Friday , June 23 2017
Home / Tips Kesehatan / 6 Jenis Penyakit Hati Yang Berbahaya Bagi Kesehatan Tubuh Anda
jenis penyakit hati berbahaya

6 Jenis Penyakit Hati Yang Berbahaya Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Hati adalah salah satu organ tubuh terpenting yang menjalankan ratusan fungsi vital untuk mendukung keberlangsungan sistem organ tubuh lainnya. Salah satu fungsi utama hati adalah menetralisir racun dari tubuh manusia. Disamping itu hati memiliki beberapa peranan vital lainnya. Sebagai contoh, hati menghasilkan empedu untuk mendukung pencernaan lemak dari makanan. Mengontrol kadar gula dalam darah, mengatur sirkulasi hormon dan mengatur suhu tubuh juga merupakan bagian dari fungsi hati. Begitu banyak dan pentingnya peranan hati membuat manusia tidak dapat hidup tanpa keberadaan organ hati. Oleh sebab itu penyakit yang menyerang organ hati dapat berisiko kematian terhadap penderitanya.

Penyakit pada organ hati (liver) dapat disebabkan oleh beberapa faktor, mungkin karena faktor genetik, karena infeksi virus, pengaruh dari racun atau toxin, atau dapat pula terjadi karena pola hidup yang tidak sehat. Lalu apa saja jenis-jenis penyakit pada hati? Berikut diantaranya yang perlu kita kenali :

Penyakit Hati: Hepatitis A, B, C, D dan E

Penyakit hepatitis menandakan adanya pembengkakan atau peradangan pada hati atau liver. Terdapat lima virus yang menjadi penyebab penyakit Hepatitis yaitu, virus hepatitis A, virus hepatitis B, virus hepatitis C, virus hepatitis D, dan virus hepatitis E.

Hepatitis A merupakan satu-satunya jenis hepatitis akut yang dapat sembuh secara sendirinya tanpa meninggalkan jejak. Biasanya durasi infeksi virus hepatitis A berlangsung sekitar 1 hingga 2 minggu. Virus hepatitis A (HVA) sangat mudah menular terutama melalui makanan, atau air yang terkontaminasi tinja yang telah terinfeksi. Pencegahan infeksi virus ini dapat dilakukan dengan memperbaiki kebersihan sanitasi dan pemberian vaksin hepatitis A.

Hepatitis B merupakan penyakit hati yang sangat berbahaya dan dapat berakibat fatal karena meningkatkan risiko terjadinya kanker hati. Virus hepatitis B menular melalui pertukaran cairan yang dapat terjadi karena hubungan seksual, transfusi darah, sentuhan pada luka yang terbuka, atau dari ibu ke anak pada saat melahirkan. Penularan virus hepatitis B juga dapat dicegah melalaui vaksinasi, dan kewaspadaan untuk menghindari penyebab penularan virus.

Sebagaimana hepatitis B, hepatitis C juga dapat menular melalui cairan tubuh, terutama darah. Gejala hepatitis C hampir sama dengan hepatitis B, namun virus hepatitis C lebih berbahaya karena lebih sulit dihilangkan. Pada sebagian besar pasien virus hepatitis C tetap tinggal dalam tubuh sehingga mengganggu fungsi hati. Saat ini belum ada vaksin untuk melindungi dari infeksi virus hepatitis C ini.

Virus hepatitis D adalah yang paling jarang namun paling berbahaya diantara virus hepatitis lainnya. Namun virus hepatitis D hanya dapat hidup dengan pertolongan virus hepatitis B. Oleh sebab itu infeksi virus hepatitis D akan terjadi bersamaan atau setelah seseorang terkena hepatitis B. Tidak ada vaksin untuk virus hepatitis D, namun vaksinasi hepatitis B otomatis dapat melindungi dari hepatitis D, karena virus hepatitis D tidak mungkin dapat hidup tanpa virus hepatitis B.

Hepatitis E mirip dengan hepatitis A, dimana virusnya dapat menular melalui kotoran manusia ke mulut akibat makanan dan minuman yang terkontaminasi. Secara umum penyakit hepatitis E dapat disembuhkan tanpa menyebabkan infeksi kronis (jangka panjang). Namun pada ibu hamil, hepatitis E perlu diwaspadai karena dapat menyebabkan penyakit gagal hati akut yang berbahaya.

Penyakit Hati: Sirosis hati

Sirosis hati merupakan penyakit hati kronis atau tingkat lanjut dimana fungsi hati telah menurun dan jaringan hati normal telah digantikan dengan jaringan parut (fibrosis). Keadaan tersebut juga memicu kerusakan dan matinya sel-sel hati yang sehat. sirosis hati dapat terjadi karena infeksi virus hepatitis B, dan C , karena adanya sumbatan pada empedu, atau karena pola hidup tidak sehat seperti merokok dan konsumsi alkohol.

Penyakit Hati: Kanker hati

Kanker hati  adalah komplikasi akhir dari hepatitis kronis dan sirosis hati yang telah semakin memburuk. Baik kanker hati maupun sirosis hati seringkali baru terdeteksi saat penderita telah mencapai stadium lanjut. Pada kanker hati sebagian besar fungsi hati telah menurun akibat serangan keganasan sel-sel kanker.

Penyakit Hati: Perlemakan hati

Perlemakan hati atau sering disebut fatty liver biasanya diderita oleh orang-orang yang mengalami obesitas. Lemak yang tidak sehat tertimbun secara berlebihan da menggantikan sel-sel hati yang sehat, sehingga membuat hati membesar dan rentan mengalami sirosis hati.

Penyakit Hati: Kolestasis dan jaundice

Merupakan keadaan dimana berkurangnya atau terhentinya produksi empedu, yang menyebabkan terganggunya penyerapan lemak dan vitamin A, D, E, K oleh usus. Ketika aliran empedu terhenti, sementara hati terus memproduksi bilirubin, maka bilirubin dapat masuk ke aliran darah dan mengendap di kulit. Kondisi tersebut dikenal dengan jaundice (sakit kuning).

Penyakit Hati: Hemochromatosis

Adalah penyakit kelain metabolisme yang menyebabkan penyerapan besi berlebihan dari makanan. Kelebihan zat besi tersebut dapat mengendap pada organ hati, sehingga dapat menyebabkan peningkatan volume hati dan berisiko menimbulkan sirosis hati. Penyakit ini terjadi akibat faktor genetik atau keturunan.

Demikianlah beberapa penyakit yang sering terjadi pada organ hati. Menjaga pola hidup sehat, seperti olaharaga, istirahat teratur, mengurangi konsumsi makanan berlemak, memperbayak konsumsi buah dan sayur, menghidari rokok dan alkohol, menjaga sanitasi lingkungan sekitar, serta melakukan vaksinasi hepatitis yang tersedia merupakan beberapa langkah yang dapat kita terapkan untuk menjaga kesehatan fungsi hati yang sangat berharga.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

metode sunat

Metode Sunat Yang Paling Efektif Untuk Anak

Metode sunat memang beragam. Mulai dari metode sunat tradisional atau modern. Tujuan metode sunat itu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *