuh bagian luar merupakan hal penting agar anda terlihat selalu ceria dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Namun yang lebih penting daripada kesehatan tubuh bagian dalam adalah kesehatan organ tubuh bagian dalam. Untuk itu tidak ada salahnya apabila anda memberikan perhatian yang ekstra terhadap kesehatan organ tubuh dalam.

Meskipun berbagai upaya telah dilakukan oleh banyak orang untuk terus bertahan menjadi lebih sehat tapi nyatanya masih banyak sekali penyakit yang menyerang organ inti manusia. Organ yang seringkali mendapat ujian berupa penyakit adalah organ ginjal. Organ ginjal adalah salah satu organ dalam tubuh yang sangat vital dan memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara umum. Hal ini dikarenakan organ ginjal berfungsi untuk menyaring serta mengeluarkan zat-zat sisa proses metabolisme dalam tubuh. Dan ketika organ ginjal mengalami gangguan maka akan terjadilah berbagai jenis penyakit ginjal seperti yang berikut ini:

Penyakit gagal ginjal

Jenis penyakit yang menyerang ginjal pertama yaitu penyakit gagal ginjal. Gagal ginjal merupakan jenis penyakit ginjal yang perlu segera diwaspadai. Sebab ketika penyakit gagal ginjal tidak segera ditangani maka yang terjadi adalah penimbunan urea yang akan berakibat pada kematian. Penyakit gagal ginjal dapat berdampak pada disfungsi sebagian besar organ dalam tubuh manusia. Untuk itu anda harus selalu memperhatikan kesehatan ginjal anda dengan membiasakan diri mengonsumsi makanan yang sehat. Penyebab terjadinya gagal ginjal ini lebih disebabkan banyaknya zat kimia yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan seperti jenis makanan yang berbahan pengawet serta zat-zat yang berbahaya.

Penyakit batu ginjal

Jenis penyakit ginjal yang kedua ialah penyakit batu ginjal. Penyakit yang terjadi pada ginjal ini lebih dikarenakan terdapatnya berbagai mineral pada bagian ginjal. Batu ginjal bukan berarti banyaknya batu di dalam ginjal melainkan batu ginjal merupakan istilah terbentuknya gumpalan keras akibat terjadinya pengendapan garam kalsium pada rongga ginjal, saluran ginjal maupun kantong kemih. Agar anda tidak mengalami penyakit batu ginjal maka sebaiknya anda perbanyak konsumsi air putih dan juga banyak mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin B6 dan vitamin A.

Penyakit diabetes melitus

Penyakit yang menyerang ginjal lainnya ialah penyakit diabetes melitus. Jenis penyakit yang satu ini timbul lebih dikarenakan faktor keturunan. Sebab penyakit diabetes melitus dapat menyerang tubuh akibat obesitas serta pola makan yang tidak sehat. Penyakit diabetes melitus atau yang disebut dengan penyakit kencing manis ini lebih dikarenakan kadar hormon insulin yang sangat rendah. Padahal kadar insulin yang rendah justru akan mampu mengganggu proses perubahan glukosa menjadi glikogen. Dan akibatnya gula dalam darah akan semakin meningkat sehingga mengakibatkan munculnya diabetes melitus.

Penyakit glomerulus

Penyakit pada ginjal selanjutnya ialah penyakit glomerulus atau panjangnya nefritis glomerulus. Jenis penyakit yang satu ini lebih akrab disebut dengan penyakit radang ginjal. Sebab timbulnya penyakit ini lebih dikarenakan adanya reaksi alergi racun yang telah diproduksi bakteri streptococcus. Orang yang terserang penyakit glomerulus  akan merasakan sel darah merah serta protein yang terus tercampur bersama urin. Dan apabila tidak segera diatasi maka penyakit glomerulus akan berkembang menjadi penyakit gagal ginjal.

Penyakit diabetes insipidus

Penyakit diabetes insipidus menyerang dikarenakan seseorang tersebut kekurangan hormon antidiuretik (ADH). Kondisi seperti ini mengakibatkan tubuh yang terus mengeluarkan urin secara berlebihan.

Untuk mengatasinya maka biasakan dari sekarang mengatur pola makan serta pola hidup yang sehat agar ginjal anda selalu terjaga.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.