14 Jenis Penyakit Menular Ini Berbahaya Bagi Kesehatan

0
69

Penyakit menular sangat berbahaya bagi tubuh. Penyakit menular seringkali dianggap remeh. Anda seharusnya mulai waspada dengan penyakit menular berikut ini:

Demam Berdarah

Demam berdarah merupakan salah satu penyakit menular yang di akibatkan oleh gigitan serangga yaitu nyamuk aedes aegypti. Cara pencegahan penularan penyakit demam berdarah adalah dengan melakukan 3M yaitu menutup penampungan air, menguras bak mandi dan juga menimbun barang barang yang berpotensi terjadi genangan air, yang bertujuan untuk mencegah perkembang biakan nyamuk aedes aegypti, serta bisa juga dengan memasang obat nyamuk dan juga memakai lotion anti nyamuk.

Influenza

Influenza merupakan penyakit menular yang sangat mudah sekali menyebar karena proses penyebaran nya bisa melalui udara dan juga bisa melalui kontak langsung dengan penderita influenza. Cara pencegahan influenza adalah dengan banyak mengkonsumsi vitamin C dan juga bisa menggunakan masker.

Tuberkolosis (TBC)

TBC adalah penyakit yang biasanya diakibatkan oleh bakteri serta ditularkan melalui pernafasan. Pencegahan yang bisa di lakukan untuk penyakit TBC ialah dengan memperkuat system imun pada tubuh dan bisa juga dengan memakai masker jika anda berada di daerah dengan polusi tinggi.

Diare

Diare penyakit ini di sebabkan karena virus. Dan cara pencegahan nya ialah selalu mencuci tangan dan menjaga kebersihan, air dan makanan yang di konsumsi.

Muntaber

Muntaber adalah penyakit menular yang mengakibatkan kekurang cairan tubuh serta bisa menjadi mematikan jika sudah terlalu parah. Cara pencegahan muntaber ialah dengan selalu menjaga kebersihan dan sanitasi supaya bakteri tidak bisa berkembang.

Malaria

Penyakit malaria merupakan penyakit menular yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk. Dan cara pencegahan malaria bisa di lakukan dengan menggunakan lotion anti nyamuk serta obat nyamuk, dan cara lain yaitu sama seperti mencegah perkembangan nyamuk di penyakit demam berdarah yaitu melakukan 3M

Kolera

Kolera merupakan infeksi pada bagian saluran usus yang di akibatkan oleh bakteri. Cara pencegahan nya yaitu dengan tidak mengkonsumsi minuman serta makanan pengidap kolera dan menjauh dari daerah yang terkena wabah kolera.

Tifus

Tifus merupak penyakit yang di akibatkan karena bakteri salmonella, dan terjadi ketika bakteri salmonella tersebut menyerang saluran pencernaan. Cara pencegahan penyakit tifus yaitu dengan cara memakan makanan yang bersih dan higienis serta bisakan jaga kebersihan sebelum makan.

Cacar

Cacar adalah penyakit yang di akibatkan karena virus Varicella Zoster, dan cara pencegahan yang biasa di gunakan adalah dengan memberi vaksin serta memisahakan penderita carar dari lingkunagn sekitar agar tidak menular.

Campak

Campak adalah penyakit yang bisa menular melalui air liur penderita. Dan cara pencegahan nya bisa dengan pemberian vaksin campak serta menghindari kontak langsung denagan para penderita.

Pneumonia

Pneumonia merupakan penyakit gangguan saluran pernafasan yang biasa di tularakan melalui batu. Cara pencegahannya yaitu dengan berhenti merokok jika anda seorang perokok, serta tinggallah di daerah atau lingkungan yang sehat.

Cacingan

Cacingan merupakan penyakit yang disebabkan akibat terserang cacing parasit di tubuh, dan penyakit ini bisa di cegah dengan cara kebersihan badan, serta meminum obat cacing minimal 6 bulan sekali. Serta menghindari makanan yang sudah terkontaminasi dengan cacing.

Penyakit Mata Merah

Penyakit mata merah merupakan penyakit yang bisa membuat mata menjadi perih, mengeluarkan kotoran , kemerahan dan juga bengkak. Cara pencegahan yaitu dengan menghindari kontak langsung dan hindari melihat langsung dengan penderita.

Pes

Pes merupakan penyakit yang bisa menular dan biasanya di tularkan oleh tikus serta sering terjadi pada musim banjir. Cara pencegahan Pes yaitu menjaga dengan menjaga kebersihan badan serta meningkatkan sistem imun tubuh

Itulah 14 jenis penyakit menular yang bisa membahayakan kesehatan tubuh anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here